produk clear coat

Teknik Mengecat Lantai Kayu untuk Warna Natural Transparan

Lantai kayu membutuhkan perlindungan terbaik terkait dengan kegunaannya. Mengapa? Hal ini berkaitan dengan lantai kayu yang menjadi pijakan utama. Masing-masing lantai di rumah akan membutuhkan perlindungan berbeda. Namun jika Anda membedakan cat pada masing-masing ruangan pasti akan membingungkan. 


Cara paling praktis adalah dengan menggunakan cat kayu yang terbaik dan memiliki perlindungan terkuat. Produk polyurethane adalah cat yang akan membentuk lapisan film terkuat. Warnanya transparan sehingga serat pada lantai kayu akan tetap terlihat lebih indah. 

Jika Anda ingin mendapatkan hasil terbaik bukan hanya cat polyurethane saja yang digunakan. Ada rangkaian produk lainnya yang akan menjadi bahan dasar penguat cat. Selain itu teknik aplikasi pada lantai akan mempengaruhi hasil tampilannya. 

Proses pengecatan lantai bisa jadi bervariasi tergantung dengan alat yang digunakan. Masing-masing alat akan menghasilkan tampilan yang berbeda. Anda harus bisa mengoperasikannya untuk mendapatkan hasil yang terhalus. 

Produk Terbaik untuk Lantai Kayu 

Seperti yang telah dijelaskan bahwa produk polyurethane adalah yang terbaik untuk digunakan. Ada banyak cat polyurethane yang tersedia dalam berbagai macam merk. Anda harus mencari merk terbaik dan teraman. Selain polyurethane, sanding sealer dan juga wood filler juga dibutuhkan. 

Sanding sealer adalah cat yang digunakan di bawah cat polyurethane. Fungsinya adalah untuk memperkuat lapisan cat diatasnya dan dibawahnya. Lapisan cat di bawahnya bisa saja stain dan juga kayu atau wood filler. Nah dalam hal ini sanding sealer dibutuhkan untuk melindungi wood filler. 

Fungsi wood filler sendiri dalam lantai kayu adalah untuk menutup pori. Sehingga kelembaban yang sering menyerang tidak akan terjadi terlalu parah. Fungsi lainnya juga untuk memperhalus permukaan kayu. 

Jika Anda bingung memilih merk manakah yang sebaiknya digunakan? Di bawah ini ada merk polyurethane dan juga sanding sealer hingga wood filler yang bisa digunakan. 

Polyurethane : Biothane Water Based

Khusus untuk polyurethane Anda bisa menggunakan cat merk Biothane. Mengapa? Alasan utamanya adalah cat ini merupakan cat yang terbuat dari air dan aman. Anda tidak perlu takut akan ruangan yang nantinya berbau karena cat menguap. Selain aman proteksi yang diberikan cat ini sangat tinggi. 

Apabila lantai kayu digunakan dalam waktu yang sering. Misalnya saja seperti lantai dapur atau teras yang sering digunakan sehingga membuat lapisan coating cepat rusak. Goresan, panas, hingga hujan atau perubahan cuaca tidak akan membuat lapisan Biothane pada lantai kayu rusak. 

Sanding Sealer : Biovarnish Water Based

Produk kedua yang dibutuhkan adalah sanding sealer dari merk Biovarnish. Produk ini sama-sama terbuat dari bahan air sehingga cocok dengan Biothane. Warna yang dihasilkan transparan sehingga tidak mempengaruhi hasil warna natural transparan pada lantai. Keunggulannya sama yaitu aman dan tidak menimbulkan bau yang mengganggu. 

Apa yang membedakan sanding sealer Biovarnish dengan merk lainnya adalah waktu keringnya yang cepat tanpa dijemur. Membuat proses aplikasinya pada lantai kayu akan lebih cepat sehingga Anda bisa segera menggunakan ruangan. 

Wood Filler : Biovarnish Water Based

Produk ketiga adalah wood filler yang sama-sama dari merk Biovarnish. Ada empat pilihan warna yang bisa digunakan yaitu jati, mahoni, ramin dan juga sungkai. Keunggulan dari wood filler bukan hanya aman dan ramah lingkungan. Anda juga bisa mengaplikasikannya dengan berbagai cara sesuai dengan kebutuhan kayu. 

