Warna Cat Kayu Solid untuk Furnitur Anak

Warna Cat Kayu Solid untuk Furnitur Anak

Para penggemar DIY, menciptakan furnitur untuk anak sendiri adalah salah satu langkah hemat dan juga langkah yang tepat karena Anda menciptakan furnitur berdasarkan dengan kesukaan anak Anda. Akan lebih mudah jika Anda mengetahui bentuk yang disukai misalnya binatang hingga warna yang mereka sukai.

Jika Anda sudah mengetahuinya maka Anda akan mengetahui furnitur apakah yang mereka butuhkan, bentuk seperti apa yang akan Anda buat dan terkahir warna furnitur apa yang akan dipilih. Tentu saja warna solid atau pilihan warna terang adalah favorit anak-anak. Apalagi mereka sedang dalam tahap belajar tentang warna.

Dalam proses pembuatan Anda juga bisa melibatkan mereka sehingga mendapatkan pengetahuan yang menyenangkan tentang pembuatan furnitur yang akan mereka gunakan. Tentu saja tahapan yang bisa mereka ikuti dengan aman adalah tahapan finishing. Anda bisa menggunakan cat kayu yang aman untuk digunakan.

Sedangkan untuk furnitur sendiri, bentuk menjadi prioritas yang harus Anda rancang di awal. Jangan sampai Anda menggunakan furnitur yang berbahaya. Misalnya saja Anda menciptakan furnitur yang memiliki beban berat, resiko kecelakaan akan sangat tinggi ketika anak Anda sedang berada di sekitar furnitur.

Warna Cat Kayu Solid untuk Furnitur AnakMaka Anda perlu mengetahui apa saja ciri dari furnitur anak yang aman untuk digunakan:

  1. Jangan gunakan bentuk yang runcing. Kursi biasanya memiliki bentuk yang runcing memudahkan anak-anak terluka ketika menggunakannya. Sebaiknya gunakan siku yang melengkung dan bukan runcing sehingga mengurangi benda tajam di area belajar mereka atau ruang tidur.
  2. Jangan ciptakan furnitur yang terlalu tinggi. Mungkin Anda akan membuat kabinet untuk balita di kamar namun pastikan furnitur di kamar tersebut tidak terlalu tinggi dan Anda tidak meletakan banyak benda di atasnya. Kabinet yang terlalu tinggi rentan jatuh dan menimpa anak Anda. Sama halnya dengan furnitur banyak laci, Anda mungkin akan lupa untuk menutup laci dan anak Anda akan memanjat melalui laci. Jadi Anda bisa menciptakan lemari atau kabinet yang berpintu.
  3. Gunakan jenis kayu yang ringan, kayu yang ringan untuk kursi akan memudahkan anak Anda untuk memindahkannya. Namun kayu ringan mudah rusak, jadi sebaiknya Anda pastikan jika telah menciptakan bentuk yang kokoh,
  4. Pilih jenic cat kayu yang aman untuk finishing furnitur. Cat yang memiliki kandungan timbal tinggi atau logam berat lain yang tinggi akan berbahaya untuk kesehatan anak Anda.
Baca Juga:  Begini Cara Aplikasi Bahan Pengkilap Furniture yang Cepat

Jenis Cat yang Cocok untuk Furnitur Anak

Telah diulas sedikit di atas bahwa jenis cat akan sangat mempengaruhi kesehatan anak Anda yang menggunakannya. Jika Anda akan melakukan finishing sendiri maka akan lebih mudah untuk mendapatkan furnitur yang aman dan juga sehat. Anda tentu tidak akan memberikan jenis lapisan berbahaya pada furnitur buah hati Anda.

Kini sangat mudah untuk mendapatkan jenis cat yang cocok untuk furnitur anak Anda mulai dari pilihan warna natural hingga warna solid Anda bisa mendapatkan jenis cat yang cocok dan juga aman. Ada alasan mengapa Anda harus menggunakan cat aman ini yaitu polusi udara di dalam ruangan.

Jika selama ini Anda menggunakan cat kayu solvent untuk segala macam furnitur maka Anda tidak sadar telah menghirup aroma logam berat yang becampur dalam ruangan. Anda mungkin sering mendengar istilah bau furnitur baru. Istilah tersebut mengacu pada aroma yang dikeluarkan oleh lapisan cat yang bau.

