Memilih Finishing Kursi Kayu Panjang untuk Teras

Memilih Finishing Kursi Kayu Panjang untuk Teras

Ingin menata teras rumah dengan baik? Anda perlu memanfaatkan kursi kayu panjang yang bisa digunakan orang dalam jumlah banyak. Jika Anda sering melakukan aktivitas menyambut tamu di teras maka kursi kayu panjang akan menjadi solusi terbaik yang bisa Anda pilih. Ada banyak jenis kayu yang dapat bertahan lama untuk digunakan.

Inti keawetan dari kursi panjang untuk teras adalah pemilihan bahan kayu dan juga bahan finishing yang digunakan. Jika Anda sudah memilih bahan kayu yang baik dan memiliki ketahanan lama maka bahan finishing akan berfungsi memberikan penampilan serta memberikan lapisan perlindungan luar agar penampilan dari kursi kayu panjang di rumah Anda terjamin.

Banyak jenis kayu dan bahan finishing yang bisa Anda pilih. Pemilihan menjadi salah satu kunci utama apakah Anda bisa mempertahankan furnitur teras menjadi lebih lama. Fungsi yang perlu Anda pahami di awal adalah bahan finishing harus dapat memberikan perlindungan terbaik dari perubahan cuaca khususnya panas dan dingin.

Pertama mari cermati jenis kayu yang bagus digunakan. Kursi kayu panjang yang mampu menampung banyak orang duduk adalah kursi dari kayu solid. Kayu solid dengan ketebalan yang tepat akan mampu menampung banyak orang duduk di atasnya. Berbeda dengan kayu buatan seperti plywood. Jenis plywood tidak cocok digunakan sebagai kursi kayu panjang karena ketahanan dan kekuatannya yang rendang mudah melengkung. Plywood hanya cocok digunakan untuk kursi satu dudukan.

Di Indonesai ada beberapa jenis kayu yang bisa Anda pilih sebagai bahan baku kursi kayu panjang yakni sebagai berikut ini:

  1. Kayu jati
Memilih Finishing Kursi Kayu Panjang untuk Teras
kayu jati bentuk log

Tidak ada yang bisa menandingi keindahan dan kekuatan dari kayu jati. Kekuatan dari kayu jati termasuk kayu kelas I dan II. Jika Anda menggunakannya maka ketahanan yang lama akan Anda dapatka. Kayu jati memiliki kandungan resin khusus yang tidak disukai oleh rayap apalagi jamur. Anda tidak perlu khawatir kursi kayu panjang akan rusak karena serangkan hama. Jika Anda ingin menggunakan kayu jati pastikan Anda memilih kayu yang tua seperti kayu jati jepara dan siapkan budget karena harganya yang mahal.

  1. Kayu sonokeling
Baca Juga:  Cat Sangkar Burung Yang Bagus Untuk Warna Solid
Memilih Finishing Kursi Kayu Panjang untuk Teras
meja kursi kayu sonikeling

Kayui sonokeling adalah kayu yang memiliki warna kehitaman dengan serat kayu yang berwarna terang sehingga sangat terlihat jelas. Warna kayu gubal kayu sonokeling dan terasnya sangat berbeda sehingga Anda bisa melihat perbedaannya. Dilihar dari kelas kuat kayu sonokeling termasuk kayu kelas kuat I dan II. Anda bisa menggunakannya sebagai kursi kayu panjang atau perabotan lain yang membutuhkan kekuatan tinggi. Sama seperti kayu jati kayu sonokeling memiliki harga yang cukup tinggi karena cukup jarang ditemukan.

  1. Kayu kelapa

Jangan sepelekan kayu kelapa, walaupun banyak tumbuh di tanah atau pasir yabng mengandung banyak air, kayu kelapa memiliki kekuatan yang tidak kalah dengan kayu jati. Bahkan kayu kelapa banyak menggantikan fungsi kayu jati sebagai konstruksi pembangunan rumah. Jika Anda ingin menggunakan kayu kelapa sebagai kursi kayu panjang, finishing natural yang menampilkan serat kayu kelapa terpadu dan jelas akan lebih menarik.

  1. Kayu mahoni
Memilih Finishing Kursi Kayu Panjang untuk Teras
timber kayu mahoni

Kayu yang memiliki warna kemerahan ini sangat cocok digunakan sebagai kursi kayu panjang. Walaupun tidak memiliki ketahanan yang sama seperti kayu sonokeling atau kayu kelapa namun kekuatan untuk menampung banyak orang yang duduk di atasnya cukup kuat. Bagi Anda yang menyukai kayu dengan warna kemerahan kayu mahoni sangat cocok untuk digunakan.

