Cara Memilih Warna Menarik Orchid Enamel untuk Cat Jendela Rumah

Jendela adalah bagian dari rumah yang sama pentingnya dengan pintu. Fungsinya sebagai fasilitas sirkulasi udara serta membuat sinar matahari masuk ke dalam rumah tidak bisa diremehkan. Karena digunakan setiap hari, jendela kayu atau besi seringkali penampilannya cepat rusak. Baik karena goresan, sinar uv atau kelembaban udara membuat cat mudah mengelupas. 

Jika jendela di rumah Anda sudah mulai rusak tampilannya sebaiknya mulailah untuk memperbaiki menggunakan cat yang baru. Anda bisa memilih warna dari produk cat Orchid enamel yang bisa diaplikasikan pada jendela kayu atau besi. Warna solid yang dihasilkan akan membuat jendela tahan kurang lebih lima tahun ke depan. 

Jendela yang dulunya sudah pernah dicat dengan pernis maka akan lebih mudah untuk memperbaikinya. Cukup dengan di amplas kemudian ditumpuk dengan lapisan coating yang baru. Tapi jika jendela lama juga memiliki warna solid dari cat duco maka thinner adalah bahan yang perlu dimanfaatkan untuk menghilangkan coating lama. 

Jangan lupa juga untuk memilih warna yang tepat dari cat Orchid sebelum Anda mengaplikasikannya pada jendela. Pemilihan warna yang tepat akan memberikan nuansa tersendiri bagi pemilik rumah atau tamu. Apalagi jika jendela menghadap ke area depan rumah, maka Anda harus menyesuaikannya dengan gaya rumah. 

Mengapa Menggunakan Cat Orchid Enamel?

Apa yang membuat Anda harus memilih cat Orchid enamel untuk finishing jendela di rumah? Alasan utamanya adalah ada banyak pilihan warna yang bisa dipilih. Cat Orchid menyediakan 24 pilihan warna yang terdiri dari warna solid dan keemasan. Apapun gaya yang diterapkan pada rumah Anda, semua warna telah tersedia. 

Selain warna, cat Orchid juga mudah diaplikasikan oleh siapa saja hanya menggunakan kuas dan juga air sebagai bahan pelarut. Bagi Anda yang tidak berpengalaman mengecat, bisa menggunakan cat yang mudah ini. Ada beberapa kelebihan yang akan Anda dapatkan lainnya selama proses dan hasil yang diberikan sebagai berikut:

  1. Cat lebih cepat kering sehingga Anda tak perlu khawatir lapisan tidak mengering sempurna. 
  2. Daya tutup yang maksimal, jika jendela kayu maka tidak akan terlihat warna kayu dan seratnya. 
  3. Tahan terhadap karat, jadi Anda tak perlu khawatir soal karat pada jendela besi di rumah. 
  4. Hasil semi gloss yang juga bisa diganti menjadi gloss dengan tambahan top coat di atasnya. 
  5. Bahan water based, jadi tidak menimbulkan bau menyengat baik itu saat aplikasi hingga tahapan pengeringan. 

Sebagai cat kayu besi water based, cat enamel Orchid termasuk produk yang aman. Karena bahan pelarutnya air juga membuat Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk modal pengecatan. Hanya siapkan waktu, peralatan dan juga bahan. 

Tips Memilih Warna Orchid untuk Jendela Kayu 

Inilah yang paling banyak disukai, yaitu memilih warna. Tidak sedikit pemilik rumah yang kebingungan saat dihadapkan beberapa pilihan warna cat. Kelihatannya semua warna menarik, tapi Anda juga tidak bisa sembarangan memilih. Ada banyak faktor yang dipertimbangkan untuk mendapatkan warna yang sesuai. 

Anda sudah mendapatkan produk berkualitas, tapi jangan sampai pemilihan warnanya tidak sesuai dengan desain rumah. Beberapa tips berikut ini bisa diikuti untuk mempermudah menentukan warna jendela apa yang sebaiknya dipilih dari cat Orchid. 

