Cara Membersihkan Noda Cat dengan Benar

Aplikasikan cara membersihkan noda cat dengan benar di bawah ini. Hasil pengecatan yang menawan pun akan didapat tanpa mengotori lingkungan sekitar.

cara membersihkan noda cat
Aplikasikan cara membersihkan noda cat dengan benar

Mengecat merupakan aktivitas yang dapat Anda manfaatkan untuk beragam hal. Anda bisa mengecat semata-mata untuk memperindah benda yang Anda cat. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan kegiatan ini untuk mengisi liburan di akhir pekan. Kepuasan Anda akan tercapai begitu mendapati lapisan cat indah yang berhasil Anda oleskan. Namun proses ini tidak bisa Anda tinggalkan begitu saja kala Anda selesai mengecat. Masih ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu. Salah satunya adalah cara menghilangkan cat kayu yang menjadi noda.

Noda-noda hasil pengecatan mungkin telah Anda sebarkan di berbagai tempat. Apalagi bila Anda masih awam dan banyak melakukan kesalahan. Alat-alat pengecatan pun masih kotor dan perlu dibersihkan sesegera mungkin agar tidak rusak. Jadi, jangan kaget bila proses setelah mengecat hampir sama melelahkannya dengan proses pengecatan itu sendiri. Oleh karena itulah, agar proses ini bisa berjalan lebih efektif, Anda perlu mengetahui cara membersihkan noda cat yang benar.

Langkah-langkah Cara Membersihkan Noda Cat setelah Proses Pengecatan

Aplikasikan langkah-langkah cara membersihkan noda cat dengan benar sesegera mungkin. Bersihkan noda cat segera setelah Anda selesai mengecat. Noda cat yang tidak segera dibersihkan dapat menimbulkan masalah baik dalam hal estetika  maupun fungsional. Semakin lama noda dibiarkan, semakin sulit pula untuk menghilangkannya.

  1. Bersihkan Noda Cat pada Area Pengecatan. Periksa area sekitar proses pengecatan dengan cermat. Perhatikan adanya kotoran pada lantai, benda-benda di sekitar, jendela, hingga barang-barang yang Anda gunakan seperti sepatu Anda. Bersihkan benda-benda tersebut dari noda cat dengan cara yang tepat. Bila Anda menggunakan cat yang pelarutnya solvent, Anda bisa membersihkan noda cat dengan bahan-bahan yang tergolong solvent seperti thinner dan spiritus. Sedang bila Anda menggunakan cat berpelarut air, cara membersihkan noda cat yang Anda lakukan cukup dengan air saja.
  2. Bersihkan Alat-alat yang Digunakan. Alat aplikasi cat seperti kuas harus Anda bersihkan dengan ekstra karena banyaknya bekas cat yang menempel. Lakukan pembersihan berdasarkan jenis cat yang Anda gunakan sebagaimana yang dijelaskan di atas. Selanjutnya simpan kuas dengan pembungkus yang menyerap air. Tujuannya adalah untuk menjaga bentuk kuas tetap seperti sedia kala. Sebab setekah proses pengecatan, biasanya bentuk kuas berubah. Selain kuas, aplikasikan pula cara  membersihkan noda cat pada kaleng cat. Bersihkan lapisan luar kaleng cat dan tutup rapat-rapat agar noda cat tidak mengotori lantai atau tempat penyimpanan.

Demikian 3 cara membersihkan noda cat dengan benar. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X