Cat Besi Warna Tembaga

Ragam Penggunaan Cat Besi Warna Tembaga Orchid Enamel

Berencana untuk mengecat besi supaya memiliki warna unik? Cat besi warna tembaga Orchid enamel bisa menjadi pilihannya. Keunggulan warna tembaga sendiri adalah membuat besi supaya tampak apik dan tidak mudah berkarat. Apalagi jika Anda menggunakan cat besi Orchid. 

Jika dilihat dari segi warna tembaga yang didapatkan ada berbagai keuntungan yang pasti akan Anda dapatkan. Pertama adalah warnanya lebih tahan lama dan lebih tajam. Efek yang diberikan setelah selesai aplikasi adalah semi gloss sehingga bisa lebih tahan goresan. Kedua adalah daya tutupnya sangat tinggi sehingga tidak akan memperlihatkan tampilan besi yang lama. 

Ketiga, cat tembaga dari Orchid mudah untuk diaplikasikan yaitu hanya dengan kuas. Jenis kuas yang digunakan pun adalah kuas dengan bulu nilon. Keempat, proses aplikasi tak hanya mudah tetapi juga cepat. Hanya dengan 60 menit saja, setiap lapisan coating dari cat Orchid akan mengering. 

cat pagar besi
7 Langkah Menggunakan Cat Pagar Besi dengan Tepat

Proses pengeringan dilakukan tanpa dijemur langsung terkena sinar matahari. Kelima, bahan pelarut yang digunakan adalah air sehingga Anda tidak perlu membeli thinner. Selain itu juga air adalah bahan pelarut yang tidak mengandung solvent. 

Baca juga : 5 Jenis Cat Besi Sering Digunakan, Manakah yang Terbaik?

Macam-Macam Penggunaan Cat Besi Warna Tembaga Orchid Enamel

Warna tembaga adalah warna yang paling indah karena Anda bisa mengaplikasikannya pada beragam jenis besi. Baik itu yang baru atau lama sebagai proyek DIY di rumah. Apabila Anda masih bingung untuk menggunakan warna tembaga Orchid enamel, sebaiknya kenali dahulu apa saja yang bisa di finishing atau refinishing. 

Memperhatikan proyek kemudian mengimajinasikan bagaimana hasilnya dan kombinasi dengan perabotan lainnya. Supaya tidak bingung, berikut ini ada beberapa contoh penggunaan warna tembaga dari cat kayu besi Orchid. 

  • Pipa pipa besi ruangan dengan tema industrial
Baca Juga:  Bisakah Membedakan Kualitas Kitchen Set Aman dan Tidak?

Apakah Anda sering dilihat pipa pipa besi yang berada di langit-langit ruangan sebuah mall? Pipa tersebut biasanya dicat dengan warna hitam supaya tidak terlihat di dalam ruangan. Namun jika Anda ingin menampilkan pipa di langit-langit atau dinding sebagai dekorasi juga bisa. Caranya adalah memberikan warna tembaga, sehingga kesan industrial pada ruangan begitu terlihat. 

  • Kaki kaki meja makan

Anda berencana untuk memiliki meja makan yang cukup besar untuk ruang makan? Jika kaki kakinya terbuat dari besi, maka warna tembaga cocok untuk digunakan. Warna ini akan memberikan tampilan yang cukup mewah karena kebanyakan desain kontemporer akan menggunakan warna ini. Apalagi jika bagian atas meja menggunakan material kayu atau kaca yang tebal. 

  • Standing lamp

Masih dengan gaya kontemporer, beberapa standing lamp biasanya menggunakan material tulangan besi. Besi kemudian dibuat melengkung dengan cup lampu yang cukup besar. Anda bisa menempatkan standing lamp ini di ruang keluarga sebagai dekorasi. Warna tembaga akan sangat cocok karena mampu memperlihatkan kesan kontemporer yang sangat kuat. 

  • Kusen dan frame jendela

Siapa yang menyangka bahwa warna tembaga cocok juga diterapkan pada kusen dan jendela. Ketika diaplikasikan maka Anda bisa mendapatkan desain yang klasik. Padikan kusen dan jendela warna tembaga dengan ruangan yang didominasi oleh warna mutiara atau pearl. Efek gliter yang didapatkan akan menciptakan gaya neo klasik. 

  • Pagar rumah besi

Tak ketinggalan, warna tembaga juga paling cocok ketika diaplikasikan pada pagar rumah Anda. Masih dengan desain klasik, jika Anda memiliki pagar yang memiliki desain sulur-sulur tanaman maka warna cooper dari Orchid wajib dipilih. Ditambah lagi dengan ketahanannya terhadap goresan, maka dijamin warna pagar akan lebih tahan lama. 

