2 Bahan Finishing Kayu Food Grade yang Harus Anda Miliki

2 Bahan Finishing Kayu Food Grade yang Harus Anda Miliki

Manakah cat yang aman atau lebih tepatnya manakah bahan finishing yang aman digunakan pada peralatan makan? Tidak hanya pada peralatan makan namun juga aman untuk seluruh benda yang bersentuhan dengan makanan.

Banyak bahan finishing atau cat kayu yang digunakan mengandung timah sebagai bahan pengering. Namun bahan tersebut akhir-akhir ini dilarang karena masalah keamanan pada lingkungan. Bahan tersebut tentu tidak diperbolehkan untuk cat yang digunakan pada peralatan makanan.

Food grade dan food safe adalah dua kategori yang berbeda dan harus diperhatikan. Pori kayu memiliki kemampuan menyerap cairan. Ketika Anda menggunakan sebuah mangkuk kayu yang diisi dengan sebuah sup maka cat apakah yang harus digunakan? Food grade atau food safe?

Bagaimana dengan mangkuk kayu yang menyerap cairan sup kemudian dicuci? Bukankah air sabun yang meresap ke dalam pori kayu dapat bercampur dengan air sabun? Hal inilah yang harus diperhatikan.

Belum lagi dengan kondisi peralatan makanan yang dilapisi lapisan coating. Amankah lapisan coating yang terkena oleh sup panas? Apakah cat akan meleleh dan bercampur dengan sup. Maka perbedaan food grade dan food safe haruslah diperhatikan.

Pada artikel ini Anda akan mempelajari perbedaanya hingga jenis bahan finishing yang sebaiknya digunakan.

Finishing Poles Kayu Aman untuk Peralatan Makan

Finishing pertama untuk peralatan makan yang disarankan adalah bahan poles kayu. Produk poles sangat banyak dijual dipasaran mulai dari aman yang tidak. Bahan yang tidak aman disebut sebagai wax, sedangkan bahan yang aman dikenal sebagai beeswax.

Sama-sama terbuat dari bahan lilin hanya saja, wax terbuat dari bahan kimia dan beeswax adalah produk yang terbuat dari lilin lebah. Bahan finishing ini termasuk dalam finishing food grade, yaitu aman ketika bersentuhan langsung dengan makanan seperti sup.

Baca Juga:  Finishing Biovarnish Untuk Tampilan Red Cocoa

Cara kerja dari finishing adalah meresap ke dalam pori kayu. Peresapan ini dilakukan untuk melindungi furniture dari panas dan air cucian sabun. Kedua gangguan kayu tersebut akan menimbulkan racun dan merusak peralatan makan dari kayu.

2 Bahan Finishing Kayu Food Grade yang Harus Anda Miliki
Kanan produk poles furniture kiri produk poles food grade

Peralatan makan akan memiliki perlindungan sehingga air sabun tidak akan meresap and ketika dibilas akan hilang bersama dengan air. Anda bisa aman menggunakan mangkuk kayu untuk meletakan sup panas atau sup buah.

Produk poles kayu yang disarankan untuk digunakan adalah Biopolish Beeswax. Produk ini terbuat dari lilin lebah yang aman dan tidak menimbulkan racun. Selain itu juga proses aplikasinya sangat mudah dan harus dilakukan secara berkala.

Anda bisa memulai aplikasi dengan mempersiapkan kain katun yang bersih dan kering. Ambillah pasta Biopolish Beeswax sedikit saja kemudian mulai usapkan ke seluruh permukaan peralatan makan kayu sambil ditekan.

Proses ini hanya membutuhkan sedikit bahan poles sehingga tidak menimbulkan jamur. Lapisan ini harus diaplikasikan berulang terutama untuk peralatan makan yang sering digunakan. Air sabun dan makanan akan menghilangkan lapisan sehingga setidaknya tiga minggu sekali harus dipoles ulang.

Hasil finishing yang didapatkan cukup mengkilap dan akan mempertahankan tampilan natural dari kayu. Peralatan makan dari kayu di rumah juga akan mendapat perlindungan yang maksimal.

Apa yang membuat Biopolish Beeswax ini aman digunakan ketika bersentuhan dengan makanan langsung? Bahan poles kayu ini dibuat sesuai dengan standar FDA (Food and Drugs) dari Amerika. Pada standar tersebut terdapat bahan kimia yang tidak boleh digunakan dan semua telah diikuti.

