Contoh Warna Cat Kusen Kayu Yang Paling Banyak Diminati

Kusen kayu rumah adalah salah satu bagian rumah yang dipasang sedemikian rupa untuk melindungi rumah dari gangguan luar. Adanya kusen ini seringkali juga diamnafaatkan untuk memperindah rumah dari dalam maupun dari luar. Maka pemilihan warna yang dibutuhkan juga harus sesuai.

Jika Anda ingin mendapatkan warna kayu kusen maka cat yang dipilih harus sesuai dengan gaya rumah yang diciptakan. Warna cat kusen kayu yang kini banyak diminati adalah warna brown atau cokelat. Warna cokelat yang dimaksudkan memberikan warna natural pada kayu.

Warna natural lebih banyak diminati karena dapat digabungkan dengan berbagai macam gaya. Warna natural yang diberikan akan memperlihatkan serat kayu menjadi lebih terlihat. Misalnya saja Anda menggunakna kayu merbau sebagai kusen maka warna kemerahan dan serat lurus dari kayu merbau akan terlihat.

Jika Anda sedang berencana untuk melakukan finishing pada kusen kayu maka pilihlah warna natural yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai tipe wood stain sebagai cat kusen kayu yang beredar di pasaran. Beserta dengan warna yang diinginkan.

Tipe Wood Stain Untuk Kusen Yang Beredar Di Pasaran

Banyak cara mengecat kusen kayu di rumah. Namun sebelum melakukan langkah pewarnaan dengan warna yang diinginkan pelajari ada beberapa tipe dari wood stain yang bisa Anda gunakan. Jangan sampai Anda salah memilih wood stain karena ketahanan kusen rumah Anda harus diberikan lapisan film yang tepat.

Mencampurkan wood stain dengan bahan pelarut adalah sebuah keharusan untuk mendapatkan warna yang diinginkan. Untuk mendapatkan warna khusus Anda harus membeli wood stain dari tempat  khusus yang menyediakan warna tertentu. Adapula jenis wood stain bubuk yang harus Anda campur sendiri untuk mendapatkan warna yang sesuai.

Contoh Warna Cat Kusen Kayu Yang Paling Banyak Diminati
Aplikasi wood stain dengan kuas pada kayu.

Wood stain yang sudah siap digunakan lebih banyak digunakan dan telah banyak tersedia. Namun kebanyakan dari professional lebih memilih mencampur warna wood stain sendiri untuk mendapatkan warna yang diinginkan.

Jika melihat pembagian menurut pembuatan dan bahan pelarut yang digunakan ada tiga tipe wood stain yaitu sebagai berikut ini:

  • Water Based Stain

Wood stain water based mengalir dan memiliki peresapan yang sangat baik. Kabanyakan dari bahan ini tidak terlalu cepat kering dan sangat mudah untuk mendapatkan warnanya. Anda juga bisa mengatur ketajaman warna dengan pencampuran dengan air. Jika Anda mendapatkan warna yang terlalu gelap, penghapusan menggunakan kain juga disarankan.

Ketika wood stain water based telah kering Anda bisa mengaplikasikan berbagai macam jenis cat lain di atasnya.

  • Alcohol based stain

Wood stain yang menggunakan bahan pelarut alcohol tidak terlalu popular diantara pemain finishing pemula. Hal ini disebabkan untuk mencampur meyhylated alcohol  bahan ini terlalu cepat kering. Dan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dibutuhkan kemampuan tinggi agar tidak terjadi kerusakan ketika cat telah mengering.

Untuk alasan tersebut wood stain dengan pelarut alcohol diaplikasikan dengan spray system. Tipe ini tidak akan merusak serat kayu. Sayangnya jika Anda menggunakan tipe ini dan belum berpengalaman efek bleeding setelah aplikasi sering muncul.

  • Oil based stain

Penguapan oil based stain sangat cepat namun untuk proses penguapan dibutuhkan panas matahari jika Anda ingin mendapatkan hasil yang memuaskan. Jika tidak ada panas oil based stain cenderung akan memutih atau mengembun hasilnya sehingga tidak ada hasil warna natural transparan.

Wood stain ini terbuat dari mineral spirit dan oil based solvent. Oil based stain akan menyatu dengan solvent content dari pernis polyurethane dan  wax polish. Setelah aplikasi Anda bisa mengunci dengan aplikasi shellac sanding sealer sebelum aplikasi pernis dan dua lapisan dari wax. Oil stain hanya tersedia dalam bentuk yang telah tercampur.

5 Warna Untuk Kusen Dari Biovarnish

Melihat dari banyaknya tipe cat kayu kusen maka manakah yang akan Anda pilih? Tentu dari ketiga tipe di atas ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika Anda ingin memilih tipe cat maka disarankan untuk menggunakan jenis bahan finishing water based.

Wood stain water based akan memberikan kelebihan dari segi warna dan juga kualitas. Sebelum membahas kualitas sebaiknya Anda memilih satu produk wood stain water based yang direkomendasikan yaitu Biovarnish. Produk Biovarnish akan memberikan Anda banyak kemudahan yaitu proses, hasil dan juga harga.

Ketiga unsur salah satunya adalah contoh warna yang bisa Anda pilih tersedia dalam 20 varian yang berbeda. Dari ked 20 varian warna ada 5 warna unggulan yang bisa Anda pilih yaitu sebagai berikut ini:

  • Salak Brown

Mendekati warna salak yaitu coklat kehitaman. Anda bisa menggunakan warna ini untuk gaya apapun terutama pada jenis kayu seperti kayu merbau, kayu jati, kayu oak, dll.

Menghasilkan kayu dengan warna walnut brown yang cenderung cokelat kemerahan gelap. Warna walnut ini banyak digunakan karena sangat sesuai dengan berbagai macam jenis kayu.

  • Warna Yellow Oxide

Warna kekuningan ini juga banyak dipilih jika ingin mendapatkan kesan bersih. Warna kekuningan yang cerah ini sangat cocok digunakan pada jenis kayu warna cerah seperti pinus namun cocok juga digunakan pada kayu jati.

  • Warna Candy Brown

Warna candy brown khas dengan kesan hangat dalam ruangan. Warna ini banyak digunakan pada kusen kayu jati.

  • Warna Light Brown

Anda ingin warna cokelat yang cenderung terang maka gunaknalah warna light brown dari Biovarnish. Kusen kayu jati akan memperlihatkan serat kayu secara mengkilap baik.

Bagi Anda yang masih bingung memilih warna, jangan khawatir karena masih ada 15 warna natural lainnya dari Biovarnish yang bisa Anda pilih di sini. Jika Anda ingin mendapatkan pilihan warna secara lengkap langsung saja untuk menghubungi costumer service di situs ini.

Sebagai wood stain water based, Biovarnish menawarkan kelebihan yang tidak dimiliki oleh produk lainnya. Ketika proses aplikasi Anda tidak perlu lama menunggu karena hanya di dalam ruangan saja cat akan mengering dengan sangat cepat. Jika Anda akan mengaplikasikan pada musim hujan bukan sebuah masalah karena Anda bisa mengaplikasikannya kapan saja dan dimana saja.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X