Temukan Cat Besi Anti Karat untuk Furnitur di Rumah

Temukan Cat Besi Anti Karat untuk Furnitur di Rumah

Banyak sekali bahan furnitur yang dapat digunakan tergantung dengan gaya yang diinginkan. Namun apapun bahan furnitur yang digunakan, Anda tetap membutuhkan bahan finishing untuk melapisi material agar menjadi lebih tahan lama dan juga lebih memiliki penampilan yang menarik.

Ketika Anda akan menggunakan bahan finishing maka sebaiknya memilih terlebih dahulu bahan yang tepat untuk digunakan. Jika tidak furnitur tidak akan dapat bertahan lama dan juga tidak memiliki penampilan yang menarik.

Perpaduan kayu dan besi seringkali menjadi pilihan material yang digunakan untuk membangun sebuah furnitur. Jika Anda tidak menginginkan besi berkarat dan kayu berjamur maka gunakan cat kayu dan besi anti karat dan jamur agar bisa bertahan lebih lama.

Anda aka meletakan furnitur di dalam rumah atau di luar ruangan akan sangat mempengaruhi bahan finsihing yang dipilih. Terlebih lagi jika Anda meletakan di luar ruangan maka bahan finishing yang digunakan haruslah memiliki pertahanan yang baik terhadap panas dan juga hujan.

Misalnya saja besi, Anda akan menggunakan besi sebagai konstruksi tempat duduk di teras rumah maka panas matahari akan mengenai besi. Jika tidak dilindungi dengan cat anti karat maka karat akan mduah timbul. Selain itu besi yang tidak dilapisi cat akan tampak biasa saja dan tidak menarik.

Maka jika Anda akan melakukan finishing pada furnitur besi di rumah pilihlah jenis bahan finishing sekarang juga sebelum terlambat.

Jenis Cat Besi untuk Furnitur

Apakah jenis cat besi yang cocok untuk furnitu Anda di rumah? Tentunya Anda sudah harus menemukan ciri cat yang tepat untuk digunakan. Paling mudah adalah Anda melihat dari cara penggunaan, bahan pelarut yang digunakan, warna yang tersedia dan bagaimana Anda akan menggunakannya.

Baca Juga:  Desain Tetap Unik Nan Alami, Lakukan Finishing Kitchenette Palet Ini

Temukan Cat Besi Anti Karat untuk Furnitur di RumahBahan finishing yang dipilih harus disesuaikan dengan alat yang dapat Anda gunakan. Jika Anda tidak dapat menggunakan spray gun maka jangan pilih cat yang proses aplikasinya membutuhkan spray gun. Anda bisa mencari alternatif lain seperti cat yang diaplikasikan menggunakan kuas.

Penggunaan kuas memang sangat mudah, selain murah Anda tetap akan mendapatkan hasil yang maksimal. Pilih juga jenis kuas yang tepat sesuai dengan bahan pelarut yang akan digunakan. Kuas nylon adalah jenis kuas yang paling cocok digunakan pada bahan cat yang berpelarut air.

Berbicara mengenai bahan pelarut maka Anda bisa menggunakan jenis cat yang berpelarut air. Bahan cat yang berpelarut air lebih murah dan mudah. Anda tidak perlu membeli thinner ataupun spiritus.

Sangat mudah mendapatkan air dan air adalah bahan yang sangat aman. Berbeda dengan bahan solvent, Anda tentu dapat mengecek harga dari thinner yang tidak murah belum lagi jika Anda akan mengecat dalam jumlah yang banyak.

Selain bahan pelarut Anda juga harus memilih bahan cat yang memiliki warna sesuai dengan yang Anda inginkan. Namun juga jangan memilih cat hanya karena stok warna yang dimiliki. Selalu melakukan pengecakan terlebih dahulu jika perlu Anda bisa melakukan percobaan dengan beberapa bahan cat.

Warna adalah salah satu hal yang sangat penting untuk furnitur. Warna yang bagus adalah warna yang dapat Anda hasilkan secara berlapis dan memberikan warna tajam. Warna akan dapat menutup warna besi asli sehingga menghindarkan karat muncul.

Warna adalah pilihan yang sangat akurat jika Anda memilih menggunakan color swatch yang disediakan oleh toko bangunan.

