Cat Kayu Besi Non Toxic Untuk Rumah Gadang

Cat Kayu Besi Non Toxic Untuk Rumah Gadang

Material kayu telah digunakan selama berabad-abad untuk membangun rumah. Bahkan di luar negeri hingga saat ini material kayu masih digunakan untuk membangun rumah karena sangat hangat ketika musim dingin tiba.

Di Indonesia modern ini kayu sudah mulai jarang digunakan untuk rumah di perkotaan, biasanya tempat tinggal di kota menggunakan material beton. Sedangkan untuk kayu digunakan pada furniture.

Akan tetapi rumah-rumah adat di Indonesia masih menggunakan material kayu. Salah satunya adalah rumah gadang di padang Sumatra Barat.

Cat Kayu Besi Non Toxic Untuk Rumah Gadang

Rumah gadang seluruh bahan pembuatannya memanfaatkan kayu. Bentuk unik rumah padang yang termasuk rumah panggung ini juga memiliki ukiran yang sangat menarik. Untuk memperlihatkan ukiran tersebut saat ini Anda bisa memberikan warna-warna solid seperti merah, biru, hijau, kuning dan warna solid lainnya.  Pada zaman dahulu jika untuk memberikan warna biasanya hanya menggunakan bahan pernis saja dan hasilnya adalah warna natural.

Pemberian warna solid ini tentu adalah salah satu perkembangan yang sangat baik untuk rumah gadang, bahkan tidak sedikit rumah gadang yang memberikan warna emas pada ukirannya. Cat kayu besi non toxic tentu sangat dibutuhkan pada rumah gadang karena pilihan warnanya juga sangat lengkap. Sedangkan untuk sifat yang tidak mengandung toxic sangat penting untuk sebuah hunian.

Cat Kayu Besi Non Toxic Untuk Rumah Gadang

Syarat sebuah hunian yang sehat salah satunya adalah menggunakan cat kayu besi yang tidak mengandung toxic. Apa yang dimaksud dengan toxic? Toxic dalam kandungan cat adalah logam berat yang sangat berbahaya untuk kesehatan manusia. Bayangkan jika Anda menempati rumah gadang yang semua bagian rumah menggunakan cat mengandung logam berat. Aroma yang keluar tentu akan mengeluarkan bau sangat menyengat bahkan rata-rata menusuk hidung. Anda bisa saja merasakan sakit tenggorokan bahkan merasakan sakit pada pernapasan.

Jika Anda sudah merasakan hal terbsut sebaiknya segera perikasakan ke dokter. Inilah pentingnya Anda harus memilih jenis cat kayu besi non toxic dari awal sebelum mendirikan rumah gadang. Atau jika cat lama rumah gadang sudah mulai rusak Anda bisa melakukan proses recoating.

Mengenal  Struktur Bangunan Rumah Gadang

Sebelum membangun rumah gadang maka Anda harus memikirkan sturktur bangunan. Bagaimana dengan struktur rumah gadang yang sering disebut dengan rumah Bagoonjong dan rumah Baanjuang ini? Seluruh bagian rumah terbuat dari kayu mulai dari tiangpenyangga, dinding dan juga lantai. Khusus untuk lantai menggunakan papan kayu dan bambu dengan bagian atap yang berbentuk tanduk kerbau ini terbuat dari ijuk.

Baca Juga:  Atasi Cacat Kayu Dengan BioColours Wood Putty Yang Aman

Seperti trumah-rumah zaman dahulu yang memanfaatkan kayu, rumah didiesain dengan kuat. Mengingat kondisi geografis Sumatera Barat yangrawan oleh gempa maka rumah gadang pun didesain agar tahan gempa. Tiang rumah gadang tidak ditancapkan ke dalam tanah tetapi menumpu pada batu-batu datar di atas tanah. Selain itu agar tidak mudah ambruk  pada bagian pertemuan anatara tiang dan kaso tidak menggunakan paku untuk menyatukannya melainkan menggunakan pasak kayu. Sistem sambungan ini membuat rumah gadang bergerak fleksibel ketika terjadi gempa.

