lantai kayu dan garden furniture

4 Motif Lantai Kayu untuk Rooftop yang Estetik

Banyak penghuni rumah memanfaatkan bagian rooftop menjadi taman atau tempat untuk santai. Ada 4 motif lantai kayu yang dapat Anda terapkan jika ingin membuat rooftop di rumah Anda.

Rooftop seringkali dimanfaatkan pada hunian bertingkat seperti mall, apartement atau hotel. Namun, bagi Anda yang memiliki rumah dengan dua lantai atau lebih, bisa juga memanfaatkan bagian rooftop menjadi  taman.

Taman di bagian rooftop juga akan lebih menyenangkan karena lahan yang cukup luas yakni sesuai dengan ukuran luas rumah. Selain itu, bagian ini juga ditambahkan berbagai rupa aksesoris atau pun atap semi permanen sehingga menambah kesan yang nyaman. Atau Anda juga dapat menambahkan gazebo di rooftop tersebut.

4 Motif Lantai Kayu Rooftop yang Estetik

lantai kayu untuk rooftop yang estetik

Umumnya, rooftop digunakan untuk menyimpan tandon air, mesin AC, tempat jemuran atau digunakan sebagai tempat mendarat helikopter khusus pada apartement, hotel atau gedung perkantoran.

Lalu bagaimana dengan rumah pribadi? Seperti yang sudah dijelaskan di atas, secara umum digunakan untuk keperluan tempat tandon dan lain-lain karena tempatnya yang cenderung di atas. Namun, Anda menjadikan rooftop ini menjadi tempat yang asik untuk nongkrong, loh. Rooftop akan menjadi lebih menarik lagi jika didesain menjadi sebuah taman atau pun tempat ala café kekinian.

Untuk memberikan kesan yang mewah, Anda juga dapat menggunakan lantai kayu sebagai alternatif lantainya. Lantai kayu memiliki berbagai macam motif, berikut 4 motif lantai kayu yang dapat Anda terapkan pada rooftop rumah Anda.

  1. Motif Mosaik

Lantai kayu dengan motif mosaik sering digunakan untuk dekoratif baik indoor ataupun outdoor. Lantai kayu dengan motif ini umumnya merupakan lantai kayu parket dengan desain tampilan yang geometris.

Dengan tampilannya yang unik dan menarik perhatian tersebut, motif ini seringkali diterapkan pada bagian ruangan yang mencolok seperti ruang tamu, ruang inti atau bahkan luar ruangan seperti rooftop. Selain motifnya yang bagus, lantai kayu ini juga memiliki tampilan warna yang serasi dengan motifnya yang geometris.

  1. Motif Lurus

Lantai kayu dengan motif lurus adalah lantai kayu yang paling umum diterapkan di berbagai bangunan. Selain motifnya yang seragam, lantai kayu dengan motif ini juga mudah dipasang, sehingga lantai kayu dengan motif lurus lebih fleksibel diterapkan di banyak tempat.

Lantai dengan motif lurus juga sangat cocok diterapkan pada ruangan dengan konsep modern atau kontemporer. Selain itu, untuk lantai kayu dengan motif lurus tergolong lebih murah dibandingkan dengan motif lantai kayu yang lain.

  1. Motif Acak

Bagi Anda yang memilik jiwa seni, motif acak ini bisa diterapkan pada ruangan indoor atau outdoor rumah Anda. Selain itu, lantai kayu dengan motif acak sangat cocok diterapkan pada rumah dengan gaya bohemian.

Pemasangan lantai kayu dengan motif acak hampir sama dengan lantai kayu motif lurus. Perbedaannya adalah motif ini lebih memiliki pola yang sembarang atau tidak seragam, sehingga Anda dapat menyesuaikan pemasangan dengan selera yang Anda inginkan.

  1. Motif Diagonal

Motif diagonal mungkin cenderung rumit namun kesan yang dimunculkan akan lebih terasa mewah. Ya, lantai kayu dengan motif diagonal memberikan kesan yang tidak biasa dan cenderung terkesan estetik nan berkelas.

