Zat Pemutih Kayu WA 250 di Jember Untuk Kayu Sengon

Kayu sengon yang tumbuh di kota Jember sangat berkembang. Di tahun 2011 saja menurut inventaris seluruh wilayah, kabupaten Jember sudah terdapat sekitar 24.100.698 pohon sengon dan merata diseluruh kecamatan. Dari total area hutan seluas 28.168.81 Ha, 90% dari keseluruhan adalah tanaman sengon dan sisanya adalah tanaman jati, mahoni, mindi, sonokeling dan kayu lainnya.

Zat Pemutih Kayu WA 250 di Jember Untuk Kayu Sengon
Kayu Sengon dari Kabupaten Jember

Kebutuhan kayu log untuk industri di tahun 2011 saja mencapai 210.510 m3 belum lagi untuk perusahaan pengrajinan kayu skala kecil yang memproduksi berbagai macam palet, balken, papan cor dan bahan peti kemas dari kayu sengon. Industri kerajinan tersabut berjumlah 24 dan memerlukan bahan baku kayu sengon sebesar 94.026.25 m3.

Kayu sengon yang dihasilkan oleh kabupaten Jember sendiri biasanya dikirim keluar kabupaten seperti Lumajang, Probolinggo, Banyuwangi dan juga Jawa Tengah.

Kayu sengon memiliki ciri-ciri warna kayu yang putih hampir sama dengan kayu pinus tetapi memiliki beban yang lebih berat sehingga untuk ketahanannya kayu sengon lebih baik. Warna kayu sengon yang putih seringkali terdapat jamur blue stain yang menyerap ke dalam kayu.

Jamur blue stain ini akan membuat harga jual kayu sengon menurun. Solusinya adalah menggunakan bleaching kayu untuk manyamarkan noda yang muncul. Melakukan bleaching kayu juga harus memilih jenis bleaching yang bagus yaitu bisa menggunakan bleaching kayu WA 250 yang khusus diproduksi untuk material kayu.

Berbagai Macam Fungsi Kayu Sengon

Sebelum Anda melakukan bleaching pada kayu maka pahami terlebih dahulu apa saja fungsi dari kayu sengon. Serta finishing apa yang cocok digunakan pada kayu sengon ini.

Kayu sengon yang sering disebut juga dengan kayu albasia ini memiliki banyak kegunaan mulai dari daun hingga pada kayu. memang yang paling banyak dimanfaatkan adalah batang kayunya. Kebanyakan batang kayu sengon diolah oleh industri-industri.

Zat Pemutih Kayu WA 250 di Jember Untuk Kayu Sengon

Kayu sengon banyak diolah menjadi kayu papan (palet), bahan baku pembuat peti kemas, papan penyekat pengecor seman dalam konstruksi, industri korek api, papan partikel, bahan baku industri pulp kertas dan masih banyak kegunaan lainnya. Tak hanya batangnya, akar kayu sengon juga sering digunakan sebagai hiasan atau kerajinan yang diekspor.

Baca Juga:  Orchid® Aloycoat, Cat Alumunium dengan Proteksi Tinggi

Untuk bagian daunnya, sering digunakan sebagai pakan kambing karena banyak disukai oleh hewan ternak seperti sapi, kerbau dan juga kambing. Daun dari tanaman sengon mengandung banyak sekali protein yang dibutuhkan oleh hewan ternak.

Tanaman sengon sering digunakan karena pertumbuhannya yang juga sangat cepat. Tinggi dari pohon sengon bisa mencapai 30-45 meter dengan diameter pohon 70 hingga 80 cm. Kulit pohon sengon memiliki warna putih atau kelabu dan tidak mudah mengelupas. Dau sengon berwarna hijau pupus yang memiliki fungsi untuk menyerap nitrogen di udara bebas dan karbon dioksida.

Mengapa Kayu Sengon Perlu Di Bleaching? 

Pasti sebagian besar dari Anda penasaran mengapa kayu sengon yang sudah memiliki warna cerah harus diputihkan lagi dengan bahan bleaching? Apa manfaatnya jika kayu sengon masuk ke dalam proses bleaching? 

Bukan tanpa sebab mengapa kayu sengon masuk proses pemutihan. Kayu yang memiliki beragam fungsi bahkan untuk furniture ini perlu diputihkan karena beberapa alasan berikut ini:

• Untuk menyamarkan cacat alami

Semua kayu selalu memiliki cacat alami dalam segi penampilannya. Cacat inilah yang akan menurunkan harga dari furniture kayu sengon nantinya jika tidak diperbaiki. Oleh karena itu menggunakan bahan bleaching adalah langkah tepat. 

Beberapa jenis cacat yang biasanya muncul pada kayu sengon adalah warna jamur blue stain yang tidak bisa hilang. Bekas mata kayu yang biasanya warnanya lebih gelap. Ada juga cacat karena proses pemotongan dengan mesin yang membekas tidak bisa hilang. 