Apabila Anda mencermati sambungan tersebut, hampir semua rata-rata rumah ada zaman dahulu ini menggunakan desain yang sama sehingga masih bertahan hingga saat ini walaupun telah melalui banyak abad dan bencana alam.

Cat Kayu Besi Non Toxic Untuk Rumah Gadang

Lalu selain struktur Anda juga harus memilih jenis kayu. kayu yang digunakan haruslah jenis kayu tua yang kuat karena untuk menyangga rumah panggung. Kayu yang digunakan adalah kayu dari pohon juha (jati) dengan ciri-ciri diameter 40 hingga 60 cm. Kayu dari pohon ini biasanya akan digunakan sebagai tonggak tuo atau pasak utama yang akan menyangga rumah gadang. Setelah  pohon ditebang tidak langsung untuk digunakan tetapi direndam dalam kolam selema bertahun-tahun.  Batang pohon yang telah direndam tersebut tidak akan bisa dimakan rayap sehingga bisa bertahan sangat lama dan sangat keras. Inilah alasan mengapa membangun rumah gadang tidak semudah dan tidka secepat yang diinginkan. Banyak proses yang harus dilalui untuk membangun sebuah rumah gadang.

Selain itu ada berbagai jenis ukiran yang biasanya digunakan. Ukiran ini diaplikasikan pada dinding rumah yang terbuat dari papan dan bagian belakan terbuat dari bambu. Seluruh dinding rumah gadang selalu dipenuhi dengan ukiran dengan motif garis melingkar atau persegi, tmbuhan merambat, akar yang memiliki daiun, akar berjalan dan berhimpitan. Ada juga motif geometri bersegi tiga, empat dan genjang. Untuk motif daun, bunga dan buah dapat diukir sendiri. Disinilah peranan dari cat kayu besi non toxic untuk rumah gadang.

Nilai Filosofis Dan Fungsi Rumah Gadang Padang

Fungsi rumah gadang yang utama adalah sebagai tempat tinggal keluarga besar. Sehingga ukuran dari rumah gadang sangat besar dan juga memuat untuk beberapa keluarga. Kamar yang terdapat rumah gadang adalah ganjil seperti  tujuh, sembilan dan juga sebelas. Dalam rumah gadang ini terdapat anjungan di bagian kanan dan kiri rumah yang berfungsi untuk tempat pengantin baru atau tempat untuk menobatkan kepala suku yang baru.

Baca Juga:  Kursi Rotan Sudah Mulai Usang? Lapisi dengan Cat Enamel Ini

Cat Kayu Besi Non Toxic Untuk Rumah Gadang

Untuk filosofi dari rumah gadang ini bertumpu pada bagian ukira-ukirannya. Ukiran rumah gadang ini cukup rumit dan banyak tertumpu pada jendela, pintu dan bagian segitiga di bawah gonjong yang merupakan bagian depan rumah gadang. Motif ukiran terbsut memiliki flasafah alam “ alam takambang jadi guru” yang artinya bahwa alam menjadi guru yang sejati.  Untuk jenis-jenis ukiran tersebut adalah pula “pucuak rambuang”, kaluak paku”, “itiak peluang patang dan deretan nama lain yang menunjukan detai rumit.

Mengapa Rumah Gadang Perlu Cat Kayu Besi Orchid?

Warna-warna yang mendominasi pada ukiran-ukiran rumah gadang adalah warna kuning, hitam dan juga merah. Nah warna-warna ini bisa Anda dapatkan jika menggunakan cat kayu besi Orchid.

Cat ini akan memberikan warna terang pada panil-panil kayu dan pada bagian terawang di bawah gonjong. Cat kayu besi Orchid sangat cocok digunakan pada rumah gadang karena produk iniadlaah produk yang tidak mengandung logam berat sehingga untuk ruangan hunian akan sangat aman dan tidak menyebarkan polusi.

Warna-warni pada rumah Gadang dan nilai filosofisnya membuat penggunaan cat harus tepat. Untuk mendapatkan warna-warna yang menarik sesuai dengan hasil yang dibutuhkan maka cat harus tepat. Cat kayu besi Orchid dipilih bukan hanya sekedar dari segi keamanan yang non toxic. 

