permukaan-meja-kayu-yang-sudah-difinishing

Cara Bikin Furniture Tahan Lama dan Tetap Mengkilap

Furniture kayu yang sudah dilapisi dengan lapisan pernis lama kelamaan mudah pudar. Apakah Anda mengalami masalah ini pada furniture di rumah? Coba untuk kembali mengingat setelah melakukan finishing apakah Anda melakukan perawatan lainnya? Jangan pernah lupa untuk merawat furniture sekalipun telah dilapisi dengan pernis.

Banyak orang yang menganggap bahwa perawatan furniture kayu selesai setelah pernis diaplikasikan. Hal ini tidak sepenuhnya salah karena jika Anda ingin furniture lebih bertahan lama lagi perawatan harus terus menerus dilakukan. Biasanya pernis akan bertahan sekitar 3 tahunan, namun dengan perawatan Anda bisa memperpanjang umurnya hingga 5 tahun. 

Terlebih lagi jika furniture diletakan di luar ruangan. Serangan sinar UV langsung ke permukaan kayu dan perubahan cuaca adalah pemicu utama rusaknya lapisan coating. Lama kelamaan coating tentu saja pasti akan rusak. 

Sebelum Anda memulai proses refinishing yang biasanya dilakukan tiga tahunan, tentukan dulu produk apa yang hendak digunakan. Memilih produk pernis kayu dan perawatan apa yang digunakan akan membuat furniture tahan untuk lima tahun ke depan. 

Mengenal Jenis Pernis Kayu yang Beredar di Pasaran

Pertama adalah pilihlah jenis pernis kayu yang kuat. Ada dua jenis pernis yang beredar di pasaran sesuai dengan bahan yang digunakan. Pertama adalah pernis kayu solvent dan kedua pernis kayu water based. Pernis solvent seperti yang banyak dikenal yaitu menggunakan thinner sebagai bahan pelarutnya. 

Solvent merupakan bahan yang mengandung logam berat sangat tinggi jadi kurang baik untuk kesehatan lingkungan. Jika dilihat dari ketahanannya, warna pernis ini lebih cepat menguning karena paparan sinar UV. Walaupun perlindungannya terhadap hujan cukup baik. 

Sebaiknya Anda memilih pernis kayu dengan bahan dasar air. Keuntungannya adalah bahan air tidak mengandung banyak logam berat. Jadi Anda tidak perlu khawatir soal keamanan lingkungan. Pernis water based juga akan membentuk lapisan coating yang kuat. 

Coating tidak mudah berubah warna dan tetap transparan. Perlindungan yang diberikan kuat terhadap panas, hujan serta perubahannya. Tidak ada aroma menusuk hidung yang mengganggu proses aplikasi. Syaratnya adalah Anda bisa mengaplikasikan cat tipis hingga dua atau tiga lapisan. 

Produk yang Membentuk Lapisan Coating Kuat pada Furniture

produk-pernis-kayu-water-based

Pernis kayu water based akan membentuk lapisan coating yang kuat. Kini pertanyaannya adalah produk mana yang sebaiknya Anda beli? Jika menanyakan soal produk maka Anda harus lebih selektif lagi melihat kemampuan apakah yang diberikan dari produk tersebut. Anda bisa membaca dalam kemasan apa saja proteksi yang diberikan. 

Berikut ini beberapa spek yang dibutuhkan sebuah pernis berkualitas. 

  1. Tahan terhadap panas khususnya sinar UV
  2. Tahan terhadap air (water resistance)
  3. Tahan terhadap perubahan cuaca (weather resistance)
  4. Tahan terhadap goresan
  5. Daya tutup dan sebar yang luas
  6. Transparansi yang bagus
  7. Proses kering yang cepat

Tujuh kegunaan dari pernis tersebut harus tergabung dalam sebuah produk cat berbahan dasar air. Melalui spek ini Anda bisa lebih selektif dalam memilih pernis. Anda kini tidak perlu jauh-jauh membeli produk di luar negeri yang mahal karena Biovarnish telah hadir. Produk ini memenuhi semua kebutuhan perlindungan furniture dengan lapisan coating yang kuat. 

Selain memenuhi ketujuh keuntungan di atas, produk Biovarnish juga memiliki sapuan kuas yang halus. Anda hanya perlu menggunakan kuas berbulu nilon dan menyapukannya dengan ringan ke atas permukaan kayu. Hasilnya finishing akan tampak seperti profesional. 

Produk yang Membuat Tampilan Mengkilap Tahan Lama

produk-poles-kayu-aman

Selain produk pernis, selanjutnya adalah membeli bahan yang akan membuat furniture lebih tahan lama. Dalam hal ini artinya adalah memilih bahan poles kayu yang tepat. Mengapa furniture yang sudah di pernis harus dipoles?

