5 Cara Memilih Cat Kayu yang Bagus untuk Finishing Warna Solid

5 Cara Memilih Cat Kayu yang Bagus untuk Finishing Warna Solid

Bingung memilih warna apa yang akan Anda gunakan pada furniture kayu di rumah. Sebelum memilih warna sebaiknya pilih terlebih dahulu tentukan jenis cat yang seharusnya digunakan. Perlu diketahui bahwa tidak semua cat akan memberikan warna solid yang menutup sempurna pada furniture kayu.

Begitu juga dengan cara aplikasinya. Apa saja lapisan yang dibutuhkan dan bagaimana proses aplikasi yang tepat? Produk apa yang sebaiknya yang digunakan untuk segala jenis furniture?

Semua jawaban akan pemilihan cat kayu warna solid yang tepat untuk kayu akan Anda dapatkan dalam artikel ini.

Tips Memilih Cat Kayu Warna Solid

Banyak yang bertanya-tanya seperti apakah cat kayu yang bagus itu? Apa saja faktor yang bisa membedakannya dengan cat kayu berkualitas rendah? Sangat sulit membedakannya tanpa mencobanya.

Kebanyakan pabrik furniture akan melakukan banyak percobaan dengan berbagai macam produk cat. Hal ini dibutuhkan dan sangat penting untuk membandingkan jenis cat manakah yang sesuai dengan kebutuhan. Tentu saja untuk menghindari kerugian yang besar karena cat akan digunakan dalam finishing furniture jumlah banyak.

Bagi para DIY mungkin mencoba satu per satu cat akan sangat membuang waktu. Waktu sangat berharga karena biasanya hanya dapat dilakukan di akhir pekan saja. Artinya dengan waktu yang terbatas harus bisa memanfaatkan produk yang ada untuk hasil yang terbaik.

5 Cara Memilih Cat Kayu yang Bagus untuk Finishing Warna Solid

Anda tidak perlu khawatir walaupun waktu yang dimiliki terbatas, mendapatkan cat kayu warna solid dengan kualitas terbaik bukannya tidak mungkin. Berikut ini beberapa tips yang bisa diikuti ketika sedang memilih jenis cat kayu yang terbaik.

  • Sheen Level

Tingkat kilap atau glossy sebuah furniture ditentukan oleh jenis cat yang digunakan dan disebut sebagai sheen level. Tingkat glossy ini didapatkan karena kandungan bahan kimia yang terdapat dalam cat.

Baca Juga:  Mengenal Dempul Kayu Warna Putih yang Cepat Kering

Cat yang memiliki kandungan pigment volume concentration (pvc) tinggi maka akan menghasilkan high gloss. Efeknya adalah akan memantulkan cahaya yang sangat tinggi. Jika Anda membutuhkan efek tersebut maka pilih cat high gloss.

Selain high gloss, terdapat jenis tampilan lainnya yang tidak terlalu memantulkan cahaya bahkan tidak sama sekali. Urutannya adalah glossy (60%-84%), semi gloss (20%-59%), satin, eggshell (5-19%), matte (0%-4%).

  • Kejernihan warna

Walaupun bukan memberikan warna natural dan cat juga harus memberikan kejernihan yang sangat tinggi. Kejernihan ini akan memberikan ketajaman terhadap warna kayu yang ingin didapatkan.

Tampilan cat yang jernih hanya bisa didapatkan dari cat kayu water based. Anda tidak perlu khawatir dengan efek menguning atau mengembun seperti yang dihasilkan cat kayu solvent. Bahan dasar dan pelarut air membuatnya menjadi lebih transparan.

  • Ketahanan

Bagian ini sangat penting baik itu untuk furniture dalam ruangan atau luar ruangan. Berapa lama cat akan bertahan memberikan tampilan dan perlindungan terhadap furniture kayu? Tentu saja jawabannya adalah bertahun-tahun.

Anda perlu memilih cat yang setidaknya mampu bertahan lebih dari tiga tahun. Artinya cat akan lebih mudah untuk mengatasi kerusakan penampilan yang didapatkan dari hujan, panas dan perubahan suhu.

Anda bisa menggunakan cat kayu yang anti air, anti gores, tahan cuaca. Biasanya akan ditemukan dalam cat kayu untuk furniture outdoor.

  • Keamanan

Masalah keamanan sama sekali tidak boleh diremehkan. Bagi Anda yang ingin mendapatkan hasil finishing terbaik pastikan cat tersebut aman digunakan. Aman dalam artian untuk kesehatan dan juga lingkungan.

