pagar-warna-merah

Mengecat Pagar Kayu Di Atas Lapisan Coating Lama

Mengecat pagar, kedengarannya seperti pekerjaan yang membosankan dan sulit dan bisa dikatakan hal tersebut adalah benar. Hanya saja, pagar kayu yang sudah lama digunakan dan mengalami kerusakan di beberapa bagian akan memperburuk tampilan rumah. 

Jika Anda hendak pindah kerumah baru, melihat pagar yang rusak pasti akan membuat Anda mempertimbangkan untuk tidak membelinya. Inilah hal yang harus diperbaiki terlebih dahulu karena kesan rumah terletak pada pagar. 

Tidak perlu menyewa profesional untuk mengecat pagar kayu di rumah karena Anda sendiri bisa melakukannya. Pekerjaan ini harus dianggap serius jika Anda benar-benar peduli dengan tampilan rumah dan kekuatan pagar kayu untuk waktu lebih lama lagi. 

Apabila pagar kayu di rumah sudah pernah dicat beberapa tahun lamanya maka tampilan pudar bahkan lapisan cat yang mengelupas mudah ditemukan. Adanya cacat tersebut akan membuat pagar memiliki tampilan yang buruk bahkan seluruh rumah Anda. 

Pada kasus ini, penting untuk memperbaiki kerusakan pada kayu, menghilangkan lapisan coating lama baru mengecat kembali dengan yang baru. Mulailah untuk mengecat pagar dari awal dan Anda akan melihat tampilan pagar baru kembali. 

Persiapan Pagar Sebelum Dicat

Mulailah dengan persiapan, banyak sekali yang harus diperhatikan seperti mengecat tidak boleh dalam keadaan kotor. Anda harus membersihkan pagar dari kotoran dan kerak, memperbaiki bagian yang rusak, mempersiapkan bahan finishing, alat dan yang lainnya. 

Bagaimana Anda harus memulai itu semua? Sebaiknya itu beberapa persiapan yang penting berikut ini. 

Membersihkan Pagar

Bersihkan pagar dengan air bertekanan. Air yang disemprotkan dengan selang khusus akan membersihkan kotoran bahkan kerak. Anda harus menggunakan selang semprot yang memiliki tekanan baik. Pastikan Anda sudah melindungi area lain agar tidak terkena air dan kotoran. 

Semprotkan pagar dengan air layaknya mencuci kendaraan. Bersihkan semua area yang kotor khususnya bagian dekat dengan tanah. Jika perlu gunakan sikat halus untuk membersihkan kerak membandel. Beberapa profesional bahkan menggunakan detergen. 

Baca Juga:  Menggunakan Sanding Sealer Bambu untuk Refinishing Kursi

Jika kotoran semua sudah lepas dan beberapa lapisan coating mengelupas, Anda bisa menunggu pagar menjadi lebih kering. Diamkan sebelum lanjut pada tahapan pengamplasan. 

Memilih Bahan Finishing

Sambil menunggu pagar kering, Anda bisa melengkapi bahan finishing terlebih dahulu. Jika tujuannya untuk mendapatkan warna solid, Anda bisa menggunakan cat kayu Bioduco. Produk finishing ini cocok digunakan untuk pagar kayu karena lebih tahan lama. 

produk-cat-kayu-Bioduco

Ada dua jenis Bioduco yang pertama adalah solid color dan metallic color. Anda bisa memilih salah satu jenis warna yang sesuai dan dibutuhkan pada pagar. Selain Bioduco solid colour yang memberikan warna, Anda juga memerlukan produk Bioduco primer coat and Bioduco top coat. 

Primer berfungsi untuk menutup warna kayu dan seratnya sehingga warna solid akan lebih tajam. Pada lapisan akhir Anda membutuhkan Bioduco top coat untuk menciptakan lapisan film. Lapisan tersebut berfungsi melindungi pagar dari serangan panas, hujan dan perubahannya. Tidak hanya itu lapisan ini lah yang membuat pagar menjadi lebih tahan lama. 

Ketiga produk finishing tersebut adalah cat kayu water based sehingga bahan pelarut yang dibutuhkan adalah air. Anda tidak perlu takut akan pencemaran lingkungan karena produk ini termasuk kategori loz VOC. Tidak ada toxic yang akan menyebar di lingkungan rumah. 

Pengamplasan Pagar Kayu

Kini saatnya untuk mengamplas setelah pagar kayu mengering dengan sempurna. Proses ini bisa Anda lakukan dengan orbital sander yang akan menghemat waktu. Pastikan Anda menggunakan kertas amplas untuk menghaluskan pertama kali. 

