Kegunaan Silica Gel Natural Pada Makanan Dan Obat-Obatan

Kegunaan Silica Gel Natural Pada Makanan Dan Obat-Obatan

Kegunaan Silica Gel Natural Pada Makanan Dan Obat-Obatan
Bahan masakan yang disimpan dalam toples kecil.

Apakah Anda pernah melihat sebuah kemasan kecil pada makanan berwarna putih dan bertuliskan “silica gel DO NOT EAT”? Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan benda tersebut. Ya, produk yang disebut dengan Silica Gel ini adalah produk yang berfungsi untuk menyerap kelembapan. Adanya kelembapan pada makanan khususnya pada makanan kering akan mengundang timbulnya jamur. Ketika jamur timbul maka makanan sudah pasti tidak layak dikonsumsi kembali. Inilah yang akan menimbulkan berbagai jenis penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh bahkan bisa menimbulkan kematian karena jenis jamur yang tumbuh bisa saja berbahaya.

Disinilah Silica Gel sangat berperan penting bagi makanan dan juga obat-obatan yang sangat rentan terhadap kelembapan. Misalnya saja Anda adalah pengusaha di bidang makanan kering, maka Anda harus mempertimbangkan apakah tempat penyimpanan dari makanan tersebut kering atau tidak. Disinilah Anda harus waspada, karena Anda tentu tidak dapat memastikan berapa suhu penyimpanan dalam ruangan. Oleh karena itu dengan mudah Anda dapat memberikan Silica Gel dalam setiap kemasan makanan kering.

Cara Penggunaan Silica Gel Natural

Jika Anda akan menggunakan Silica Gel ketahuilah terlebih dahulu jenis Silica Gel manakah yang dapat digunakan dalam makanan. Silica Gel ada tiga jenis yaitu white, natural dan juga biru. Ketiga jenis Silcia Gel ini memiliki fungsinya masing-masing. Silica Gel putih bagus digunakan pada penyimpanan pakaian, buku atau benda yang membutuhkan tingkat kering tinggi tetapi tidak untuk dikonsumsi. Silica Gel biru digunakan dalam penyimpanan mesin yang membutuhkan tingat kering agar tidak mudah berkarat. Nah untuk Silica Gel yang digunakan khusus untuk makanan adalah Silica Gel Natural. Silica gel ini terbuat dari batu zeolit yang sudah di emlusifire sehingga tidak akan membahayakan ketika digunakan dalam kemasan makanan.

Baca Juga:  Rak Kayu Unik Bergaya Minimalis dengan Warna Natural

Penggunaan pada berbagai jenis makanan dan juga obat-obatan berbeda-beda jumlahnya. Biasanya Silica Gel dikemas dalam berat 1 gr, 2 gr, 5 gr, 10 gr, 25 gr dan juga 100 gr. Nah untuk jumlah Silica Gel dengan berat 1gr yang harus digunakan terbagi sebagai berikut ini:

  1. Kripik singkong, keripik kentang dan berbagai makcam jenis makanan keripik dapat menggunakan 2 – 4 sachets Silica Gel Natural.
  2. Kacang goreng sangrai seperti kacang bawang, kacang telur dan kacang-kacangan lainnya membutuhkan 1 – 4 sachets Silica gel Natural.
  3. Kacang kulit goreng sangrai membutuhkan lebih banyak yaitu 3 – 8 sachets Silica Gel Natural.
  4. Kue kering oven seperti kastengel, nastar, putri salju dan kue kering lainnya membutuhkan 1 – 4 sachets Silica Gel Natural.
  5. Kue kukus, walaupun kue kukus adalah jenis makanan basah justru membutuhkan tingkat kering yang sangat tinggi, jika Anda membutuhkan tingkat keringnya maka gunakan 2 – 5 sachets Silica Gel Natural.
  6. Krupuk kering yang belum digoreng seperti kerupuk udang membutuhkan 2 – 8 sachets.
  7. Berbagai jenis obat-obatan baik kapsul, tablet, sirup, puyer membutuhkan 2 – 6 sachets.
  8. Jamu bubuk (powder), bagi Anda pengusaha jamu, apabila jamu berbentuk bubuk maka Anda harus menjaga tingkat keringnya. Jamu yang merupakan bahan alami ini sangat mudah berjamur maka Anda membutuhkan jumlah Silica Gel Natural 2 – 8 sachets.

 Baca juga : Jenis Silica Gel Untuk Mengurangi Jamur

Mengenali Silica Gel Natural Yang Masih Aktif

Kegunaan Silica Gel Natural Pada Makanan Dan Obat-Obatan
Silica gel yang dimasukan ke dalam air dan keluar gelembung udara.

Pengetahuan mengenai Silica Gel Natural yang masih aktif harus Anda ketahui sebelum menggunakannya. Tentu Anda akan rugi apabila tidak akan mendapatkan Silica Gel Natural yang masih aktif. Silica Gel Natural biasanya dijual dalam bentuk kiloan dan dalam satu kilonya biasanya terdapat kurang lebih 1000 pcs. Nah untuk mengecek Anda cukup melihat apakah kemasan plastik Silica Gel rapat dan masih menggembung yang artinya masih kering.  Lalu Anda dapat mengecek satu Silica Gel Natural saja tidak perlu semua. Siapkan air di dalam gelas kemudian Anda bisa membuka satu kemasan Silica Gel dan masukan ke dalam air. Lalu perhatikan reaksinya jika terdapat gelembung udara maka Silica gel masih bisa digunakan dan masih mampu menyerap kelembapan.

Baca Juga:  Agen Bahan Pemutih Kayu WA 250 Untuk Garden Furniture

Baca juga : Ini Fungsi Silica Gel Jika Digabungkan Dengan Cat Kayu Anti Air

Kemampuan Silica Gel menyerap kelembapan ini mampu hingga 50 persen dari beratnya sendiri. Jadi jika Anda menggunakan Silica Gel dengan berat 2 gr maka kelembapan yang diserap adalah 1 gr. Kelembapan yang sudah diserap tidak akan dikeluarkan kembali oleh Silica Gel karena sudah mengikat kelembapan yang diserap. Kemasan yang digunakan adalah kemasan kertas semi parmeable sehingga tidak mudah untuk robek ketika digunakan di dalam kemasan makanan dan juga di dalam kemasan obat-obatan. Dapatkan sekarang juag produk Silica Gel melalui website ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X