finishing red tiger jati belanda

Kombinasi Warna Cat Kayu untuk Finishing Red Tiger Jati Belanda

Anda sering menggunakan kayu jati belanda untuk finishing? Artinya Anda sudah mencoba banyak cara untuk mengedepankan penampilan pada kayu jati belanda. Sangat mudah memang untuk melakukan pengecatan pada material kayu yang memiliki warna putih dan serat kayu menarik. Bahkan jika Anda berhasil warna dan serat kayu dari jati belanda tidak kalah dari kayu jati tua atau jati kampung.

Ada banyak pilihan finishing jika Anda ingin memperlihatkan serat kayu salah satu yang saat ini sedang banyak dipilih adalah finishing red tiger. Apa itu finishing red tiger dan bagaimana Anda bisa melakukannya? Dalam artikel ini Anda akan mendapatkan cara, bahan dan tips untuk menghasilkan finishing red tiger yang berhasil.

Baca Juga : warna walnut brown yang ciamik untuk cat kayu jati

Apa Itu Finishing Red Tiger

Bai Anda para DIY ada kabar gembira karena finishing red tiger dapat Anda produksi dengan lebih mudah dan lebih cepat. Apa itu finishing red tiger? Finishing ini adalah finishing yang memperlihatkan serat kayu menjadi lebih tajam namun terdapat warna kemerahan pada bagian atas dan serat kayu jati belanda akan tetap terlihat.

Baca Juga : Rekomendasi Cat yang Cocok untuk Finishing Meja Cafe

Efek yang diberikan dari transparansi serat kayu yang tajam menyerupai seperti motif loreng harimau. Motif yang sangat unik dan sangat sulit didapatkan. Kabanyakan jenis finishing yang dilakukan pada kayu jati belanda selama ini hanyalah dengan menggunakan pernis atau plitur.

Penggunaan pernis dan juga plitur memang sangat tepat untuk memberikan perlindungan dan juga warna namun sayangnya untuk kayu jati belanda maka serat kayu akan terlihat sangat biasa saja dan kurang menantang.

Baca Juga : Tampilan Shabby Chic pada Meja kayu dengan Chalk Paint

Jika Anda suka dengan finishing dengan tampilan menantang warna yang dihasilkan dari red tiger ini akan sangat menyala. Warna merah transparan akan memberikan kesan terbakar dan juga menyala. Sedangkan warna serat kayu terlihat sangat gelap kehitaman dan tetap kontras dengan warna merah yang dihasilkan.

finishing red tiger jati belandaAnda dapat mengaplikasikan jenis finishing ini pada berbagai macam furnitur atau kerajinan. Jika Anda ingin menggunakan finishing ini pada sofa maka Anda tidak perlu lagi mencari bantalan atau cushion pada sofa denagn banyak motif. Anda cukup menggunakan warna bantalan polos karena motif sudah Anda dapatkan dari kayu sofa itu sendiri.

Sedangkan jika Anda ingin mendapatkan penampilan yang menyala pada red tiger di kayu maka gunakan finishing ini pada dinding. Baik itu Anda menggunakannya pada seluruh dinding rumah luar dalam atau hanya pada sebagian dinding bahkan hanya pada salah satu sisi saja. Tampilan motif harimau yang kemerahan akan memberikan aksen sehingga Anda akan memiliki dekorasi yang hemat.

Bahan dan Alat untuk Finishing Red Tiger

Mewujudkan hasil finishing red tiger membutuhkan persiapan mulai dari persiapan bahan, persiapan alat dan juga persiapan material yang akan difinishing. Pertama untuk bahan yang perlu Anda persiapkan adalah cat. Anda akan menggunakan cat yang aman dan ramah lingkungan yaitu cat water based Biovarnish.

Produk Biovarnish adalah produk cat yang memiliki kombinasi warna tepat untuk menghasilkan tampilan red tiger. Warna red tiger dihasilkan dari perpaduan Biovarnish wood stain papua rose dan Biovarnish wood stain red gl. Kedua warna ini akan mempertajam dan memberikan efek kemerahan.