Oleh karenanya, lantai kayu dengan motif diagonal sangat cocok diterapkan di rumah-rumah dengan gaya modern atau pun klasik Eropa. Meskipun demikian, motif diagonal juga dapat menampilkan kesan yang optimal pada hunian bergaya minimalis.

Dari keempat motif lantai kayu di atas, mana kah selera Anda? Karena lantai kayu ini menggunakan kayu solid maka kayu yang dibutuhkan pun tidak boleh sembarangan. Pastikan lantai kayu tersebut menggunakan jenis kayu yang tahan terhadap perubahan cuaca dan tidak mudah berjamur atau pun terserang rayap.

Tips Finishing Lantai Kayu Rooftop Agar Semakin Tajam

Lantai kayu membutuhkan perawatan khusus dan tidak boleh diberlakukan layaknya lantai yang terbuat dari marmer, keramik atau granit. Sebaiknya, pel lantai kayu secara rutin, namun jangan menggunakan terlalu banyak air karena dapat merusak lantai kayu.

Apabila terdapat bagian lantai kayu yang terkena noda, segera bersihkan dari permukaan lantai agar noda tidak melekat dan akhirnya sulit untuk dibersihkan. Untuk menjaga kualitas lantai kayu serta tampilannya selalu tajam, sebaiknya gunakan cat kayu yang khusus untuk outdoor dan heavy duty.

Untuk pemakaian indoor, lantai kayu rooftop dapat menggunakan pernis guna mempertajam tampilan lantai kayu. Untuk lantai kayu yang digunakan untuk outdoor, harus menggunakan cat khusus. Biothane adalah cat yang cocok untuk melindungi lantai kayu dengan optimal terlebih jika digunakan untuk outdoor.

Aplikasi Biothane juga sangat mudah dan dapat dilakukan oleh mereka yang masih awam dalam dunia kayu. Berikut tahap finishing lantai kayu untuk rooftop menggunakan Biothane:

  • Pastikan lantai kayu sudah halus sehingga siap untuk difinishing
  • Aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer yang sebelumnya sudah dilarutkan dengan air. Aplikasikan secara merata dan searah serat kayu. Diamkan selama 60 menit kemudian ampelas ambang menggunakan kertas ampelas grid 400
  • Gunakan Biovarnish Wood Stain untuk mempertajam warna kayu. Aplikasikan ke seluruh permukaan lantai kayu menggunakan kuas sponge atau kuas yang sudah dilapisi lain katun. Diamkan selama 60 menit kemudian ampelas ambang menggunakan kertas ampelas grid 400 apabila sudah kering sentuh
  • Aplikasikan Biothane yang sudah dilarutkan dengan air. Apabila sudah diaplikasikan secara merata ke seluruh lantai kayu, diamkan selama semalaman. Pastikan cat sudah benar-benar kering sebelum lantai kayu digunakan sesuai fungsinya.

Biothane dapat melindungi secara optimal pada lantai kayu rooftop atau bahkan material serat alam yang cenderung digunakan untuk outdoor. Pasalnya, di luar ruangan cenderung memiliki kelembaban udara yang tidak pasti dan perubahan cuaca yang ekstrem sehingga memicu kayu lebih cepat rusak.

Proses finishing penggunaan produk finishing water based tersebut juga lebih praktis dan cepat sehingga dalam waktu sehari saja maka Anda sudah mendapatkan lapisan cat yang kuat dan tajam. Selain itu, cat tersebut juga tidak meninggalkan bau cat yang menyengat sehingga akan lebih nyaman ketika mengaplikasikannya.

Dimana dapat membeli Biovarnish atau pun Biothane? Silahkan menghubungi kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini. Jika ingin order lebih cepat dan praktis, Anda juga dapat pesan produk finishing ini di marketplace yakni

Shopee: https://shopee.co.id/bio.official

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X