Cat Orchid dipilih karena ada beberapa keuntungan yang didapatkan dari segi proses aplikasi hingga perlindungannya pada bangunan. Bahkan tampilan yang diberikan pun bukan hanya sekedar warna saja. Berikut ini beberapa alasan mengapa cat Orchid perlu dipilih. 

  • Cat memberikan tampilan semi gloss

Hanya dengan memberikan lapisan Orchid saja, rumah gadang nantinya akan memiliki tampilan yang lebih mengkilap. Hal ini berkat lapisan semi gloss yang dihasilkan Orchid. Dengan tampilan ini justru akan membuat rumah lebih tahan terhadap sinar uv hingga goresan. 

Mengingat bagian rumah yang hendak dilapisi dengan cat adalah bagian luarnya maka ketahanan dari goresan hingga warna mengkilap akan lebih dipertimbangkan. Anda tentu tak ingin bukan menggunakan cat yang mudah mengelupas atau berubah warnanya. 

  • Mudah untuk diaplikasikan

Mengecat rumah Gadang dengan banyak warna sesuai ukiran, tentunya sulit jika harus diaplikasikan dengan alat semprot. Oleh karena itu, cat kayu besi Orchid menawarkan proses aplikasi mudah yaitu dengan kuas. 

Baca Juga:  Sanding Sealer Berkualitas Menutup Pori Kayu Jati Sempurna

Anda hanya perlu memilih kuas dengan bulu nilon yang tidak terlalu menyerap air dan tidak mudah kaki. Dengan ukuran kuas yang bervariasi, justru akan membuat lapisan coating menjadi lebih mudah diaplikasikan. Anda bisa mendapatkan warna sesuai nilai filosofisnya. 

  • Mendapatkan perlindungan dari jamur

Masalah yang paling sering muncul pada rumah kayu sebelum rayap adalah jamur. Untungnya cat Orchid sudah memiliki kandungan bahan anti jamur. Jadi apabila kayu mengalami masalah tentang jamur di musim penghujan maka kini tak perlu dipikirkan lagi. 

Setelah permukaan kayu sudah dilapisi dengan Orchid maka jamur permukaan yang sering tumbuh tidak akan muncul lagi. Rumah Gadang akan tampak selalu bersih dan bebas jamur. 

  • Memiliki warna yang tahan lama

Warna yang dimiliki rumah gadang rata-rata adalah warna cerah seperti merah. Jika salah menggunakan cat, bisa saja warna merahnya akan memudar. Tapi tidak jika Anda menggunakan cat kayu besi Orchid karena cat ini lebih tahan dari sinar uv. 

Bukan hanya warna yang tahan dan bisa bertahan lama, warna pun tidak mudah memudar atau berubah menguning seperti yang dialami oleh cat solvent. Tentu saja hal inilah yang akan membuat Anda memilih cat Orchid. 

  • Cat lebih cepat kering

Karena digunakan untuk mengecat bagian luar rumah, maka kecepatan kering dari cat juga harus dipertimbangkan. Cat yang cepat kering tentunya akan membawa keuntungan yang sangat besar. Karena Anda bisa cepat menyelesaikan finishing tanpa bingung kelembaban. 

Cat Orchid adalah jenis cat yang cepat kering tanpa menunggu waktu yang lama. Satu lapisan coating akan kering selama 60 menit saja. Karena inilah proses mengecat akan lebih cepat. 

Cat kayu besi Orchid bisa membawa banyak sekali keuntungan pada pengecatan rumah Gadang. Baik dari segi warna yang lengkap, karena Orchid memiliki 24 pilihan warna bahkan hingga warna emas. 

Anda bisa menggunakan produk ini dengan mudah hanya kuas dan bahan pelarutnya adalah air. Bagi Anda yang berencana untuk mengecat rumah Gadang, sebaiknya pertimbangkan untuk menggunakan Orchid. 

Cat kayu besi water based Orchid ini bisa Anda aplikasikan menggunakan kuas sehingga untuk finishing ukiran bisa diaplikasikan secara detail dan juga rapi. Ketajaman warna yang diberikan bisa Anda dapatkan dengan mengaplikasikan brunlangkali. Cat yang bisa bertahan lebh dari tiga tahun ini akan lebih tahan cuaca.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X