Cat Besi Ramah Lingkungan

Cat besi yang selama ini dikenal adalah cat kayu besio solvent namun tahukah Anda bahwa dalam cat solvent sudah mengandung formalin dan kandungan logam berat lainnya sangat tinggi. Jika Anda tidak waspada masa depan keluarga Anda akan sangat berbahaya dan terancam dari penyakit kanker.

Baca Juga:  Kayu Pinus di Rumah Terserang Jamur? Cat Ini Solusinya

Namun jika Anda tepat memilih seperti menggunakan cat besi water based maka Anda tidak perlu kahwatir akibat pencemaran yang dikeluarkan cat pada saat pengeringan berlangsung. Anda hanya perlu memilih produk water based manakah yang benar-benar aman untuk digunakan.

Salah satu bahan yang aman untuk digunakan antara lain adalah cat kayu besi Orchid. Cat ini telah diproduksi sesuai dengan standar regulasi dari ECHA dan US EPA. Dalam ECHA dan US EPA ini pembatasan penggunaan formalin, timbal dan merkuri sangat dijaga. Dalam cat enamel penggunaannya dibatasi hingga 300 gr/ liter.

Temukan Cat Besi Anti Karat untuk Furnitur di RumahJika US EPA dan ECHA memberikan batasan yang tinggi maka batasan yang diberikan pada cat kayu besi Orchid lebih rendah lagi yaitu hanya 100 gr/ liter. Jadi Anda tidak perlu khawatir dan Anda tidak perlu kahwatir tentang polusi yang dapat muncul dalam ruangan.

Pengecekan dapat dilihat dan dirasakan melalui aroma yang keluar. Bandingkan ketika Anda membuka kaleng cat berbasis solvent maka akan ada aroma yang keras bahkan seringkali membuat mata pedas.

Efek tersebut muncul karena bahan formalin yang sangat tinggi terkandung di dalamnya. Sedangkan ketika Anda membuka kaleng cat kayu besi Orchid maka tidak ada aroma yang muncul dan berbahaya. Tidak akan ada efek mata pedas, membuat batuk dan beberapa gangguan lainnya.

Jika Anda menggunakan bahan cat yang aman dan ramah lingkungan maka dimanapun Anda meletakan furnitur akan menjadi tempat yang aman untuk digunakan.

Cara Aplikasi Cat Besi Orchid Pada Furnitur

Cat kayu besi Orchid adalah salah satu bahan cat yang sangat direkomendasikan untuk digunakan khususnya untuk proses aplikasi yang sangat mudah. Anda hanya membutuhkan kuas nylon atau kuas busa untuk proses aplikasinya. Hasilnya adalah tampilan mengkilap pada furnitur namun jika Anda ingin mendapatkan hasil yang tidak mengkilap maka tambahkan lapisan top coat matte.

Baca Juga:  9 Kesalahan Menggunakan Cat Kayu Pintu yang Harus Dihindari

Untuk proses aplikasinya dapat dimulai dengan pemilahn warna yang sesuai. Pilihlah dari 24 warna yang tersedia mulai dari warna solid hingga warna keemasan. Setelah itu persiapkan material furnitur yaitu besi.

Amplas besi terlebih dahulu untuk menghaluskan permukaannya dan menghasilkan finishing yang rata. Langkah selanjutnya campurkan cat kayu besi Orchid dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air. Aduk cairan hingga benar-benar rata.

Kuaskan ke seluruh permukaan kayu hingga rata dan Anda akan mendapatkan hasil yang halus. Lapisi tipis-tipis namun rata dengan satu arah agar tidak menimbulkan brush mark. Selanjutnya Anda bisa menunggu permukaan cat menjadi kering hingga siap diamplas.

Cek apakah lapisan cat sudah kering dengan ibu jari pada bagian yang tidak terlalu terlihat. Jika sudah kering amplas ambang dengan amplas 400. Hilangkan debu amplas dan Anda bisa mengaplikasikan lapisan cat baru dari Orchid.

Lapisan cat besi Orchid perlu dilakukan hingga tiga lapis. Jumlah ini dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang tebal dan melindungi besi. Jika Anda tidak melakukannya maka cat tidak bertahan lama. Anda juga bisa melakukannya hingga warna yang diinginkan benar-benar didapatkan.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X