tumpukan kayu palet yang rapi

Mengapa Kayu Palet Cocok digunakan Para DIY?

Menciptakan proyek kayu bagi DIY adalah tantangan yang sangat menarik. Setiap proyek bisa menghasilkan karya yang berbeda walaupun menggunakan bahan baku yang sama. Selama beberapa dekade, banyak DIY yang melakukan recycle atau mengubah furniture lama menjadi baru. 

Proyek yang dihasilkan tersebut tidaklah buruk namun sangat menarik. Sumber material utama yang hingga kini banyak digunakan adalah kayu palet. Mengapa palet? Karena jenis kayu ini lebih murah dan mudah untuk dikerjakan. 

Namun Anda tetap harus memperhatikan material kayu palet seperti apa yang digunakan. Anda mungkin memiliki proyek yang sangat luar biasa rumit atau mewah, kayu palet bisa menjadi material utama yang mudah dibuat.

Tampilan dari karya tidak bisa dibangun dari alasan mengapa kayu palet banyak digunakan. Jadi sebaiknya perhatikan bagaimana kayu palet sangat menarik dan cara memilihnya. 

Alasan Kayu Palet Sangat Menarik untuk DIY

Saat dilihat sekilas tampilan dari kayu palet sangat buruk dan tidak menarik. Kayu dengan harga murah biasanya tidak banyak dilirik orang untuk dibeli bahkan digunakan. Justru disitulah daya tariknya. 

Palet akan menjadi tantangan bagi DIY untuk mengubahnya menjadi tampilan apa saja yang menarik. Bahkan hanya dengan sedikit usaha dan keterampilan. Bekerja dengan palet tidak jauh dari istilah mendaur ulang dan menggunakan bahan yang sudah pada menjadi baru kembali. 

Anda bisa mendapatkannya secara gratis dari pabrik furniture atau dari gudang peti kemas. Sebagian besar merupakan kayu palet jati belanda yang sangat ringan. Biasanya kayu palet memiliki ukuran yang sama khususnya dari bekas peti kemas. 

tumpukan kayu palet di gudang

Kayu palet memang mudah untuk dikerjakan namun bukan berarti tanpa usaha. Anda membutuhkan banyak usaha khususnya untuk kayu palet yang rusak karena penggunaan bahan kimia sebelumnya. Anda bisa menciptakan kreasi kayu palet dalam waktu sehari seperti meja belajar anak atau untuk bangku teras. 

Baca Juga:  Begini Cara Memilih Cat Furniture Anak yang Aman

Cara Memilih Kayu Palet Bekas yang Masih Bisa Digunakan

Anda perlu memperhatikan proyek apa yang ingin dilakukan dengan kayu palet. Banyak sekali pengrajin yang bisa menciptakan lemari kayu palet berukuran besar. Sebelum menggunakannya sebagai perabotan yang sering digunakan Anda harus mempersiapkannya terlebih dahulu. 

Persiapan dilakukan pada saat Anda memilih. Tidak bisa Anda sembarangan memilih kayu palet bekas pabrikan atau peti kemas. Beberapa diantaranya bisa saja mengandung bahan kimia keras yang berbahaya jika Anda mengubahnya menjadi meja belajar anak. 

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda perhatikan pada saat memilih kayu palet terbaik. 

  1. Pilih kayu yang tidak mengandung bahan pestisida sebagai pengawet. Anda bisa melihatnya dari jenis pabrik dan juga label kayu. 
  2. Jika mencari kayu palet bekas peti kemas, pilih yang sebelumnya digunakan untuk pengiriman barang kering. Setidaknya palet akan rungan dan tidak memiliki banyak noda. 
  3. Perhatikan lubang kecil yang biasanya merupakan sarang rayap. 
  4. Palet kayu yang lama harus bebas dari jamur khususnya jenis jamur yang sulit dihilangkan. Cobalah untuk mencium bau palet dan pastikan tidak berbau aneh. 
  5. Menggunakan sarung tangan ketika memilih agar Anda tidak melukai diri. 

Sangat mudah untuk mendapatkan palet berkualitas dengan cara-cara tersebut. Setidaknya jika Anda mengetahui asal usul dari kayu tersebut maka akan lebih mudah lagi mencari yang aman. 

Produk Aman untuk Mengecat Kayu Palet

Anda mungkin sudah tidak sabar untuk menciptakan perabot dari kayu palet, lalu setelah selesai langkah apalagi yang harus dilakukan? Langkah terakhir untuk memoles kayu palet menjadi lebih menarik adalah dengan finishing. 

