4 Langkah Mudah Menggunakan Cat Kayu Besi Tahan Cuaca

4 Langkah Mudah Menggunakan Cat Kayu Besi Tahan Cuaca

Apakah Anda pernah mengalami kesulitan dalam melakukan pengecatan? Bagi Anda seorang pemula maka harus sering mencari informasi mengenai cara pengecatan yang baik. Jika Anda melakukan pengecatan asal-asalan maka hasil yang didapatkan juga tidak sempurna. Padahal untuk mendapatkan hasil finishing juga bukanlah perkara mudah ada beberapa lapisan yang harus diaplikasikan serta tahapan yang berbeda. Jika Anda salah mengaplikasikan tahapan maka lapisan film pada  furniture tidak akan terbentuk dengan baik.

4 Langkah Mudah Menggunakan Cat Kayu Besi Tahan Cuaca

Saat ini sudah sangat banyak sekali produk yang proses aplikasinya sangat mudah. Bahkan ada pula bahan finishing yang hanya sekali aplikasi saja. Ada juga bahan finishing yang menggunakan bahan pelarut air dan bukan thinner. Untuk itu berikut 4 langkah mudah cara mengecat dengan cat kayu besi tahan cuaca.

  1. Pastikan material kayu atau besi yang akan di cat sudah diamplas dan juga memiliki permukaan yang halus dan rata. Pastikan juga material bersih dari sisa debu amplas.
  2. Campurkan cat kayu besi dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air kemudian diaduk hingga rata dalam gelas plastik.
  3. Setelah selesai Anda bisa mengaplikasikanannya pada seluruh permukaan kayu atau besi dengan kuas. Cara aplikasi satu arah saja agar tidak tertinggal bekas kuasan.
  4. Setelah itu tunggu kering sekitar 60 menit dalam suhu ruangan saja. Setelah kering lakukan pengamplasan ambang dengan kertas amplas nomor 400. Jika warna masih belum sesuai Anda bisa mengaplikasikan kembali hingga mendapatkan warna yang sesuai.

Menggunakan cat kayu besi yang berpelarut air sangatlah mudah bahkan akrena bahan pelarutnya adalah air, cat tidak mudah menguap pada saat proses aplikasi atau pengadukan. Anda tidak akan boros seperti menggunakan cat berpelarut thinner.  Coba bandingkan jika Anda menggunakan cat kayu solvent maka berapa banyak uang yang akan Anda keluarkan apabila menggunakan thinner?

Baca Juga:  Solusi Cat Ramah Lingkungan dan Aman untuk Kesehatan

Mengapa Kayu Dan Besi Membutuhkan Perlindungan Dari Cat?

Penggunaan cat sudah dimulai sejak abad pertengahan. Inilah salah satu alasan kita masih bisa melihat bedan-benda bersejarah seperti rumah kuno, kerajinan dari masa lalu yang maish bertahan hingga saat ini. Semua benda-benda bersejarah tersebut menggunakan cat kayu dan besi minyak. Nah itulah salh satu bentuk perlindungan yang diberikan cat pada material kayu dan besi.

4 Langkah Mudah Menggunakan Cat Kayu Besi Tahan Cuaca
Pagar rusak akibat tidak menggunakan cat kayu dan besi berkualitas

Pada dasarnya material kayu dan material besi merupakan material yang sangat mudah rusak karena adanya perubahan cuaca dan panas. Cuaca pada kayu yang tidak terlindungi akan mempercepat proses pelapukan. Sedangkan pada besi akan mempercepat proses karat dan kerusakan permanen. Inilah fungsi cat kayu besi yang utama yaitu melindungi terjadinya pelapukan dan juga karat.

Dalam kandungan cat solvent, bahan yang digunakan untuk perlindungan pada material akyu dan ebsi adalah logam berat. Untuk melindungi dari akrat maka digunakanlah abhan logam chrominium dan juga merkuri. Selain berfungsi untuk memberikan perlindungan tersebut logam berat juga berfungsi untuk memberikan pigmen waran cerah seperti merah, kuning, hijau maupun orange. Untuk material besi, logam juga memberikan warna silver atau emas.

Bagaimana Cat Kayu Besi Tahan Cuaca Bekerja?

Fungsi dari cat kayu besi tahan cuaca adalah melindungi material kayu dan besi terjaga dari perubahan cuaca. Lalu bagaimanakah cat bekerja melindungi material tersebut. Perlindungan pada material kayu adalah yang paling mudah, lapisan cat diibaratkan sebagai jaket yang digunakan manusia untuk melindungi tubuh dari angin.  Begitu pula cat pada material kayu, kayu yang memiliki pori akan dipenuhi oleh cat sehingga fungsinya untuk menyerap kelembapan akan berkurang.

