Amankah Pernis Kayu Berpelarut Solvent untuk Furniture Cafe?

Amankah Pernis Kayu Berpelarut Solvent untuk Furniture Cafe?

Berniat untuk membangun sebuah cafe? Bagaimana dengan furniture yang akan digunakan? Apakah Anda hanya akan membeli furniture yang sudah jadi di toko? Atau justru Anda akan membuatnya sendiri agar cafe terlihat unik?

Apapun pilihan furniture dan bagaimana Anda akan menggunakannya, keamanan furniture harus terjamin. furniture yang digunakan tidak boleh membahayakan penggunanya yaitu pengunjung cafe Anda.

Masalah furniture ini seringkali dilupakan oleh pemilik cafe. Mengapa? Dana yang mepet biasanya menjadi alasan untuk memilih furniture cafe yang murah. Padahal apakah furniture yang murah sudah sesuai dengan kebutuhan cafe?

Ingat bahwa cafe adalah tepat untuk bersantai selama berjam-jam. Digunakan banyak orang untuk mengerjakan tugas. Makanan akan disajikan diatas meja dengan kata lain furniture sangat dekat dengan makanan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu keamanan yang merupakan kekuatan furniture. Furniture akan digunakan dalam jangka waktu yang lama dan sering. Maka memilih furniture dengan konstruksi yang kuat adalah hal wajib.

Faktor lain yang harus diperhatikan adalah bahan finishing yang digunakan pada furniture. Apakah itu furniture yang terbuat dari kayu dan besi, Anda harus memastikan bahan finishing pelapisnya aman dan ramah lingkungan.

Khususnya bahan finishing yang merupakan pernis kayu. Pernis adalah bahan finishing termasuk dalam kategori jenis yang paling lama digunakan sebelum adanya cat duco dan cat enamel.

Pernis yang digunakan sejak pergantian zaman, modern ini diketahui bahwa memiliki banyak kandungan berbahaya. Kandungan ini bisa mengancam keamanan lingkungan dan manusia.

Apakah itu aman dan ramah lingkungan? Bahan finishing yang aman tidak akan membahayakan penggunanya. Baik itu orang yang mengaplikasikan dan orang yang menggunakan furniture.

Amankah Pernis Kayu Berpelarut Solvent untuk Furniture Cafe?
Lantai kayu juga berpengaruh tinggi penyebab VOC

Sedangkan istilah ramah lingkungan adalah bahan yang tidak membuat polusi sehingga akan merusak lingkungan. Apa bahayanya jika Anda tidak memperhatikan masalah bahan finishing yang tidak aman pada furniture?

Baca Juga:  Cat Kayu Water Based Menggantikan Cat Solvent

Tentu ada banyak sekali efek bahaya yang dimunculkan. Efek bahaya ini tidak hanya didapatkan sejak penggunaan dan akan dirasakan beberapa tahun kemudian.

Tidak ingin salah memilih bahan finishing yang berbahaya bagi lingkungan? Pelajari bahayanya dan bahan finishing yang seharusnya digunakan dalam artikel ini.

Bahaya yang Ditimbulkan Pernis Kayu Pada Furniture

Pernis kayu bisa menjadi ancaman yang berbahaya dan tidak terlihat bagi kesehatan manusia. Dua ancaman kesehatan terbesar yang dihasilkan berasal dari volatile organic compound (VOC) dan emisi.

Seperti yang sudah dikenal banyak orang, ketika mendapatkan furniture baru dan diletakan dalam ruangan maka seluruh ruangan akan berbau. Ruangan berisi emisi cat (gas buangan)  yang mengandung VOC.

Efek sederhana yang dihadapi bisa saja hanya berupa reaksi alergi, bersin atau batuk, dan yang lebih serius adalah asma. Reaksi ini bisa saja langsung terjadi ketika tubuh bersentuhan langsung dengan furniture atau menghirup gas yang dikeluarkan.

Efek buruknya, VOC erat kaitannya dengan penyakit kanker. Khususnya bagi mereka yang sudah terkontaminasi dalam waktu yang lama. Kata para ahli di sebuah National Cancer Institute pada tahun 2002 mengungkapkan bahwa pria yang bekerja di industri cat memiliki resiko kanker yang meningkat secara signifikan.

Pada sebuah pabrik pernis dan cat telah menggunakan lebih dari 15.000 bahan kimia yang berbahaya. Termasuk di dalamnya adalah benzena, kloroform, dan diklorometana. Menurut Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS, bahan tersebut tercatat sebagai penyebab kanker.

Pada saat orang menghirup pelarut benzena misalnya, akan cepat disebarkan ke dalam aliran darah. Pernis juga seringkali mengandung fungisida beracun yang digunakan untuk mencegah pertumbuhan jamur.

