kursi kayu anak

Mau Punya Kursi Anak Kayu yang Menarik? Yuk Cek Caranya Di Sini

Apakah Anda pemilik TK? Atau Anda orang tua yang ingin menyediakan ruang belajar anak di rumah? Kursi anak kayu bisa jadi pilihan yang tepat, tetapi untuk mendapatkan tampilan menarik finishing harus jadi pertimbangan utamanya. 

Bagi pemilik TK, kursi kayu yang aman dan memiliki warna-warna cantik pasti membuat anak lebih betah belajar. Begitu pula bagi orang tua yang ingin anaknya rajin belajar di rumah. Dari furniture Anda bisa menciptakan ruang belajar yang nyaman

Apalagi sekarang momennya untuk belajar dari rumah, peralatan belajar harus mulai dilengkapi dan suasana nyaman tercipta dari ruangan yang indah. Baik anak TK atau SD masih suka dengan kursi warna warni yang terang. 

Oleh karena itu memilih cat dengan warna menarik harus jadi pertimbangan. Inilah kesempatan Anda untuk memilih cat, memilih warna dan mengecat kursi kayu sendiri. Tak ada batasan untuk berkreasi, bahkan Anda juga bisa mengajak si kecil untuk berkarya bersama. 

4 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mengecat Kursi Kayu Anak

kursi kayu anak

Pada saat membeli atau menciptakan kursi kayu Anda pasti mempertimbangkan jenis kayu yang digunakan serta konstruksinya. Bahkan untuk anak TK, kursi yang memiliki bentuk unik seperti karakter animasi kesukaan bisa jadi pilihan. Anda juga bisa menciptakan kursi anak kayu minimalis yang menyesuaikan tema ruangan. 

Material kayu dipilih karena lebih fleksibel dan mudah dibuat. Dibandingkan dengan plastik yang tak bisa diwarnai sendiri dan kurang ramah lingkungan. Satu hal yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan kursi anak kayu TK atau SD adalah jenis cat yang digunakan. 

Karena digunakan oleh anak-anak maka Anda tak bisa sembarangan dalam memilih bahan finishing. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih bahan cat dan proses mengecatnya yaitu :

Baca Juga:  Kunci Sukses Pengamplasan Furnitur Untuk Hasil yang Halus

1. Tingkat keamanan bahan finishing

Seperti yang kita tahu bahwa cat merupakan bahan kimia yang mengandung bahan organik. Zat organik yang disebut dengan volatile organic compound (voc) bukanlah bahan ramah lingkungan. Kandungan dalam cat ini cukup kontradiksi, karena tak baik untuk manusia namun dibutuhkan untuk memberikan warna dan meningkatkan kualitas cat. 

Solusinya adalah Anda harus memilih dengan teliti manakah cat yang tidak memiliki kandungan voc tinggi. Cara mengetahuinya adalah mengamati label, apakah terdapat keterangan rendah voc? Apakah cat memiliki kandungan voc yang dibatasi?

2. Memilih cat yang tidak menimbulkan aroma menyengat

Jika dari label saja belum ada keterangan rendah voc maka cara lain untuk memastikan cat aman adalah dengan mencium aromanya. Mintalah sampel cat jika memungkinkan dari toko bahan bangunan tersebut. Anda juga bisa membeli cat kemasan kecil untuk mengetahui aromanya. 

Aroma yang menyengat merupakan gas amonia, salah satu efek dari kandungan voc tinggi. Dari sini Anda bisa tahu bahwa voc tinggi dan sebaiknya menghindari menggunakan cat tersebut. 

3. Menggunakan cat berpelarut air

Cara paling aman adalah dengan memilih cat kayu yang menggunakan air sebagai bahan pelarutnya. Biasanya cat memanfaatkan thinner sebagai pelarut hanya saja kini berganti air. Justru menggunakan air mengurangi penggunaan solvent lebih banyak dalam pengecatan. 

Ketika bahan pelarut tersebut menguap tak menimbulkan bau dan menyerang pernapasan anak. Anda bisa mencermati ketika membeli kursi anak kayu baru di toko pasti baunya sangat menyengat. Hal tersebut disebabkan thinner yang menguap bukan air. 

4. Proses pengecatan yang cepat

Karena ingin segera digunakan, maka memilih cat yang proses aplikasinya mudah dan cepat tentu lebih menguntungkan. Anda bisa melihat proses pengecatan pada kemasan cat. Biasanya disana terlihat jelas manakah cat yang mudah aplikasinya. 