Memiliki sertifikasi dari FDA artinya Biopolish Beeswax juga telah digunakan secara internasional. Tidak adanya aroma, memiliki kandungan antiseptik, tidak berbahaya ketika tertelan dan ramah lingkungan adalah syarat utamanya.

Baca Juga:  Apakah Pernis Kayu Terbaik untuk Lantai Kayu? Ini Dia yang Anda Cari

Tidak pada lapisan film yang terbentuk karena produk ini bekerja dari dalam pori kayu. Selain itu juga perlindungan dari produk ini sangat maksimal. Bahan poles memiliki kandungan anti air dengan efek daun talas. Baik jamur atau bakteri pembusuk tidak akan merusak substrat kayu.

Anda bisa menggunakan Biopolish Beeswax untuk berbagai macam kebutuhan finishing mulai dari cutting board, mangkuk kayu, sendok garpu dari kayu, sumpit bambu dan kayu, serat bahan lainnya yang akan langsung melakukan kontak dengan makanan dan dicuci.

Lapisan Coating yang Aman Ketika Bersentuhan dengan Makanan

Beralih dari jenis bahan poles yang bekerja dari dalam, kini saatnya untuk menggunakan cat yang membentuk lapisan coating. Kategori bahan finishing ini termasuk dalam food safe, karena lapisan coating tidak baik digunakan untuk bersentuhan dengan makanan seperti mangkuk kayu untuk sup.

Maksud dari food safe adalah lapisan cat yang aman ketika terkena makanan seperti tempat penyimpanan atau makanan kering. Tidak cocok digunakan juga untuk cutting board karena lapisan coating akan rusak terkena pisau.

Finishing food safe juga perlu digunakan pada furniture yang berdekatan dengan makanan seperti dining table atau meja bar. Selain aman untuk makanan cat akan memberikan perlindungan pada kayu.

Perlindungan ini mengacu pada goresan, panas dari peralatan makan, atau cairan minuman. Ketika cairan terkena permukaan meja bahkan itu adalah air dapat menimbulkan bekas pada kayu.

Biasanya muncul warna putih seperti embun yang tidak bisa dihilangkan dengan kain. Bahkan penggunaan bahan kimia akan semakin merusak lapisan coating hingga serat kayu. Jadi bahan cat food safe memiliki perlindungan yang lebih baik sekaligus aman.

Baca Juga:  Aplikasi Cat Kayu Solid Water Based Lebih Aman Untuk Furniture
2 Bahan Finishing Kayu Food Grade yang Harus Anda Miliki

Jenis cat yang termasuk dalam food safe adalah BioColours top coat. Produk ini bahkan banyak digunakan untuk finishing mainan kayu anak. Cat ini banyak digunakan untuk mainan anak balita.

Anak-anak sangat suka memasukan benda ke dalam mulut, jika mainan tidak memiliki lapisan cat yang aman maka logam berat bisa masuk ke dalam tubuh. Logam berat yang dimaksud adalah timbal, formalin dan merkuri.

BioColours top coat memiliki hasil finishing warna transparan. Jika Anda ingin mendapatkan hasil warna, sebelum aplikasi top coat Anda bisa menggunakan BioColours wood stain atau Bioduco.

BioColours wood stain akan memberikan hasil warna natural sedangkan Bioduco akan memberikan hasil finishing warna solid. Proses aplikasi BioColours top coat sangat mudah dan terdaat dua tampilan yang bisa dipilih yaitu gloss dan matte.

Berikut ini langkah-langkah aplikasi BioColours top coat pada peralatan makan atau mainan anak:

  1. Amplas seluruh permukaan kayu yang telah dilapisi oleh wood stain, sanding sealer atau Bioduco sesuai kebutuhan. Proses pengamplasan menggunakan kertas amplas grit 400 secara ambang. Bersihkan debu amplas.
  2. Campurkan BioColours top coat dengan air hingga mendapat larutan 11-12 detik NK2. Masukan larutan cat ke dalam tabung semprot kemudian tutup.
  3. Semprotkan cat merata ke seluruh permukaan media kayu, tunggu proses kering sekitar 60 menit kemudian lanjutkan dengan pengamplasan jika Anda menghendaki untuk aplikasi ulang.
  4. Jika tidak, setelah satu kali lapisan top coat Anda bisa mendiamkan dalam ruangan bersih selama semalaman. Top coat akan mengering setelah 24 jam.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X