Baca Juga:  Cat Kayu Warna Gloss Mempercantik Aquarium

Perlu diingat bahwa kayu yang telah ditebang pun masih berfungsi untuk menyerap karbon dalam udara. Inilah salah satu penyebab kelembapan masuk dengan cepat pada kayu dan menimbulkan pelapukan. Tugas dari cat adalah mencegah hal tersebut terjadi sehingga pori tertutup dan tidak terjadi penyerapan kelembapan. Jika pada material besi, cat ini juga berfunsgi sebagai jaket pelindung.

Material besi sangat mudah beraksi apabila terkena kelembapan bahkan hujan maupun perubahan cuaca yng sangat ekstrim. Inilah yang harus Anda hindari apabila besi digunakan sebagai material tiang apda rumah terutama teras. Penggunaan cat water based akans angat etapat untuk melindungi.

Perhatikan Keselamatan Pengguna Cat Kayu Besi

Tidak hanya material kayu atau besi saja yang membutuhkan pelrindungan, para pengguna cat kayu besi juga membutuhkan perlindungan dari cat. Mengapa? Cat adalah bahan kimia yang sering mengandung logam berat yang sangat membahayakan tubuh manusia. Jika Anda tidak ingin terjangkit penyakit akibat penggunaan cat kayu minyak pada furniture di rumah maka sebaiknya gunakan cat kayu water based.

Cat Kayu Besi Water Based Orchid Kelas DuniaKeselamatan pengguna cat kayu besi harus diperhatikan karena berhubungan dengan masa depan yang akan Anda jalani. Penyakit yang harus sangat diwaspadai adalah penyakit turunan sehingga menimbulkan cacat pada janin dan juga tumbuh kembang anak. Cat kayu water based adalah jenis cat yang tidak mengandung logam berat sehingga tidak membahayakan kesehatan Anda. Bahkan untuk hasilnya juga tidak kalah dengan cat solvent atau cat minyak. Cat water based memiliki ketajaman warna serta tingkat glossy mulai dari gloss, semi gloss, doft, death matt dan matt.

Jadi untuk lebih memperhatikan kesehatan Anda maka gunakanlah cat kayu besi water based yang tidak berbahaya bahkan mengancam kesehatan. Salah satu merk produk yang bisa Anda gunakan dengan mudah adalah cat kayu besi Orchid. Produk ini hanya satu kali aplikasi saja maka akan berfungsi untuk melindungi dengan baik.

Baca Juga:  Tangani Pengeroporsan Dengan Cara Mendempul Kayu Keropos Berikut

Pilihan warna cat kayu besi Orchid juga sangat bervariasi, terdapat 24 warna pilihan yang sangat dibutuhkan. Jika Anda ingin mengaplikasikan pada mayterial besi maka Anda tidak membutuhkan produk lainnya seperti dempul. Tetapi apabila Anda ingin mengaplikasikannya pada material kayu maka Anda membutuhkan produk primer coat.

Produk primer coat ini akan berfungsi sebagai bahan dasaran yang akan memeprkuat lapisan di atasnya. Bahkan untuk fungsi lainnya adalah untuk memebrikan ketajaman warna yang akan dipilih. Terdapat dua warna primer coat yang bisa Anda gunakan yaitu putih dan abu-abu. Pemilihan warna ini sesuai dengan hasil akhir yang Anda inginkan. Apabila Anda memiliki hasil warna yang cerah seperti warna merah, kuning maupun hijau maka Anda bisa memilih primer coat warna putih. Sedangkan jika Anda ingin hasil akhir warna agak gelap seperti liver brown, cooper, atau hitam maka Anda membutuhan pilihan warna primer coat abu-abu.

Proses aplikasi primer coat juga cukup mudah yaitu dengan dicampurkan pada air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian dicampurkan dan diaplikasikan pada kayu menggunakan kuas maupun dengan alat semprot. Aplikasikan primer coat sebelum Anda mengaplikasikan cat kayu besi Orchid.

Untuk mendapatkan produk cat kayu besi Orchid ini Anda bisa membelinya melalui website ini yang merupakan toko online penyedia bahan finishing water based yang aman bahkan ramah lingkungan. Penggunaan bahan pelarut air akan menghemat dan juga lebih memudahkan Anda untuk mencampur dan mengaplikasikan. Anda bisa membeli secara langsung melalui website ini.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X