Kapan Idealnya Menggunakan Sanding Sealer Outdoor?

Kapan Idealnya Menggunakan Sanding Sealer Outdoor?

Jika Anda bertanya kapan sebaiknya menggunakan sanding sealer outdoor pasti jawaban umum adalah untuk furniture outdoor. Tentu saja jawaban itu tidak salah dan merupakan jawaban yang singkat. Namun selain  digunakan pada furniture outdoor bisakah digunakan pada furniture indoor juga? Lalu apakah produk sanding sealer outdoor yang direkomendasikan?

Apabila Anda ingin memiliki furniture yang tahan lama khususnya untuk furniture luar ruangan maka segala aspek harus diperhatikan. Ada banyak hal yang terjadi di luar ruangan dan akan merusak furniture terbuat dari serat alam seperti kayu.

Hujan, panas bahkan perubahan keduanya akan menimbulkan jamur dan rayap. Kerusakan kebanyakan kayu bermula dari timbulnya jamur yang kemudian mengundang banyak rayap. Kayu akan mudah keropos dan Anda tidak bisa memperbaikinya kembali. Uang harus dikeluarkan untuk membeli furniture yang baru.

Namun berbeda jika Anda telah menggunakan furniture luar ruangan yang memiliki kualitas material kayu terbaik dan perlindungan terbaik. Perpaduan keduanya akan menghasilkan furniture outdoor menjadi lebi lama masa penggunannya. Ada banyak jenis kayu yang bisa dipilih namun hanya beberapa jenis kayu yang terpercaya untuk bisa digunakan lebih tahan lama.

Berikut ini nama-nama jenis kayu yang berkualitas dan tahan lama apabila digunakan sebagai furniture outdoor.

  1. Kayu jati

Semua jenis kayu jati yang berasal dari Indonesia adalah jenis kayu jati berkualitas baik. Butuh puluhan tahun untuk masa penennya sehingga harganya sangat mahal. Kayu jati memiliki resin khusus yang bisa digunakan untuk mengusir rayap. Resin ini adalah proteksi dari kayu jati bahkan setelah menjadi furniture pun masih ada fungsi dari resin tersebut.

Inilah yang membuat kayu jati banyak digunakan untuk furniture outdoor. Namun Anda juga harus mempersiapkan uang yang banyak karena harganya yang sangat mahal.

  1. Kayu sonokeling
Baca Juga:  Meja Belajar Anak Rendah Logam Berat

Ingin memiliki garden furniture dengan tampilan eksotis maka wajib menggunakan jenis kayu sonokeling. Sebagai kayu eksotis kayu sonokeling berwarna hitam dengan tampilan serat yang berwarna lebih terang. Serat kayu sonokeling ini membuat kayunya memiliki tampilan seperti kulit zebra. Inilah yang menarik dari kayu ini.

Dibandingkan dengan kayu jati, kayu sonokeling tentu lebih mudah namun lebih sulit didapatkan. Kayu sonokeling sudah mulai sulit dicari karena masa tebangnya yang cukup lama. Namun jika menggunakan kayu ini sebagai material furniture taman Anda akan tampak lebih cantik dan menarik.

  1. Kayu merbau

Sebenarnya kayu merbau cukup jarang dijadikan furniture, alasannya adalah kayu ini sulit untuk dibentuk namun bukannya tidak mungkin untuk menjadi furniture. Butuh pisau yang tajam untuk mengolahnya menjadi furniture karena kayu ini sangat keras. Kebanyakan kayu merbau digunakan sebagai material pembangunan rumah.

Namun bagi Anda yang siap untuk mengolah kayu merbau menggunakan kayu ini sebagai furniture akan membuatnya menjadi barang warisan yang sangat berharga. Bagi Anda yang memiliki furniture kayu merbau, tampilannya yang mewah dan warna kayu yang menarik menjadi daya tarik tersendiri.

Inilah tiga jenis kayu keras yang bisa Anda gunakan namun dengan harga yang sangat mahal. bagi Anda yang tidak ingin mengeluarkan uang lebih banyak maka pilihlah kayu yang lebih murah namun tentu saja kekuatannya tidak akan tahan lama.

Mengenal Sanding Sealer Outdoor

Selain jenis kayu yang bagus, penggunaan sanding sealer outdoor yang berkualitas sangat penting. Ini akan menjaga warna eksotis dari kayu sonokeling dan menjaga efek keemasan dari warna kayu jati. Sanding sealer yang digunakan juga harus berkualitas yakni berwarna transparan tahan lama dan mampu menutup pori kayu dengan maksimal.