Keempat jenis kayu di atas adalah kayu teratas yang bisa Anda gunakan untuk pembuatan kursi panjang. Tips memilih jenis kayu lain dengan harga murah untuk kursi panjang adalah jangan gunakan bahan kayu solid yang lunak seperti kayu pinus atau kayu jati belanda. Jenis kayu tersebut murah rusak karena tingkat pori yang terlalu lebar dan lebih halus.

Bahan Finishing yang Direkomendasikan dan Cara Aplikasinya

Kini saatnya Anda memilih bahan finishing yang cocok untuk kursi kayu panjang yang akan diletakan di teras. Bahan cat yang direkomendasikan untuk digunakan adalah produk BioColours yang dipadukan dengan produk Biothane. Kedua produk ini akan memberikan warna natural kayu sekaligus perlindungan tinggi dari perubahan cuaca yang akan langsung mengenai teras rumah Anda.

Baca Juga:  Tips dan Trik Mengecat Furniture Kayu Jati Belanda Mudah

Produk BioColours adalah cat water based yang memberikan ketajaman pada warna kayu sekaligus dengan transparansi yang tinggi. Sedangkan produk Biothane adalah cat polyurethane yang memberikan perlindungan kuat bahkan bisa digunakan pada dek kolem renang. Kekuatan ini juga akan melindungi kursi Anda dari goresan yang tidak diinginkan.

Proses aplikasi kedua produk tersebut harus dilakukan secara berurutan namun sangat mudah. Kemudahan aplikasi dirancang untuk tingkat pabrik dan tingkat finishing untuk para DIY. Anda hanya perlu mengaplikasikannya dengan alat semprot dengan nozle ukuran 1. Bahan pelarut yang digunakan hanya air sehingga juga akan menghemat budget Anda untuk finishing.

Memilih Finishing Kursi Kayu Panjang untuk TerasProses aplikasi yang benar bisa diikuti melalui langkah-langkah berikut ini.

  1. Amplas seluruh permukaan kursi kayu panjang, jika Anda memiliki hand sander gunakan untuk mempersingkat waktu. Selanjutnya adalah proses penghilangan debu amplas. Gunakan kain lap yang sudah dibasahi untuk membersihkan kemudian gunakan kain lap kering. Pastikan kursi kayu benar-benar bebas debu sebelum aplikasi.
  2. Lapisan awal adalah BioColours wood filler dengan warna yang Anda inginkan. Fungsinya adalah untuk menutup pori kayu, campurkan wood filler dengan sedikit air kemudian gunakan kain lap dan usapkan memutar sambil ditekan dan ratakan. Tunggu filler mengering dan lanjutkan dengan pengamplasan amplas 240. Amplas sampai serat kayu kursi terlihat.
  3. Lapisan dasar selanjutnya adalah BioColours sanding sealer yang berwarna transparan. Campurkan sanding sealer dengan air dan aduk rata. Gunakan alat semprot dan semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga rata. Tunggu mengering selama 60 menit dan gunakan amplas 400 untuk mengamplas secara ambang.
  4. Lapisan warna menggunakan BioColours wood stain, pilih warna yang Anda inginkan kemudian campurkan wood stain dengan air dan aduk rata. Gunakan alat semprot dan aplikasikan secara merata hingga rata. Tunggu lapisan kering selama 60 menit dan amplas kembali dengan amplas 400. Jika warna yang didapat pada kursi belum sempurna Anda bisa mengaplikasikan cat kembali hingga warna yang diinginkan sesuai. Aplikasi pengulangan bisa dilakukan dua atau tiga kali.
  5. Lapisan akhir menggunakan Biothane, campurkan produk dengan air dan aduk rata. Warnanya adalah transparan dan Anda akan mendapatkan hasil gloss. Semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga merata dan tunggu kering. Proses pengeringan membutuhkan waktu selama 24 jam dan simpan kursi kayu panjang dalam ruangan yang bebas debu dan memiliki ventilasi udara yang baik.
Baca Juga:  Tips Pengaplikasian Cat Aman untuk Sangkar Burung

Kunci keberhasilan Anda melakukan finishing menggunakan kedua produk ini adalah proses aplikasi per lapis harus tipis, semakin tipis dan semakin banyak lapisan yang Anda gunakan maka lapisan film yang terbentuk kuat namun lentur. Namun ingat apabila Anda mengaplikasikan wood stain dalam lapisan yang banyak maka warna kayu akan menjadi lebih gelap.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X