Kreasi kayu palet rumahan bisa di finishing sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Apakah Anda ingin mendapatkan warna yang lebih gelap atau terang semua tergantung dengan produk yang dipilih. 

menegcat kayu palet dengan kuas

Banyak sekali produk finishing untuk palet namun bahan yang aman tidak lain memiliki bahan dasar air. Cat kayu yang menggunakan bahan dasar air terbebas dari toxic yang biasanya digunakan sebagai bahan dasar. 

Baca Juga:  Bingung dengan Jamur Blue Stain? Atasi dengan Cara Mudah Ini

Tampilan natural adalah yang paling banyak dipilih dan dalam hal ini adalah Biovarnish. Produk pernis kayu Biovarnish adalah yang paling mudah digunakan dan juga aman. Tingkat keamanannya dijamin karena membuatnya yang menyesuaikan regulasi ECHA dan EPA. 

Kualitas Hasil Finishing dari Produk Biovarnish

Berbicara tentang produk Biovarnish maka tidak akan terlepas dari hasil yang diberikan. Ada dua tipe finishing yang bisa Anda dapatkan yaitu close pore dan open pore. Palet kayu merupakan jenis kayu lunak, sehingga finishing close pore adalah yang paling disarankan untuk menjaga kayu dari kelembaban. 

Finishing close pore dimulai dari Biovarnish wood filler yang juga berfungsi sebagai dempul kayu. Fungsinya adalah menutup pori dan cacat lubang kecil seperti bekas rayap. Wood filler tersedia dalam empat jenis warna yaitu warna jati, sungkai, ramin dan mahoni. 

Kemudian Anda perlu melapisi dengan Biovarnish liquid stain yang berfungsi memberikan warna natural. Anda bisa memilih 20 pilihan warna tersedia yang mirip dengan kayu aslinya. Biovarnish sanding sealer adalah jenis cat yang digunakan sebagai perantara liquid stain dan lapisan clear coat. 

Adanya sanding sealer akan membuat lapisan coating semakin kuat. Terakhir adalah Biovarnish clear coat yang bisa memberikan dua tampilan baik gloss atau matte. Tampilan ini akan menyesuaikan dengan imajinasi Anda sesuai hasil proyek yang diinginkan. 

Cara Mengecat Kayu Palet untuk Hasil Natural

Semua proses finishing dilakukan dengan mencampurkan air dan mengusapkannya ke permukaan kayu palet. Cat akan merata tanpa meninggalkan bekas kuas asalkan Anda mempersiapkan kayu dengan baik dan menggunakan kuas nilon berbulu lembut. 

Sudah siap dengan proses aplikasinya? Ikuti langkah mudahnya berikut ini. 

  • Amplas permukaan kayu dengan amplas nomor 220. Bersihkan debu bekas pengamplasan. 
  • Aplikasikan Biovarnish wood filler sesuai dengan warna yang dipilih. Manfaatkan pisau palet untuk meratakan wood filler dan tunggu kering. Lanjutkan dengan proses pengamplasan dengan amplas 240.
  • Campurkan Biovarnish liquid stain dalam wadah terpisah dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air. Aduk rata kemudian ratakan ke permukaan kayu dengan kuas searah serat kayu. Lanjutkan dengan proses pengeringan tanpa dijemur dan amplas dengan amplas 400. Ulangi aplikasi jika warna kurang gelap.
  • Campurkan Biovarnish sanding sealer menggunakan perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk merata kemudian kuaskan ke seluruh permukaan kayu searah serat. Tunggu kering tanpa dijemur kemudian baru amplas dengan amplas 400 secara ambang. Jangan lupa bersihkan debu amplas.
  • Campurkan Biovarnish clear coat dengan air menggunakan perbandingan 2 bahan : 1 air. Lanjutkan penguasan pernis secara merata searah serat. Lapisan akhir membutuhkan waktu kering selama 24 jam. 
Baca Juga:  4 Panduan Memilih Cat untuk Interior yang Sempurna

Hasil natural akan Anda dapatkan selama beberapa jam saja namun untuk bisa menggunakan kayu palet sesuai fungsinya Anda perlu menunggu cat mengering.  Biovarnish adalah solusi pengecatan kayu palet yang praktis layaknya profesional bagi banyak pemula. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X