  • Partisi ruangan
Baca Juga:  Ini Dia Teknik Jepang Cara Mewarnai Kayu Secara Alami

Selain pagar, bagian dalam rumah yang biasanya memanfaatkan material besi adalah partisi. Jika Anda ingin mendapatkan tema ruangan seperti kontemporer maka menggunakan partisi besi yang memiliki warna tembaga sangatlah tepat. Partisi ruangan yang digunakan untuk desain kontemporer sebaiknya memiliki dekorasi seperti garis-garis simetri. 

  • Railing tangga atau balkon

Tak ketinggalan, satu bagian rumah yang membutuhkan perhatian dari cat warna tembaga adalah railing pada tangga atau balkon. Bagian ini sangat membutuhkan warna yang tepat karena sangat terlihat. Apalagi railing balkon yang sering terkena panas matahari membutuhkan perlindungan tepat. Cat Orchid selain menghadirkan warna tembaga yang juga memberikan perlindungan maksimal. 

Baca juga : Cat Besi Terbaik untuk Menjaga Kursi Teras Bebas dari Karat

Cara Mengaplikasikan Cat Tembaga Orchid 

Masih banyak lagi olahan material besi yang digunakan untuk struktur atau dekorasi pada rumah. Jika Anda mencermati bagian besi tersebut dan sudah tampak kelihatan pudar bahkan berkarat, maka sudah saatnya untuk mengganti ulang atau memperbaiki dan memberikan warna ulang. 

Jika ingin mendapatkan warna cat Orchid yang tepat maka Anda harus mengetahui bagaimana cara mengaplikasikannya. Apalagi jika sudah tumbuh karat sebelumnya, atau material besi yang memiliki banyak siku. Bagaimana cara menjangkau siku supaya cat memiliki warna yang merata?

Supaya mudah, pelajari beberapa langkah pengaplikasian cat sebagai berikut ini. 

  • Membersihkan karat dan kotoran

Apabila Anda hendak mengecat lapisan coating lama, maka perlu diperhatikan tentang lapisan karat, coating yang lama serta kebersihannya. Sebelum dilapisi cat baru, permukaan besi harus benar-benar bersih. Soal karat Anda bisa menghilangkannya dengan pengamplasan. Kemudian bersihkan bekas-bekas debu pengamplasannya dengan kain kering. 

  • Mencampurkan cat Orchid warna tembaga
Baca Juga:  Mengenal Macam-Macam lantai Plywood dan Perawatannya

Langkah kedua adalah melarutkan cat Orchid dengan air. Siapkan cat dengan warna cooper kemudian lanjutkan dengan proses pelarutan. Caranya siapkan wadah, tuang 3 bagian cat Orchid, kemudian tambahan 1 bagian air. Aduk dengan pengaduk stainless steel supaya tidak muncul kontaminasi. Aduk merata hingga tak ada lapisan cat yang mengendap. 

  • Mengaplikasikan cat Orchid pada besi

Selanjutnya adalah meratakan cat Orchid warna tembaga ke permukaan besi. Anda bisa langsung meratakan cat dengan kuas bulu nilon. Lakukan tipis-tipis saja dan harus searah supaya hasilnya halus. Setiap lapisan harus memiliki arah sapuan kuas yang sama. 

  • Pengeringan dan pengamplasan

Selesai satu lapisan coating cat Orchid, Anda bisa menunggu kering tanpa menjemur. Biarkan cat mengering dengan sendirinya, biasanya membutuhkan waktu 60 menit bahkan lebih cepat untuk lapisan tipis. Kemudian setelah benar-benar kering Anda bisa melanjutkan dengan proses pengamplasan. Gunakan amplas halus nomor 400 untuk mengamplas dan harus searah serat kayu. Bersihkan debunya. 

  • Pengulangan aplikasi

Satu lapisan coating selesai, maka Anda bisa mengaplikasikan lapisan selanjutnya. Prosesnya sama hanya berulang yaitu menguaskan, mengeringkan dan mengamplas. Langkah ini bisa diulangi hingga dua atau tiga kali atau sampai Anda mendapatkan warna tembaga yang diinginkan. 

Lapisan terakhir dari tembaga sendiri bisa ditambah dengan Biduco clear coat. Pemberian lapisan ini bisa memberikan warna cat menjadi lebih mengkilap atau justru menjadi matte. Jika ingin tampilan yang rendah kilap, Anda bisa menggunakan Bioduco top coat death matte. 

Cara aplikasinya sama persis dengan Orchid, hanya saja untuk campuran cat dan air perbandingannya adalah 2:1. Anda juga harus mendiamkan besi selama semalaman atau 24 jam supaya top coat benar-benar kering. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X