Baca Juga:  Jamur Blue Stain Menyerang Kayu Jati Belanda? Ini Cara Mengatasinya

Cirinya adalah bisa diaplikasikan dengan kuas dan waktu kering lebih cepat. Memilih cat dengan proses aplikasi ini membuat kursi bisa digunakan lebih cepat. 

Produk Cat Kayu yang Aman untuk Finishing Kursi Kayu Anak 

kursi kayu anak

Anda yang masih bingung memilih produk untuk cat, kini tak perlu khawatir lagi. Gunakan cat yang banyak direkomendasikan oleh pengrajin kayu dan DIY yaitu Bioduco chalk paint. Cat berpelarut air ini cocok diaplikasikan pada kursi anak, karena rendah voc. 

Acuan pembuatan Bioduco chalk paint sesuai regulasi European Chemical Agency (ECHA) serta Environmental Protection Agency (EPA). Kedua regulasi inilah yang membatasi penggunaan voc dalam bahan kimia seperti cat. 

Bahan-bahan yang dibatasi antara lain, toluene, formalin, lead atau timbal, merkuri, dan masih banyak lainnya. Semua bahan tersebut memiliki ambang batas yang aman sehingga cat tidak menimbulkan bau menyengat dan aman digunakan untuk furniture anak dari kayu seperti kursi. 

Apa yang menjadi kelebihan Bioduco chalk paint bukan sekedar keamananya saja. Ada beberapa kelebihan dari segi proses aplikasi dan hasilnya sebagai berikut :

  1. Aplikasi dengan kuas dan cepat kering. Chalk paint ini memiliki sifat yang bebas saging dan mudah diaplikasikan dengan kuas. Waktu kering hanya 60 menit tanpa penjemuran. 
  2. Menyediakan warna menarik. Ada 24 pilihan warna pastel dari gelap hingga terang yang tersedia. Semuanya cocok untuk furniture anak dari kayu. 
  3. Daya rekat tinggi dan tahan goresan. Sekali diaplikasikan Bioduco chalk paint menciptakan high bonding pada kursi anak dari kayu. Lapisan yang kuat membuatnya juga tahan goresan akibat penggunaan berkala. 
  4. Memperbaiki cacat dari kayu. Cacat goresan ringan yang menimbulkan tekstur akan diatasi oleh chalk paint Bioduco. Tampilan kursi anak kayu dijamin halus dan merata.
Baca Juga:  Tren Warna Garden Furniture 2022

Langkah Mengecat Kursi Anak dari Kayu yang Benar agar Menarik 

Apakah benar aplikasi Bioduco chalk paint pada kursi anak dari kayu palet atau jenis kayu lainnya mudah? Sebagai pembuktian, berikut ini beberapa langkah mudah pengecatan kursi anak menggunakan kuas dan air. 

  1. Mengamplas kursi kayu

Tahapan mengecat dimulai dengan mengamplas kursi kayu. Anda bisa menggunakan hand sander atau secara manual memanfaatkan balok kayu. Jenis amplas yang digunakan adalah amplas aluminium oxide nomor 220. Bersihkan debu amplas dengan kain kering atau kanebo. 

  1. Membuat larutan chalk paint

Air dan Bioduco chalk paint harus dicampurkan supaya aplikasi cat lebih mudah. Anda bisa menggunakan perbandingan 2 bahan dengan 1 air dan campur di wadah terpisah yang bersih. Aduk sampai merata.

  1. Mengaplikasikan cat dengan kuas

Siapkan kuas baru dari bulu nilon, celupkan ke dalam larutan cat dan mulailah mengecat. Mulai dari ujung kursi ke ujung satunya dengan satu sapuan panjang. Hindari berhenti ditengah jalan dan teruskan sampai cat habis. 

  1. Pengeringan dan pengamplasan

Tunggulah cat mengering selama 60 menit dan ingat tak perlu dijemur. Diamkan saja kursi anak kayu tersebut di dalam ruang mengecat. Setelah kering amplas permukaannya, kali ini cukup secara ambang saja dengan amplas 400. Bersihkan debu amplasnya. 

  1. Memberikan lapisan top coat

Lapisan terakhir adalah Bioduco top coat gloss yang cara aplikasinya sama persis dengan chalk paint. Mulai dari pelarutan hingga penguasan, hanya saja waktu kering yang dibutuhkan adalah 24 jam. 

Kursi yang sudah kering di hari berikutnya sudah bisa langsung digunakan oleh anak Anda. Cat Bioduco chalk paint ini bisa dengan mudah Anda peroleh melalui link berikut ini. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X