Sesuaikan dengan gaya arsitektur rumah

Arsitektur rumah bisa menjadi acuan ketika memilih warna jendela yang menghadap ke arah luar. Warna yang dipilih harus bisa menguatkan gaya arsitektur rumah. Apabila Anda memiliki rumah dengan arsitektur modern maka jendela biasanya memiliki frame garis lurus dengan warna hitam. Tapi jika arsitektur bergaya vintage maka warna krem atau abu-abu justru lebih cocok. 

Jangan memilih warna terlalu mencolok

Hindari untuk menggunakan warna-warna mencolok seperti merah, kuning, orange atau biru. Jendela yang menghadap ke luar ruangan warnanya akan lebih cepat pudar karena sinar uv. Jika Anda menggunakan warna-warna tersebut maka akan terlihat cepat usang. Selain itu ada banyak elemen di luar ruangan seperti tanaman berwarna hijau yang tidak cocok dengan warna terang tersebut. 

Beralihlah pada warna-warna netral

Warna netral adalah solusi yang terbaik untuk semua jenis gaya arsitektur atau desain rumah. Anda bisa menggunakannya sebagai frame jendela indoor dan outdoor. Misalnya saja warna hitam, coklat, putih, atau krem yang akan masuk pada berbagai jenis desain. Selain itu warna-warna netral tersebut tidak mudah luntur seperti warna-warna yang mencolok. 

Pertimbangkan tingkat debu yang mengotori jendela

Tidak semua jendela mudah kotor, jika Anda sering membuka dan menutupnya maka debu otomatis akan menumpuk pada frame. Hal ini yang patut dipertimbangkan untuk memilih warna. Jendela yang berada di area mudah kotor atau jendela geser perlu menggunakan warna krem atau beige yang mampu menyamarkan debu dan kotoran tersebut. Sehingga jendela selalu nampak bersih. 

Warna juga bisa menjadi focal point interior

Untuk jendela dalam ruangan, Anda bisa dengan lebih mudah daripada jendela yang menghadap ke luar. Jika ingin membuat jendela sebagai focal point, maka pertimbangkan bentuk, style ruangan untuk memilih warnanya. Apalagi jika jendela bagian dalam memiliki ornamen. Pertimbangkan juga tralis jendela yang digunakan, serta jangan ragu untuk memilih warna yang lebih berani. 

Cara Mengaplikasikan Cat Jendela Kayu Orchid

Proses mengaplikasikan cat enamel Orchid sangatlah mudah apalagi jika Anda hendak mengecat jendela kayu. Khusus untuk aplikasi pada kayu, Anda perlu menggunakan tambahan Bioduco primer sebagai base coat. Fungsinya menutup warna kayu dan juga membuat warna Orchid lebih tajam. 

Cara mengaplikasikan Bioduco primer juga tidak jauh berbeda hanya dengan kuas dan air saja. Untuk tahapan awal aplikasi primer coat, Anda bisa mengikuti langkah berikut ini. 

  1. Siapkan jendela yang sudah kering dan bebas lapisan coating. Jika lapisan lama pernis, amplas dengan grit nomor 100 hingga 220. Lalu bersihkan debunya dengan kain kering. 
  2. Campurkan Bioduco primer coat dengan air perbandingan 2:1 air kemudian aduk hingga merata.
  3. Kuaskan primer coat ke permukaan jendela kayu searah yang rapi dan merata. Baru tunggu kering selama 60 menit. 
  4. Amplas jendela yang sudah kering, kali ini dengan amplas 400. Bersihkan debunya dan perhatikan warnanya. Jika masih terlihat serat kayu aplikasikan sekali lagi. 

Untuk hasil sempurna, aplikasikan primer secara bersih dan mengikuti langkah yang tepat. Baru setelah itu Anda bisa mengaplikasikan cat Orchid dengan langkah seperti berikut ini:

  1. Campurkan cat Orchid warna yang telah dipilih dengan air perbandingan 3:1 air. 
  2. Aduk cat hingga merata kemudian kuaskan ke satu arah jendela. Arahnya harus sama seperti aplikasi primer tadi. 
  3. Diamkan lapisan Orchid pertama supaya kering selama 60 menit baru di amplas ambang. Gunakan juga amplas 400 yang baru. 
  4. Ulangi langkah mengecat dan mengamplas beberapa kali hingga warna yang diinginkan muncul. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X