Warna papua rose yang diaplikasikan pertama kali berfungsi untuk memberikan warna tajam pada kayu. Setelah itu lapisan di atasnya adalah warna wood stain red gl yang akan memberikan efek warna kemerahan namun tetap transparan sehingga serat kayu yang tajam akan terlihat.

finishing red tiger jati belandaBahan terakhir untuk lapisan film pelindung adalah Biovarnish Clear Coat Matte. Bahan ini adalah bahan cat yang bisa Anda aplikasikan menggunakan kuas dan akan memberikan perlindungan dari panas dan juga hujan.

Proses aplikasi bahan hanya menggunakan kuas. Aplikasi kuas dirancan untuk tidak menginggalkan brush mark. Tips untuk aplikasi adalah celupkan kuas hanya bagian ujung saja jangan sampai tengah kuas. Lalu aplikasikan tipis-tipis saja. Cara ini akan menghindarkan aplikasi yang berlebihan dan menimbulkan brush mark atau bahkan bleeding.

Anda bisa menggunakan kuas sponge yang menghasilkan finishing lebih halus dan juga rata karena penyerapan pada busa kuas. Siapkan juga alat seperti amplas  aluminium oxide 400  dan kain katun kering.

Persiapan Kayu Jati Belanda Sebelum Finishing

Selanjutnya persiapan yang perlu dilakukan adalah untuk material kayu. Apa yang perlu dipersiapkan dari material kayu jati belanda adalah tingkat kering kayu. Apabila Anda mendapatkan kayu bekas pastikan Anda menghilangkan lapisan kotoran dengan amplas. Jika terdapat paku hilangkan dan bekas lem.

Tingkat kering kayu akan sangat mempengaruhi jamur yang tumbuh walaupun Anda telah melapisinya dengan cat. Maka Anda perlu menjemur dan memastikan bahwa MC kayu sudah standar biasanya 15 hingga 12. MC kayu akan memastikan bahwa Anda sudah mendapatkan material yang siap finishing.

Untuk permulaan Anda juga tetap perlu mengamplas dan membersihkan material kayu. Tips yang perlu Anda lakukan selama aplikasi adalah jangan menjemur kayu setelah diaplikasikan cat. Cat water based adalah bahan yang mudah kering maka Anda cukup mendiamkannya saja dalam ruangan dengan ventilasi udara yang baik.

Langkah-Langkah Finishing Red Tiger

Kini Anda sudah memiliki bahan, alat dan juga material yang siap untuk difinishing. Maka lakukan langkah-langkah berikut ini untuk finishing red tiger pada kayu jati belanda:

  1. Aplikasikan Biovarnish wood stain papua rose. Campurkan papua rose dengan air pada gelas aqua dan campurkan dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk hingga rata. Kuaskan ke seluruh permukaan kayu higga rata dengan kuas sponge. Pastikan Anda mengaplikasikan searah serat kayu. Lap lapisan cat menggunakan kain kering berlawanan arah serat untuk meratakan wood stain. Tunggu kering dan amplas ambang dengan amplas 400.finishing red tiger jati belanda
  2. Aplikasikan Biovarnish wood stain red gl. Campurkan red gl dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air dalam gelas plastik baru dan aduk hingga rata. Setelah itu aplikasikan dengan kuas sponge ke seluruh permukaan kayu hingga rata. Tunggu lapisan wood stain mengering dan Anda bisa melanjutkan menghaluskan dengan amplas 400. Pastikan Anda mengamplas secara ambang agar lapisan cat tidak hilang sehingga Anda perlu mengaplikasikan kembali.
  3. Terakhir adalah aplikasik Biovarnish clear coat matte. Campurkan dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk hingga rata. Aplikasikan tipis-tipis dengan kuas sponge yang bersih. Aplikasikan searah serat kayu merata dan tunggu kering selama 24 jam. Pastikan Anda mendiamkan pada ruangan yang bersih dan kering. Jika ruangan lembab maka akan memperlamabat proses pengeringan.

Tiga langkah mudah di atas akan menghasilkan finishing kayu jati belanda dengan tampilan red tiger. Anda tentu dapat menggunakan setelah 24 jam namun jika Anda akan melakukan pengemasan sebaiknya tunggu 7X2 jam agar lapisan cat mengering sempurna.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X