Tampak Feminim! Meja Rias Shabby Chic dengan Cat Duco Kayu

Punya meja rias yang sudah mulai usang di rumah? Jangan buru-buru dibuang, karena meja rias kayu di rumah Anda masih memiliki nilai yang bagus. Bukankah akan lebih hemat juga jika Anda cukup memperbaiki dan memolesnya sedikit? Tentu tampilan yang baru bisa didapatkan. 

Proses  finishing ulang pada meja rias juga tidak sulit, Anda cukup menentukan gaya, warna dan juga produk yang digunakan. Lalu tinggal mengaplikasikan cat saja, mudah bukan? Orang awam yang baru mulai mencoba mengecat pun bisa melakukannya. 

Lalu gaya apakah yang menarik untuk digunakan? Akhir-akhir ini gaya shabby chic lebih banyak dipilih untuk kaum wanita. Para pemilik rumah kebanyakan memilih interior shabby chic yang sangat menarik. Sehingga tak heran jika perabotan di rumah satu per satu mulai berubah mengarah ke gaya ini. 

Untuk bisa mendapatkan tampilan shabby chic, Anda perlu memilih cat duco kayu yang bagus. Warna-warna solid lebih banyak diterapkan pada mebel shabby chic. Jika Anda tertarik untuk mengaplikasikan gaya ini, ikuti selengkapnya disini. 

Ciri Khas Shabby Chic yang Bisa Diterapkan

Shabby chic banyak dipilih karena warna-warnanya yang terang. Gaya ini termasuk unik karena memiliki sedikit kesan vintage atau lawasan. Jika Anda ingin menggunakan gaya iin sebaiknya kenali terlebih dahulu apa ciri khasnya, sehingga nantinya tak salah mengecat. 

Berikut ini beberapa ciri khas dari gaya shabby chic yang harus diperhatikan saat hendak melakukan pengecatan ulang dari meja rias di rumah. 

  • Warna-warna yang lembut

Hal utama mengapa shabby chic dipilih kebanyakan wanita adalah warna-warnanya yang terang serta lembut. Didominasi oleh warna-warna pastel seperti putih, biru muda, krem, merah muda, kuning muda, dll. Warna-warna ini sangat menarik dan harus benar-benar dipilih sesuai dengan keinginan. 

Baca Juga:  Cara Aplikasi Dempul Dan Memilih Jenis Dempul Yang Tepat Sesuai Jenis Kayu

Jangan lupa pemilihan warna ini juga harus disesuaikan dengan furniture di kamar lainnya seperti tempat tidur. Anda bahkan bisa menerapkan warna yang sama untuk seluruh furniture dalam satu ruangan. 

  • Mendapatkan kesan antik dan unik

Meja rias dengan gaya shabby chic memiliki ciri utama yaitu kesan antik. Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk belajar lebih jauh mengenai teknik finishing. Tampilan antik ini cukup berbeda dengan vintage karena di dalamnya bukan hanya usang tetapi juga unik. 

Kesan unik ini didapatkan dengan adanya ornamen dari besi berbentuk bunga atau sulur tanaman pada handle meja rias misalnya. Keunikan juga diperlihatkan seolah-olah kayu yang digunakan adalah kayu bekas. 

  • Tampilan matte

Glossy bukanlah tampilan yang dibutuhkan meja rias bergaya shabby chic. Permukaan gloss harus dihindari dan digantikan oleh matte. Alasannya adalah unsur patina yang sering digunakan dalam gaya ini tidak memperlihatkan kesan mengkilap. Walaupun tampilan antik yang terawat, tetapi kesan usang patina lebih menonjol. 

Produk Cat Duco Kayu Terbaik untuk Meja Rias

Sudah tak sabar untuk mulai mengecat ulang meja rias di rumah? Anda harus memberi perhatian pada jenis cat yang digunakan. Produk cat ini sangat berpengaruh dalam pemilihan warna serta kemudahan aplikasinya. Jangan pilih sembarang cat karena tak semua cat mudah untuk digunakan. 

Salah satu produk yang bisa digunakan adalah Bioduco chalk paint. Produk ini satu-satunya yang ada di Indonesia dan merupakan cat duco kayu dengan kuas. Bagi pemula yang bermasalah dengan aplikasi spray gun untuk cat duco kini telah ada solusinya. Ditambah lagi banyak pilihan warna pastel yang cocok dengan kesan shabby chic. 

Sebagai produk terbaik, tentunya ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan yaitu sebagai berikut ini. 