Padahal aroma tersebut mengandung logam berat. Ketika lapisan cat mengering maka bahan pelarut solvent yang digunakan yaitu thinner akan menguap. Proses penguapan ini akan memakan waktu yang sangat lama sehingga akan menimbulkan polusi udara.

Warna Cat Kayu Solid untuk Furnitur AnakHal tersebut harus Anda waspadai ketika Anda akan melakukan finsihing pada furnitur khususnya pada furnitur anak Anda. Nah oleh karena itu alternatif yang dapat Anda gunakan adalah jenis bahan finishing seperti cat kayu water based. Bahan ini sangat mudah untuk digunakan dan tidak menimbulkan bau yang menyengat di hidung.

Bahan cat water based adalah cat yang sangat aman digunakan pada furnitur anak selain itu pilihan warna solidnya sangat beragam dan Anda bisa aman karena cat dapat memberikan ketahanan warna yang sangat lama bahkan tahan goresan.

Baca Juga:  Bagaimana Finishing Furniture Kayu Bergaya Victorian?

Sekali Anda menggunakan cat water based maka Anda akan aman dan juga nyaman untuk menggunakannya berulangkali.

Cara Aplikasi Cat Aman untuk Furnitur Anak

Anda sudah mendapatkan bentuk dan juga mendapatkan bentuk dari furnitur yang aman dan juga mendapatkan jenis cat yang aman. Kini Anda hanya perlu melakukan aplikasi finishing sesuai dengan warna solid yang disukai oleh anak Anda.

Merk cat yang direkomendasikan untuk furnitur anak tidak lain adalah cat kayu water based BioColours. Ada 24 pilihan warna yang terdapat di cat kayu BioColours Bioduco. Untuk medapatkan hasil yang maksimal maka Anda bisa mengaplikasikan 4 produk secara bertahap dan tipis-tipis namun Anda perlu mengaplikasikan beberapa kali.

Warna Cat Kayu Solid untuk Furnitur AnakTenang saja Anda tidak akan membutuhkan waktu yang lama karena proses pengeringan cat akan cepat tanpa bantuan panas matahari. Langsung saja berikut ini langkah-langkah aplikasinya:

  1. Pastikan permukaan kayu sudah bersih dan juga kering. Amplas permukaan hingga halus dan hilangkan debu kayu dengan vakum atau dengan kain yang bersih. Pastikan juga tingkat kering kayu sudah standar.
  2. Aplikasikan BioColours wood putty yang telah dicampur dengan sedikit air. Aplikasikan menggunakan pisau palet untuk mengisi pori kayu sekaligus menutup warna dan serat kayu. Lakukan secara merata dan tunggu lapisan mengering sekitar 20 menit tanpa dijemur. Amplas dengan amplas 240 sambil ditekan dan Anda akan mendapatkan hasil warna yang tertutup. Anda bisa mengaplikasikan hingga dua kali untuk mendapatkan warna yang menutup warna kayu.
  3. Lapisan selanjutnya adalah BioColours Primer Coat. Lapisan ini juga akan menutup warna kayu. Aplikasikan dengan dicampur air terlebih dahulu setelah itu semprotkan secara merata ke seluruh permukaan kayu hingga mendapatkan warna yang diinginkan. Tunggu lapisan mengering dan amplas ambang dengan amplas 400. Anda bisa mengaplikasikan hingga 2 kali jika dirasa serat kayu masih terlihat.
  4. Lapisan ketiga adalah cat solid. Anda bisa menggunakan BioColours Bioduco warna pilihan Anda. Campurkan Bioduco dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk rata dan semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga rata. Tunggu kering selama 60 menit dan Anda bisa mengamplas ambang dengan amplas 400. Lapisan ini juga bisa Anda ulangi hingga 2 kali untuk mendapatkan warna yang sesuai.
  5. Lapisan terakhir adalah BioColours Top Coat. Untuk furnitur anak Anda bisa memilih menggunakan top coat gloss agar lebih tahan terhadap goresan. Campurkan top coat dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian Anda bisa mengaplikasikan secara merata dengan spray gun. Sebelum furnitur digunakan tunggu lapisan cat mengering selama 24 jam.
Baca Juga:  Tips Memilih Warna Cat Duco Kayu untuk Furniture Anak

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X