Pemolesan pada furniture akan membuat tampilan lebih tahan lama yaitu mengkilap. Kedua perlindungan dari pernis akan selalu bertambah. Ketiga pernis akan menjadi lebih tahan gores karena adanya lapisan tambahan. 

Anda harus menggunakan produk poles kayu secara rutin karena mudahnya bahan ini untuk terkikis karena penggunaan. Jenis produk yang disarankan untuk digunakan adalah Biopolish Beeswax. Produk poles yang terbuat dari lilin lebah ini 100% aman karena tidak ada bahan campuran lain yang digunakan. 

Tak hanya aman, Biopolish Beeswax akan memberikan tampilan indah kayu yang transparan. Bahan ini tidak akan mempengaruhi warna yang telah dihasilkan oleh pernis. Kandungan anti jamurnya akan mencegah berbagai mikroorganisme yang biasanya tumbuh pada kayu. 

Cara Menggunakan Clear Coat agar Coating Kuat

empat-tahapan-finishing-close-pore

Satu-satunya cara untuk membuat furniture kayu memiliki coating kuat adalah finishing close pore. Artinya pori kayu akan ditutup sehingga tidak lagi memiliki fungsi untuk menyerap kelembaban. Setidaknya pori kayu tidak akan menyebabkan kayu menjadi lapuk dan ditumbuhi jamur. Untuk menerapkan finishing close pore ini Anda perlu mengaplikasikan produk Biovarnish secara lengkap. 

Empat produk yang harus Anda gunakan adalah Biovarnish wood filler, liquid stain, sanding sealer dan juga clear coat. Alat-alat yang dibutuhkan adalah wadah untuk melarutkan masing-masing cat, kuas dengan bulu nilon, pengaduk, amplas alumunium oxide nomor 220, 240 and  400. Siapkan juga pisau scrape dan kain bal. 

Menutup Pori Kayu dengan Wood Filler

Langkah dasar yang penting adalah menutup semua pori dengan Biovarnish wood filler. Anda harus mengamplas terlebih dahulu dengan amplas 220. Pastikan tidak ada debu, kotoran dan minyak setelah pengamplasan. Baru aplikasikan Biovarnish wood filler secara merata dengan pisau scrape. 

Tunggu lapisan filler mengering selama 20 menit tanpa dijemur. Lanjutkan dengan proses pengamplasan sambil ditekan. Bisa menggunakan mesin atau manual yang penting warna dan serat kayu terlihat. Gunakan amplas nomor 24, kemudian bersihkan debu amplas. 

Memberikan Warna Natural pada Kayu

Selanjutnya adalah memberikan warna menarik dari Biovarnish liquid stain yang tersedia dalam 20 pilihan warna. Campurkan liquid stain dengan air di wadah terpisah. Dapatkan viskositas 11-12 detik NK 2. Kuaskan cat ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Diamkan mengering selama 60 menit. 

Lanjutkan dengan pengamplasan ambang dengan amplas nomor 400. Bersihkan debu amplas, ulangi aplikasi liquid stain hingga warna merata.

Memperkuat Lapisan Pernis 

Sebelum aplikasi clear coat Anda perlu mengaplikasikan sanding sealer yang akan memperkuat lapisan coating dan menjaga warna di bawahnya. Biovarnish sanding sealer cukup dicampurkan dengan air. Aduk merata kemudian kuaskan searah serat kayu. 

Diamkan lapisan ini mengering kemudian amplas secara ambang. Gunakan kertas amplas nomor 400. Lapisan ini cukup satu kali saja, jadi pastikan merata ke seluruh permukaan furniture. 

Memberikan Lapisan Coating Akhir

Proses ini juga sangat mudah, cukup campurkan Biovarnish clear coat dengan air di wadah terpisah. Lanjutkan dengan penguasan ke seluruh permukaan kayu dengan kuas searah dengan serat kayu. Terakhir diamkan cat mengering selama semalaman. 

Perawatan Furniture agar Tetap Mengkilap

Jika furniture sudah kering setidaknya seminggu kemudian, Anda perlu melapisinya dengan Biopolish Beeswax. Bahan ini cukup dioleskan merata dengan kain katun yang kering dan bersih. Sebelumnya pastikan furniture bersih dan bebas dari debu bahkan yang sangat halus. 

Aplikasikan sedikit saja di permukaan kayu kemudian gosok hingga permukaannya mengkilap dan tidak lagi lengket. Anda bisa mengulangi aplikasi ini setiap tiga minggu sekali atau satu bulan sekali. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X