Gaya Rumah Nautical, Nyentrik tapi Estetik

Jika Anda ingin memiliki gaya yang kental dengan nuansa pantai. Anda dapat menerapkan konsep  gaya rumah nautical.

Nuansa pantai sangat kental dengan Indonesia yang juga dikenal sebagai salah satu negara maritim. Anda dapat mengusung konsep rumah pantai atau juga dikenal dengan gaya rumah nautical. Konsep nautical memasukkan unsur-unsur tropis pada ruangan sehingga terkesan lebih natural.

Pantai selalu diidentikkan dengan suara gelombang pantai dan birunya laut.Selain itu, kental dengan pepohonan palem. Ketika Anda memasukkan unsur tersebut maka Anda akan mengingatkan nuansa pantai di dalam rumah.

Unsur Dalam Menciptakan Kesan Gaya Rumah Nautical

Bagi Anda yang ingin menggunakan konsep nautical ini, perlu kiranya memerhatikan beberapa hal berikut:

  1. Penggunaan Furniture Kayu

Jika Anda pernah berkunjung ke pantai, pasti melihat furniture pendukung seperti meja payung, kursi santai, gazebo dan masih banyak lagi. Tampilan yang disuguhkan pun juga natural yakni tampilan cat warna natural kayu.

Jika ingin memberikan sentuhan pantai pada ruangan maka Anda dapat menempatkan kursi santai di koridor atau kursi yang bernuansakan warna natural.

  1. Menggunakan Dekorasi Bernuansa Pantai

Anda bisa memberikan dekorasi yang bernuansakan laut seperti hiasan setir nahkoda, lampu petromax dan masih lagi, disusun pada rak dinding memberikan sentuha pantai yang nyata pada ruangan.

Anda dapat menggunakan ornamen-ornamen berwarna biru laut dan putih sehingga terkesan di pantai. 

  1. Gunakan Jendela Kaca

Cahaya masuk ke ruangan menjadi ciri khas dari bangunan pinggir pantai. 

Ketika Anda membuka korden pada konsep rumah nautical maka pemandangan alam langsung menjadi landscape yang indah. Begitu pula jika full kaca diterapkan pada rumah Anda.

Cahaya matahari langsung masuk ke dalam ruangan yang membuat ruang menjadi lebih terang dan hangat. Terlebih jika rumah Anda dekat dengan alam seperti pinggir sungai, danau sawah maupun hutan.

  1. Lantai Kayu
Baca Juga:  Tampil Lebih Memukau, Motif Loreng Pada Meja

Pernahkah Anda masuk ke dalam kapal? Nuansa lantai kayu yang mengkilap di kelas VIP membawa nuansa ekslusif. Warna kayu lantai yang kecoklatan mengkilap juga dapat Anda terapkan pada hunian rumah Anda. Menggunakan lantai kayu solid maupun kayu veneer menampakkan kesan yang elegan.

Anda dapat menggunakan lantai kayu pada satu sisi ruangan atau full ruangan dengan lantai kayu. Kemudian, pada ruangan tamu, dapat ditambahkan karpet dengan bahan yang berserat.

  1. Ruang Tanpa Sekat

Agar terasa lebih lega dan kontras dengan full jendela maka terapkan ruangan tanpa sekat. Ruangan tersebut akan mendukung nuansa pantai pada ruangan dengan sinar matahari yang langsung masuk ke ruangan ditambah warna laut untuk dekorasi menjadi ruangan lebih menenangkan.

Finishing Natural Pada Furniture Pada Gaya Rumau Nautical

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa furniture yang digunakan pada rumah dengan gaya nautical umumnya adalah furniture kayu dengan tampilan natural. Warna natural kayu yang elegan memang sangat cocok dipadukan untuk nuansa ruangan apapun termasuk untuk menciptakan kesan nautical.

Agar mendapatkan hasil natural yang bagus, Anda tidak harus menggunakan tukang untuk mengecat furniture sendiri. Ketika furniture sudah waktunya untuk refinishing. Anda dapat melakukannya sendiri asalkan sudah mengetahui teknik dan metode finishing yang akan digunakan.

Untuk tampilan natural kayu biasanya lebih sederhana. Yang Anda butuhkan hanya wood stain dan beberapa cat lainnya apabila menginginkan hasil optimal dan finishing yang halus. Apabila Anda new user, Biovarnish adalah jenis cat kayu yang direkomendasikan.

Meskipun Biovarnish digunakan untuk kebutuham industrial namun apabila digunakan oleh new user juga tetap menghasilkan warna yang menarik dan natural.

Biovarnish menawarkan 20 varian warna baik warna yang terang hingga warna gelap. Untuk furniture agar menghasilkan tampilan natural ala pantai, gunakan warna yang cerah seperti teak wood, yellow ox, candy brown dan warna terang lainnya.

Baca Juga:  3 Tips Memilih Tangga Kayu Untuk Rumah Minimalis

Berikut langkah-langkah finishing untuk menciptakan tampilan natural kayu pada furniture:

  1. Gunakan Biovarnish Wood Fille untuk mengatasi masalah pada kayu seperti mata kayu, bekas paku, kayu retak dan yang lainnya.
  2. Setelah bagian kayu tersebut didempul dan diampelas dan dilanjutkan dengan mengaplikasikan Biovarnish Wood Stain.
  3. Setelah diaplikasikan Biovarnish Wood Stain maka diamkan selama 60 menit. Kemudian ampelas ambang apabila sudah kering sentuh.
  4. Aplikasi Biovarnish Clear Coat matte/gloss pada permukaan furniture. Kemudian diamkan selama semalaman agar hasil kering maksimal.

Tips agar hasil finishing optimal ketika menggunakan cat water based adalah 

  • Ketika mengaplikasikan cat sebaiknya lakukan searah serat kayu. 
  • Apabila Anda masih belum terbiasa finishing menggunakan kuas, alangkah baiknya untuk menggunakan kuas sponge atau kuas yang berlapis kain agar ketika mengaplikasikan cat tidak meninggalkan garis kuas.
  • Sebaiknya cukup dikeringkan di suhu ruang tanpa harus dikeringkan di bawah sinar matahari.
  • Gunakan air bersih sehingga tidak mengurangi konsentrasi warna cat.

Apakah Anda sudah melakukan finishing dengan benar? Ketika Anda memperhatikan prosedur finishing dan teknik yang benar maka kemungkinan kecil mengalami kesalahan. Sebaiknya selalu belajar agar lebih terbiasa menggunakan kuas dan mengaplikasikan cat pada media finishing.

Jika penasaran dengan hasil finishing cat water based Biovarnish begitu pula kemudahan yang ditawarkan, Anda dapat membeli produknya melalui market place berikut ini.

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

Shopee: https://shopee.co.id/biovarnish.official

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X