pagar besi hollow yang sudah diberi cat besi antikarat terbaik dari Orchid Enamel Painr

7 Langkah Menggunakan Cat Pagar Besi dengan Tepat

Memiliki pagar dari besi adalah pilihan terbaik untuk rumah. Material ini bagus untuk meningkatkan keamanan namun tetap estetis dengan penambahan cat pagar besi. Hanya saja dari waktu ke waktu, lapisan cat pasti akan mengelupas dan perlu lapisan baru. Dengan begitu tampilan rumah pun akan lebih baik. 

Hanya saja melakukan pengecatan sendiri pada pagar rumah bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah jika dilakukan sendiri. Pada artikel kali ini, akan dijelaskan bagaimana Anda bisa mengecat pagar rumah yang usang hanya dengan tujuh langkah saja. 

Langkah ini akan dimulai dari mengetahui betul apakah pagar di rumah sudah membutuhkan touch up. Kapankah waktu yang pas untuk mengecat hingga apa saja jenis cat pagar besi yang bagus yang bisa digunakan. 

Kapan Waktu yang Tepat Menggunakan Cat Pagar Besi

Demi mendapatkan hasil finishing pada pagar yang bagus, Anda harus tahu kapan waktu tepat untuk mengecat. Karena berada di area outdoor jadi sudah pasti mengecat di waktu musim hujan adalah kesalahan besar. 

Selain membuat cat cepat kering, temperatur udara yang panas juga tidak akan mengganggu proses pengecatan. Tapi jika Anda kepepet untuk mengecat di musim hujan, sebaiknya perhatikan ramalan cuaca. Setidaknya dua hari ke depan tidak ada curah hujan tinggi. 

Selain itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan cat pagar besi sebagai berikut ini:

  1. Pastikan bahwa lantai di sekitar pagar dilindungi dengan terpal, kertas koran atau plastik. Agar cat tidak merusak tanaman atau lantai. 
  2. Anda harus menggunakan top coat, karena cat besi saja tidak cukup untuk membuat perlindungan. 
  3. Anda bisa memberikan beberapa lapisan coating bukan hanya satu sehingga warna yang didapatkan lebih sempurna. 
  4. Mengecat dengan kuas adalah langkah paling mudah yang mempercepat proses finishing. 
  5. Jika muncul karat Anda harus menghaluskannya terlebih dahulu sebagai bagian dari persiapan. Sehingga coating baru bisa menempel dan melindungi dengan baik. 
Baca Juga:  Kesempatan Emas Menjadi Agen Orchid di Semarang

Inilah persiapan yang harus Anda lakukan, jangan lupa juga bandingkan harga cat pagar besi di pasaran dan pilih yang sesuai dengan kantong. Untungnya saat ini ada banyak produk cat pagar besi yang tidak mahal, bahkan diantaranya menggunakan air sebagai bahan pelarut. 

Langkah-Langkah Finishing Pagar Besi Sendiri 

Pada saat memilih bahan finishing, jangan hanya memperhatikan pilihan warna cat pagar besi saja. Perhatikan juga apakah di dalamnya mengandung bahan zinc yang mencegah karat, serta durable terhadap berbagai jenis kerusakan karena faktor luar. 

Anda mungkin harus melakukan seleksi ketat dalam memilih produk cat pagar besi sebelum akhirnya mengaplikasikannya. Perhatikan ke tujuh langkah ini untuk mengaplikasikannya. 

Langkah 1. Melakukan Tes 

Apabila lapisan coating yang lama masih menempel dengan baik, Anda mungkin tidak perlu melakukan tes ini. Karena coating yang lama membuktikan bahwa tidak ada karat yang muncul. 

Namun jika Anda ragu dan ingin tahu apakah terdapat karat, maka cobalah untuk mengaplikasikan aluzinc lacquer pada bagian kecil pagar. Kemudian diamkan sebentar dan lihat apakah lapisan coating lama akan mengelupas. 

Jika lapisannya mengelupas artinya coating sudah tidak memiliki tingkat kerekatan dan Anda masih bisa dengan mudah mengelupasnya. Tapi jika ternyata coating masih sangat keras menempel, maka Anda harus menggunakan bahan khusus lainnya untuk menghilangkan cat. 

Langkah 2. Menghilangkan Cat yang Lama

Pada kasus cara cat pagar besi yang tidak langsung mengelupas maka proses yang dilakukan pun berbeda. Caranya adalah kelupas terlebih dahulu dengan sikat kawat seluruh permukaan pagar. Setelah cat sedikit mengelupas gunakan scraper. 