• Mempermudah proses finishing

Proses bleaching ini juga memudahkan kayu nantinya sebelum di finishing. Warna belang akibat cacat tentu sangat mengganggu ketika Anda ingin melakukan finishing warna natural. Oleh sebab itu jika warna kayunya putih terang, akan lebih mudah untuk memberikannya stain dan pernis.

Baca Juga:  Jual Bleaching Kayu WA 250 Untuk Kayu Gadog

Anda bisa memberikannya warna seperti jati, walnut, oak atau warna kayu lainnya yang sangat menarik. Tidak perlu khawatir soal kehalusan warnanya. Asalkan produk yang Anda gunakan tepat dan tekniknya benar maka hasil sudah pasti warna tajam dan merata.

• Meningkatkan daya jual furniture

Ketika kayu sengon bebas cacat noda, maka untuk daya jualnya sendiri sudah meningkat. Apalagi jika Anda membentuknya menjadi furniture sekaligus melakukan finishing. Harga dari furniture kayu sengon yang bebas noda tentu lebih tinggi. 

Tidak sedikit para DIY yang berani mengeluarkan uang lebih untuk membeli furniture kayu sengon. Selain tampilannya menarik, kayu ini juga lebih ringan. 

Mengapa Harus Memilih WA 250 untuk Kayu Sengon? 

Menjadi rekomendasi hampir semua DIY di Indonesia serta para pengrajin, White Agent 250 adalah produk yang sebaiknya digunakan. Produk bleaching yang memutihkan kayu ini hanya membutuhkan pelarut air dan termasuk bahan yang tidak keras. Buktinya tidak menimbulkan alergi atau ruam pada kulit yang normal. 

Bahan pemutih yang biasanya terkenal sangat keras kini tidak berbahaya dan lebih mudah untuk digunakan. Berikut ini beberapa kelebihan WA 250 yang menjadikanya produk pilihan. 

• Tidak menimbulkan korosi 

Apabila Anda berencana memutihkan furniture yang memiliki ornamen dari benda logam, tak perlu takut karat. Karena WA 250 ini adalah bahan aman yang tidak menimbulkan karat sama sekali. Anda tidak perlu khawatir menggunakannya pada furniture di rumah. 

• Warna cerah alami

Yang paling menakjubkan dari produk ini adalah warna cerah alami yang dihasilkan berbeda dengan bahan pemutih konvensional. Jika biasanya bahan pemutih membuat warna putih, WA 250 tidak sama sekali. Warna putih yang dihasilkan cenderung cerah sehingga tidak merusak serat kayu. 

Baca Juga:  Beda Silica Gel Biru dan Putih Yang Harus Anda Ketahui

• Menjaga ketahanan tekstur kayu

Anda mungkin akan mendapatkan warna putih terang ketika menggunakan bahan pemutih seperti H2O2. Namun efek samping yang sering dialami kayu adalah tekstur dan seratnya lebih cepat rusak, karena bahan pemutih yang keras. WA 250, di sisi lain tidak akan menimbulkan kerusakan kayu. 

• Proses aplikasi lebih mudah

WA 250 termasuk produk bleaching yang lebih hemat. Buktinya adalah proses aplikasi hanya melibatkan bahan pelarut air. Anda tentu tidak membayar mahal untuk membeli air. Cara aplikasinya bisa dengan kuas saja. 

Cara Memutihkan Kayu Sengon Dengan WA 250

Walaupun kayu sengon digunakan pada peti kemas, tetapi kayu sengon yang berbentuk palet seringkali digunakan sebagai furniture palet. Sebelum Anda merangkai kayu sengon sebagai furniture maka perlu proses bleaching terlebih dahulu. Proses bleaching ini memanfaatkan WA 250. Berikut ini cara-cara aplikasi WA 250 pada kayu sengon.

  1. Pastikan kayu sengon sudah siap untuk dibleaching yaitu permukaan sudah bersih karena permukaan yang kotor akan mengganggu proses penetrasi bahan bleaching masuk ke dalam kayu.
  2. Campurkan bahan WA 250 dengan air perbandingan 1 banding satu untuk menurunkan konsetrasinya. Setelah itu aduk hingga rata. Kuaskan bahan ke seluruh permukaan kayu sengon hingga rata.
  3. Tiriskan kayus engon tanpa dijemur pada panas matahari dan dalam suhu udara dalam ruang saja sekitar 2 hingga 4 jam. Warna akan perlahan berubah menjadi lebih cerah.
  4. Jika warna yang diinginkan sudah didapatkan maka Anda bisa mulai untuk membilas dengan air yang sudah dicampur dengan sunlight untuk menghilangkan sisa bahan.
  5. Setelah itu keringkan palet kayu sengon dengan di oven hingga mendapatkan MC kayu 12 %.

Ingin segera membeli produk pemutih kayu WA 250? Anda bisa membelinya langsung melalui website ini yang merupakan toko online produk cat kayu water based yang aman dan sangat mudah untuk diaplikasikan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X