Kertas amplas kasar dipilih juga untuk menghilangkan lapisan coating yang lama. MAnfaatkan amplas grit di bawah 100 untuk menghilangkan cat lama. Amplas hingga lapisan coating menipis dan sedikit menghilang. 

Baca Juga:  Tips Menggunakan Cat Kayu Putih untuk Hasil Bersih

Gantilah kertas amplas dengan grit yang lebih halus untuk membersihkan coating. Cobalah untuk menggunakan kertas amplas grit 150 atau 180. Lakukan hingga permukaan kayu saja yang terlihat. 

Pada amplas terakhir Anda bisa menggunakan amplas nomor 220 untuk menghaluskan. Permukaan kayu akan lebih halus sehingga coating baru bisa melekat dengan mudah. Terakhir bersihkan debu amplas dengan kain atau blower. 

Pengecatan Pagar dengan Spray Gun

Mengecat dengan Bioduco artinya Anda akan menggunakan spray gun. Aplikasi dengan alat semprot sangat menghemat waktu dan hasilnya lebih baik dibandingkan dengan kuas atau roll. Satu kilogram cat Bioduco mampu menutup permukaan pagar seluas 8-10 m2 dalam satu lapisan. 

Pastikan Anda mengukur pagar dan menyesuaikannya dengan jumlah produk yang harus dibeli. Biasanya yang membutuhkan lapisan lebih banyak adalah Bioduco color. Sedangkan untuk primer dan top coat Anda bisa memberikan satu lapisan saja. 

Proses aplikasinya bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Campurkan Bioduco primer coat dengan air hingga mendapatkan viskositas 11-12 detik NK2. Tuangkan ke dalam tabung semprot kemudian spray hingga merata ke seluruh permukaan pagar kayu. 
  2. Tunggu lapisan mengering selama satu jam kemudian amplas dengan kertas grit 400. Bersihkan debu amplas, baru siapkan campuran Bioduco solid color dengan air hingga mendapatkan viskositas yang sama. Jangan lupa bersihkan alat semprot sebelum menggunakannya kembali. 
  3. Semprotkan Bioduco solid color merata ke seluruh permukaan kayu dan tunggu kering. Amplas permukaan sama seperti sebelumnya, bersihkan debu amplas kemudian siapkan top coat. 
  4. Campur Bioduco top coat dengan air kemudian semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Lapisan akhir ini akan mengering setelah didiamkan selama semalaman.  
Baca Juga:  Pabrik cat kayu warna gloss BioVarnish

Tips Mengecat Pagar Lebih Mudah

Lapisan coating dari Bioduco akan lebih cepat mengering dan Anda bisa melapisi dengan coating selanjutnya. Apakah semua dilakukan dengan mudah? Pasti pada prakteknya ada beberapa kesalahan dan kekurangan yang dihasilkan. 

Namun untuk membuat Anda bisa lebih berhasil dalam mengecat pagar, ikuti beberapa tips berikut ini. 

  • Kondisi cuaca yang tepat

Sebelum Anda memutuskan untuk mengecat, pastikan kondisi cuaca sedang cerah. Anda bisa mengecek kondisi cuaca 24 jam sebelumnya. Pastikan pagar juga dalam keadaan kering. Bisa jadi tahapan pembersihan pagar dan pengecatan dua hari yang berbeda. 

Jika di Indonesia maka musim kemarau adalah waktu yang tepat untuk mengecat. Anda tidak akan terganggu dengan masalah hujan. Hanya saja pilih hari yang tidak terlalu berangin karena Anda akan menggunakan spray gun. 

  • Menggunakan alat yang tepat

Pada kemasan cat, biasanya dijelaskan jenis alat apa yang sebaiknya digunakan. Saran dari pabrik akan memberikan Anda hasil terbaik, jadi pastikan alat yang digunakan telah sesuai. Menggunakan spray gun bisa saja menjadi hal yang sulit. 

Anda bisa berlatih beberapa hari sebelumnya menggunakan spray gun. Pastikan tekanan, dan jarak dari pengecatan sudah sesuai. Anda bisa menggunakan potongan kayu lain atau bagian pagar yang tidak terlalu terlihat untuk mengetes. 

  • Menggunakan Paint Striper

Anda bisa menggunakan paint striper untuk menghilangkan lapisan coating yang lama. Jika kesulitan menghilangkan cat lama dengan amplas, langkah ini sangat efektif dan efisien. Anda bisa membeli produk tersebut di toko bahan bangunan. 

Pastikan menggunakan pelindung tubuh seperti masker dan sarung tangan karena paint stripper sangat keras untuk kulit. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X