Jangan lupa karena cat yang lama bisa saja mengandung solvent maka sebaiknya Anda menggunakan kacamata dan juga masker. Sehingga debu serta kotoran tidak merusak kesehatan. Kumpulkan cat yang mengelupas agar bisa dibuang dengan aman. 

Baca Juga:  Furniture Apa Saja Yang Bisa Menggunakan MDF?

Kemudian baru gunakan bahan kimia khusus untuk menghilangkan coating lama setidaknya enam jam. Sehingga cat benar-benar mengelupas dan bersih dari permukaan besi. Sisanya Anda bisa menggunakan sikat kawat kembali untuk membersihkan. 

Langkah 3. Mengamplas Pagar

Sebelum mengaplikasikan cat pagar besi terlebih dahulu Anda harus mengamplas permukaan pagar. Pengamplasan dilakukan untuk membersihkan sisa-sisa cat yang menempel. Jangan lupa untuk menggunakan amplas besi yang halus untuk menyesuaikan tingkat kehalusan permukaan pagar. 

Anda bisa menggunakan balok kayu sebagai tumpuan agar hasil pengamplasan lebih cepat halus dan merata. Jika permukaan besi melengkung gunakan bantalan busa agar menyesuaikan permukaan besi. 

Langkah 4. Memperbaiki Bagian Pagar

Ada satu langkah lagi yang harus dilakukan sebelum akhirnya mengaplikasikan cat pagar besi yaitu memperbaiki pagar. Jika pagar sudah berusia puluhan tahun maka korosi yang terjadi bisa saja menimbulkan keropos di beberapa tempat. 

Selesai mengamplas Anda terlihat dengan jelas bagian mana saja yang keropos. Cek pada bagian bawah yang dekat dengan tanah, biasanya keropos paling banyak muncul di bagian tersebut. Anda bisa memperbaikinya dengan filler khusus besi dan isikan dengan scrape. 

Langkah 5. Membersihkan Kotoran pada Pagar

Coating baru tidak akan menempel dengan baik jika permukaan pagar masih kotoran. Debu bekas amplas adalah penyebab utamanya, selain itu akan membuat permukaan besi jadi tidak merata. Oleh karena itu penting untuk membersihkannya sebelum Anda mengecat. 

Untuk membersihkannya, Anda bisa membersihkan dengan menggunakan kain bersih yang kering. Bisa juga dengan busa. Pastikan saja tidak ada debu dan kotoran yang menempel. 

Langkah 6. Mengecat Pagar dengan Cat Enamel

Selanjutnya adalah Anda bisa mulai mengecat pagar dengan cat besi Orchid. Cat pagar besi minimalis menyediakan banyak pilihan warna untuk digunakan. Produk cat ini menggunakan bahan pelarut air jadi aman dan pasti lebih hemat. 

Baca Juga:  Cat Kayu Anti Air Biovarnish Untuk Furniture Kayu

Cara menggunakannya, cukup campurkan terlebih dahulu dengan air. Anda bisa menggunakan perbandingan 3 bahan dan 1 air dan aduk di wadah lain, bukan langsung kaleng cat. Kemudian kuaskan secara merata ke seluruh permukaan pagar besi. 

Pastikan bahwa Anda menggunakan kuas dari bulu nilon yang cocok untuk cat pagar besi berpelarut air. Setelah itu tunggu kering 60 menit baru amplas ambang. Anda bisa menggunakan amplas aluminium oxide nomor 400 kemudian bersihkan debu amplasnya. 

Jangan lupa ulangi aplikasinya sehingga warna lebih menutup dan jadi tajam. Dengan begitu hasil akhir akan sempurna. Tampilannya adalah semi gloss.

Langkah 7. Mengecat Pagar dengan Top Coat

Selain cat Orchid sebagai lapisan terakhir Anda membutuhkan top coat. Di sini Anda bisa menggunakan Bioduco top coat gloss. Tampilan gloss sendiri dipilih karena bisa lebih tahan terhadap goresan dan cocok dengan Orchid yang hasilnya semi gloss.

Cara mengaplikasikannya pun tidak jauh berbeda. Campurkan terlebih dahulu top coat dengan air, perbandingannya 2 bahan dan 1 air. Aduk dan kuaskan ke permukaan pagar kayu. Anda bisa menunggu 24 jam hingga akhirnya coating kering sendiri. 

Hasil akhir dari cat Orchid ini akan mengembalikan tampilan pagar bahkan cenderung lebih indah. Bagi Anda yang ingin mendapatkan produk cat Orchid dan Bioduco sebelum mengecat pagar di rumah, bisa langsung membeli melalui link berikut:

  1. https://www.tokopedia.com/biopaint102 
  2. https://www.tokopedia.com/bioindustries 
  3. https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X