Baca Juga:  Tangani Pengeroporsan Dengan Cara Mendempul Kayu Keropos Berikut

Produk sanding sealer yang direkomendasikan dalam hal ini adalah BioColours sanding sealer. Produk cat kayu BioColours adalah cat water based yang bisa digunakan dengan cara mudah. Pelarutnya air dan mudah menempel sehingga cacat permukaan yang diakibatkan oleh saging tidak akan muncul. Bahkan hasil cat yang rata dan halus akan menambah tampilan dari furniture.

Selebihnya kebutuhan dari furniture taman adalah ketahanan dalam menangani panas dan hujan. Peruabahn cuaca juga tidak menjadi terkecuali. Garden furniture juga merupakan furniture yang mudah tergores, lapisan sanding sealer akan melindungi agar pada permukaan kayu tidak muncul goresan yang parah.

Kapan Idealnya Menggunakan Sanding Sealer Outdoor?Sanding sealer dapat memuai dan menyusut sesuai dengan kondisi kayu. Ingat jika cuaca berganti maka seringkali kayu menyusut dan memuai bahkan dalam ukuran yang sangat berbeda. Jika sanding sealer tidak dapat mengikuti ukuran kayu tersebut maka dapat menimbulkan lapisan cat yang retak.

Masalah keretakan sangat berbahaya jika muncul, selain akan membuat kelembaban mudah meresap ke dalam kayu, penampilan furniture juga akan sangat menurun. Bagi Anda yang tidak ingin mengalami kerusakan pada garden furniture sebaiknya gunakan BioColours sanding sealer sekarang juga.

Cara Aplikasi Sanding Sealer Outdoor untuk Garden Furniture

BioColours sanding sealer tidak hanya memiliki keunggulan dalam hal perlindungan dan penampilan furniture saja. Namun sampai pada proses aplikasinya sanding sealer BioColours sangat mudah diaplikasikan. Bagi para profesional di bidangnya kecepatan kering dari cat sangat mengagumkan bahkan tidak perlu terkena panas matahari.

Mengapa Sanding Sealer Tahan Cuaca Dibutuhkan?
produn sanding sealer water based

Lapisan sanding sealer akan mengering dengan sempurna bahkan hanya di dalam ruangan yang kering dengan sirkulasi udara yang baik. Selain itu para pengguna juga tidak perlu terganggu akan asap yang keluar pada saat proses penyemprotan sanding sealer berlangsung.

Baca Juga:  Harga Plitur Kayu Biovarnish Paling Murah Kualitas No. 1

Namun walaupun tidak berbahaya dan menimbulkan bau pengamanan diri saat aplikasi seperti menggunakan masker sangat penting dan tidak boleh dilupakan. Nah untuk proses aplikasinya sendiri Anda bisa mengikuti langkah berikut ini:

  1. Garden furniture harus diperbaiki dahulu bagian cacat. Jika banyak bagian yang berlubang perbaiki dengan wood filler atau dempul kayu. Kemudian ratakan warna kayu menggunakan wood filler sesuai dengan hasil akhir yang diinginkan. Amplas permukaan kayu hingga warna kayu dan juga serat kayu terlihat. Ini akan memberikan hasil transparan dan halus.
  2. Campurkan BioColours sanding sealer dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Campurkan dalam wadah terpisah baru dimasukan ke dalam tabung semprot. Jangan lupa tutup tabung dan mulai aplikasikan ke seluruh permukaan kayu.
  3. Jika seluruh bagian garden furniture telah tertutup sanding sealer tunggu lapisan menjadi kering. Diamkan sanding sealer selama 60 menit dan pastikan sudah kering benar baru dilanjutkan dengan pengamplasan.
  4. Pengamplasan dilakukan secara ambang ke seluruh permukaan. Gunakan amplas 400 dan bersihkan debu amplas. Anda bisa mengaplikasikan sanding sealer 2 kali jika dirasa kurang rata.

Aplikasi sanding sealer yang telah selesai dapat dilanjutkan dengan aplikasi wood stain atau top coat langsung. Namun pastikan lapisan cat di atasn BioColours juga harus lapisan car water based. Jika menggunakan lapisan cat solvent maka tidak akan menempel dengan maksimal.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X