Para aplikator harus berjaga-jaga dengan kesehatan di masa mendatang mengingat cat mengandung banyak bahan kimia berbahaya. Jika Anda tidak ingin mengalami masalah tersebut , sebaiknya pilih cat dengan kandungan toxic rendah.

Baca Juga:  Jenis dan Cara Menggunakan Cat Lemari Kayu Warna Putih

Cirinya cat tidak menimbulkan bau menyengat ketika pertama kali dibuka hingga proses pengeringan berlangsung. Bau adalah bukti bahwa kandungan toxic di dalamnya cukup tinggi.

  • Jenis Furniture

Dimanakah Anda akan meletakan furniture? Apakah Anda akan meletakkannya di ruang tidur atau di dapur. Keduanya memiliki perbedaan jenis cat hingga tampilannya. Cat yang digunakan untuk furniture yang dekat dengan kelembaban seperti kamar mandi atau dapur membutuhkan cat kayu tahan air dengan tampilan gloss.

Artinya furniture akan lebih mudah dibersihkan dan tidak akan menampilkan kerusakan dengan sangat mudah. Anda juga bisa menggunakan tampilan cat matte untuk furniture yang digunakan dalam kamar karena lebih kering dan menampilkan efek yang lebih lembut.

Inilah bagaimana cara Anda bisa menemukan cat kayu yang bagus untuk furniture kayu yang akan di finishing warna solid. Kini saatnya Anda menentukan warna apa yang tepat. Pemilihan warna ini juga akan dipengaruhi untuk berbagai faktor.

Cara Memilih Warna Cat Kayu yang Tepat

Memilih warna adalah langkah selanjutnya ketika Anda sudah menemukan produk cat yang tepat untuk digunakan. Warna pada furniture akan sangat berpengaruh dengan gaya, sehingga pemilihannya juga tidak akan jauh dari faktor tersebut.

Ketika memilih warna ada pertanyaan yang bisa Anda pertanyakan ketika memilih warna. Langkah ini lebih mudah daripada harus mencoba warna satu per satu.

  • Inspirasi apakah yang membuat Anda memilih warna?

Anda bisa mencari banyak inspirasi sebelum memilih warna. Sangat sulit memilih warna tanpa adanya bayangan seperti apakah warna yang akan Anda pilih. Setidaknya Anda harus memiliki gambaran seperti apakah ruangan yang akan diciptakan.

5 Cara Memilih Cat Kayu yang Bagus untuk Finishing Warna Solid

Carilah berbagai macam inspirasi ini melalui berbagai media. Anda bisa melihatnya melalui majalah, rumah teman atau melalui internet. Berbagai sumber inspirasi bisa Anda dapatkan dan jangan lupa untuk menyimpan gambar dari inspirasi yang telah didapatkan.

  • Berapa ukuran furniture?
Baca Juga:  Cat Kayu Water Based Menggantikan Cat Solvent

Sama seperti fashion, warna yang berani sangat cocok untuk ukuran barang yang kecil. Semakin kecil furniture maka akan semakin cocok jika Anda memberikannya dengan warna berani seperti merah atau kuning.

Biasanya furniture yang membutuhkan warna tersebut adalah furniture anak. Furniture untuk anak-anak pastikan berukuran kecil dengan bentuk yang menarik. Jika Anda menggunakan furniture berukuran kecil maka ini lah saat yang tepat untuk menggunakan warna-warna berani.

  • Bagaimana desain furniture ?

Pertanyaan selanjutnya yang harus Anda jawab adalah apakah desain yang Anda pilih. Hal ini sangat berpengaruh dengan gaya atau desain ruangan. Pada intinya jangan gunakan warna yang sama dengan dinding. Jika Anda ingin mendapatkan efek harmoni pilih warna satu tingkat lebih tinggi dibandingkan dinding.

Perhatikan apakah gaya yang akan Anda terapkan adalah modern atau vintage. Jika Anda ingin menerapkan gaya vintage maka beberapa sisi kerusakan furniture kayu yang telah dicat warna solid perlu diterapkan.

  • Bagaimana dengan warna netral?

Jika Anda masih merasa kesulitan untuk memilih warna solid. Ada satu hal mudah yang paling bisa Anda lakukan yaitu kembali pada warna netral. Anda mungkin mengalami kesulitan untuk mendapatkan efek kontras atau harmoni.

Warna netral akan memenuhi itu semua, warna ini bisa cocok diaplikasikan untuk gaya apapun. Anda tidak perlu takut dengan warna yang tidak cocok dengan tema apapun yang diterapkan dalam ruangan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X