Tidak hanya menutup pori kayu, wood filler bisa memperbaiki lubang bekas cacat pada permukaan kayu. Jadi jika sewaktu-waktu lantai kayu cedera atau rusak gores maka bisa langsung diperbaiki dengan sisa wood filler Biovarnish yang Anda simpan. 

Teknik Pengecatan Lantai Kayu Warna Transparan

Produk sudah di tangan Anda, lalu bagaimana sebaiknya proses aplikasi berlangsung? Anda bisa meminta profesional untuk menyelesaikannya namun tidak ada salahnya jika Anda melakukan sendiri. Cat yang digunakan sudah tidak berbau dan cepat kering, jadi siapa saja tidak harus profesional bisa menggunakannya. 

Teknik yang digunakan untuk mengecat bisa dengan kuas atau roller bahkan menggabungkan keduanya. Roller difungsikan untuk mempercepat pengecatan mengecat lantai berukuran sangat luas. Berikut ini beberapa teknik yang bisa digunakan. 

Teknik Menggunakan Roller

Roller sangat berfungsi untuk mempercepat proses pengecatan. Bagi siapa saja yang menggunakan roller harus bisa menghasilkan tampilan yang halus. Prosesnya berbeda ketika mengecat dengan dinding, karena roller tidak bisa digunakan untuk mencapai bagian pinggir. 

Teknik mengaplikasikan pernis dengan roller adalah mengecat dari bagian pinggir terlebih dahulu. Celupkan cat ke dalam wadah bersama dengan larutan kemudian diaduk. Selanjutnya celupkan roller dan ketuk sehingga cat yang terserap berlebihan berkurang. 

Cat dari area yang paling jauh dari pintu kemudian menuju pintu. Roller ke arah vertikal secara merata. Hindari untuk menumpuk lebih dari dua kali sehingga cat tidak akan menimbulkan bekas. 

Teknik Mengecat Lantai dengan Kuas

Kini saatnya menggunakan kuas, biasanya hanya untuk menambal bagian yang belum rata dan bagian pinggir saja. Pilih kuas dengan ujung runcing dan pastikan terbuat dari bahan nilon. Buatlah larutan cat yang sudah dicampur dengan air, celupkan kuas ke dalamnya. 

Kuaskan dalam satu sapuan yang panjang pada pinggiran lantai. Ulangi prosesnya hingga warna kayu menjadi sama dari yang sebelumnya dicat menggunakan roller. Untuk menggunakan kuas, Anda harus menunggu lapisan cat dengan roller kering terlebih dahulu. 

Anda bisa mengulangi proses aplikasi yang sama pada bagian lantai yang belum merata. Prosesnya sangat mudah, cukup tutul perlahan menggunakan kuas pada bagian yang belum terkena cat. Tunggu kering hingga warnanya berubah sama tidak lagi perbedaan warnanya. 

Proses penguasan sebaiknya memperhatikan juga seberapa banyak cat yang meresap ke dalam kuas. Setelah mencelupkannya ketuk agar cat bisa berkurang. Proses pengamplasan tidak perlu terlalu ditekan agar brush mark tidak muncul. 

Teknik Mengamplas Lantai Kayu

Semua teknik mengecat akan sempurna dan menghasilkan tampilan yang rata jika Anda mengamplas dengan tepat. Proses pengamplasan dilakukan beberapa kali pertama saat kayu masih dipersiapkan atau belum dicat. Kedua adalah mengecat kayu yang sudah dicat untuk mempermudah lapisan cat diatasnya menempel. 

Pada proses pertama yaitu mempersiapkan lantai kayu, Anda bisa mengamplas dengan drum sander. Mesin amplas ini cukup berat, Anda bisa meminta profesional untuk melakukan proses pengamplasan. Mesin amplas biasanya juga disewakan jika Anda ingin mengerjakannya sendiri. 

Pada proses pengamplasan antar lapisan coating Anda harus menggunakan kertas amplas yang halus. Drum sander tidak lagi dibutuhkan, Anda bisa menggunakan hand sander atau orbital sander. Pengamplasan harus dilakukan dengan ambang hanya untuk membuat permukaan cat sedikit kasar. 

Apapun proses pengamplasan yang dilakukan, Anda harus membersihkan semua debu amplas. Debu tersebut harus dibersihkan agar hasil permukaan halus dan bebas kotoran. Untuk membersihkan debu ini Anda bisa menggunakan mesin vakum cleaner. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X