Zat fungisida digunakan bersama dengan biosida yang digunakan untuk mengawetkan produk sehingga dapat digunakan setelah bertahun-tahun.

Baca Juga:  Primer Coat Buatan Lokal untuk Tampilan Antik

Bagi wanita hamil yang akan menghirup furniture dengan kandungan VOC tinggi bisa mengakibatkan banyak bahaya bagi janin. Gangguan saraf dan pertumbuhan janin bisa terganggu dan anak bisa lahir cacat adalah resiko terbesar yang paling ditakutkan.

Ada beberapa jenis cat yang digunakan pada furniture. Semua pernis dan cat mengandung pigmen warna dan membutuhkan pelarut sehingga dapat dilarutkan dan diaplikasikan. Berikut ini jenis-jenisnya:

  1. Cat minyak, cat memiliki kandungan minyak mineral sebagai bahan utama pembuat cat.
  2. Cat solvent. Cat yang menggunakan sejumlah bahan VOC sebagai bahan utama dan pelarutnya. VOC yang ada di dalamnya antara lain adalah toluena, xylene, etanol, dan aseton, di antara banyak lainnya.
  3. Cat latex atau latex akrilik. bahan utamanya adalah air dan pelarutnya adalah air.

Di antara ketiga jenis bahan pernis kayu tersebut manakah yang termasuk dalam kategori aman?

Jenis Pernis Kayu Aman yang Seharusnya Digunakan

Penasaran apa sih sebenarnya pernis kayu yang aman digunakan pada furniture cafe? Tentu saja adalah pernis yang tidak mengandung terlalu tinggi VOC. Anda bisa menggunakan pernis kayu berbahan dasar air. Pernis ini termasuk dalam jenis akrilik.

Amankah Pernis Kayu Berpelarut Solvent untuk Furniture Cafe?

Pernis kayu yang terbuat dari bahan dasar air memiliki kandungan VOC yang sangat rendah bahkan penggunaannya sangat dibatasi. Jika Anda ingin menggunakannya cukup dicampur dengan air saja dan cat sudah bisa mengering sempurna.

Beberapa hal yang dikhawatirkan seperti aroma pernis yang keluar saat proses pengeringan tidak berbahaya dan tidak menyengat. Pada saat proses aplikasi, aplikator tidak berpotensi memiliki masalah kesehatan karena tidak ada toxic yang dihirup.

Efeknya tentu furniture tetap akan terlindungi dan memiliki tampilan menarik. Di sisi lain pernis kayu tidak menjadi pemicu masalah kesehatan manusia dan lingkungan. Produk pernis kayu yang bisa Anda gunakan adalah Biovarnish.

Baca Juga:  9 Tips Mengecat Furniture Lama Menjadi Baru Layaknya Profesional

Sebagai pengganti pernis kayu konvensional, Biovarnish terbuat dari bahan dasar air dan membutuhkan pelarut air. Anda tidak akan mencium aroma menyengat pada saat cat memulai mengering.

Jutsu hasil yang diberikan akan lebih transparan dibandingkan cat minyak dan cat solvent. Ketahanan tampilan transparannya lebih tahan lama dan tidak akan menimbulkan efek menguning. Hal ini mungkin karena kandungan VOC yang sangat rendah.

Mengenai keamanan, produk Biovarnish diciptakan menyesuaikan dengan regulasi ECHA (European Chemical Agency) dan EPA (Environmental Protection Agency) dari Amerika. Semua kandungan VOC jika ditotal kurang dari 100 gram per liternya.


Artinya walaupun digunakan, cat tidak berpotensi untuk menimbulkan gangguan kesehatan secara langsung atau berkala pada manusia. Ketika digunakan pada furniture yang bersentuhan dengan makanan, jangan khawatir akan masalah keracunan.


Furniture cafe yang sangat dekat dengan makanan biasanya sangat sensitif akan penggunaan cat yang mengandung bahan beracun. Sebagai bahan pelindung tambahan Anda bisa menggunakan bahan poles berupa Biopolish Beeswax.

Bahan poles digunakan sebagai bentuk keamanan makanan pada furniture dan memberikan perlindungan tambahan furniture. Proses aplikasi Biopolish Beeswax lebih mudah dibandingkan dengan bahan poles lainnya.

Agar tidak menimbulkan efek lengket dan jamur Anda hanya perlu mengaplikasikannya satu bulan sekali dan sangat tipis. Bersihkan furniture dan usapkan Biopolish Beeswax dengan kain lap yang kering dan bersih. Furniture akan berubah menjadi lebih mengkilap dan tahan lama.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X