  • Berpelarut air
Baca Juga:  Rahasia Furniture Scandinavian Lebih Awet Dan Tahan Lama

Menambah kemudahan aplikasi, Bioduco chalk paint adalah produk cat yang aplikasinya adalah menggunakan air. Air mudah didapatkan serat murah apalagi air bukanlah bahan yang mengandung logam berat layaknya cat duco solvent. Air lebih aman tak mengeluarkan gas beracun pada saat proses pengeringan berlangsung.

  • Mudah larut

Pigmen dalam Bioduco chalk paint mudah larut dan tidak mudah mengendap. Anda bisa lebih mudah melarutkannya dengan air sebelum aplikasi. Cukup sesekali mengaduk saja untuk mencampur sebelum mengecat ulang. 

  • Daya tutup maksimal

Daya tutup yang tinggi menandakan bahwa produk tersebut adalah cat duco kayu terbaik. Jika tidak maka tampilan dari serat kayu asli dan warnanya akan terlihat. Bukan sekedar cat duco kayu biasa, chalk paint ini juga bekerja sebagai primer coat yang biasanya hanya memiliki standar warna putih. 

  • Tak perlu dijemur

Air adalah bahan pelarut yang lebih mudah menguap daripada thinner setelah dicampur dengan cat duco. Ditambah lagi proses pengeringannya tidak perlu panas matahari atau dijemur. Waktu keringnya juga lebih cepat yaitu 60 menit, asalkan Anda mengaplikasikannya tipis dan berulang. 

  • Pilihan warna banyak

Berbicara soal shabby chic tentu tidak terlepas dari warna. Bioduco chalk paint telah menyiapkan 20 pilihan warna menarik. Anda bisa mendapatkan hampir semuanya warna pastel. Jadi apapun warna yang diinginkan semuanya sudah tersedia. 

Teknik Finishing Shabby Chic pada Meja Rias

Tahapan refinishing selalu menjadi kegiatan yang sangat menarik. Baik itu bagi profesional atau pemula, jika Anda pemula maka harus memperhatikan pada tahapan persiapan. Karena mengecat meja rias kali ini adalah refinishing, maka menghilangkan cat yang lama harus diperhatikan. 

Anda mungkin akan menghabiskan lebih banyak waktu dalam persiapan daripada mengecat. Jadi lebih baik mulailah bekerja saat pagi hari dan ikuti langkah-langkah berikut ini. 

Baca Juga:  5 Jenis Cat Besi Sering Digunakan, Manakah yang Terbaik?

Menghilangkan Cat Lama Pada Meja Rias

Langkah pertama adalah menghilangkan cat yang lama pada meja rias seperti thinner. Lepaskan semua laci pada meja dan tutup bagian ornamen besi menggunakan kertas atau isolasi. Kemudian tuang thinner atau bahan kimia pembersih cat, tunggu hingga muncul gelembung. 

Bersihkan cat yang mulai mengelupas dengan scrape. Lakukan secara merata baru setelah itu lanjutkan dengan pengamplasan. Amplas permukaan meja rias dengan amplas nomor 180. Jangan lupa bagian-bagian sudut yang masih terdapat cat lama. Pastikan pengamplasan menghilangkan semua lapisan cat yang tersisa. 

Pengamplasan selanjutnya adalah menghaluskan, kini gunakan amplas nomor 220. Gunakan balok kayu dan balutkan amplas. Gosok searah serat kayu dan bersihkan debunya. 

Mengecat Meja Rias dengan Chalk Paint

Saatnya mengoleskan cat dengan kuas berbulu nilon. Siapkan wadah pencampur dan amplas aluminium oxide nomor 180 dan 320. Setelah itu ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Campurkan Bioduco chalk paint dengan air, gunakan perbandingan 2:1 air dan aduk merata.
  2. Kuaskan cat pada permukaan meja rias harus searah saja. Gunakan kuas yang berbeda untuk bidang yang besar dan kecil. Belajar teknik menguas sebelumnya akan membantu Anda mendapatkan hasil yang halus. 
  3. Jika lapisan pertama yang tipis sudah selesai, diamkan selama 60 menit. Lanjutkan dengan pengamplasan ambang dengan nomor 320 setelah kering dan ulangi aplikasi sekali lagi. 
  4. Manfaatkan amplas nomor 180 kemudian amplas hanya bagian sudut meja rias dan sekitar knob yang biasanya warna lebih cepat memudar. Amplas hingga warna kayu terlihat. Baru ratakan dengan amplas nomor 320 supaya hasilnya halus. 
  5. Terakhir Anda bisa mengaplikasikan Bioduco top coat matte sebagai lapisan terakhir. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X