shabby chic

Ingin Membuat Tampilan Shabby Chic pada Meja Tamu? Pilih Warna Ini

Shabby chic modern ini justru digandrungi oleh para ibu-ibu muda yang memiliki rumah baru. Bahkan beberapa pengaplikasian shabby chic terkadang sering dirasa berlebihan. Mulai dari tirai dengan warna putih bunga-bunga merah yang berenda hingga dekorasi serba shabby chic yang ramai. 

Apapun cara yang ditempuh, shabby chic adalah gaya yang paling banyak diminati. Bukan hanya sekedar ngetrend saja, tetapi desain ini juga murah. Gaya shabby chic mengarah pada tampilan furniture usang yang telah lama. Inilah kuncinya yang membuat lebih berhemat. 

Semua furniture yang dipajang dalam ruangan bukanlah mebel baru melainkan lama. Sebagian besar pemilik rumah hanya mengecat ulang dengan tampilan shabby chic. Tentu saja biaya yang dikeluarkan tidak sebesar seperti ketika membeli furniture baru. 

Ada syarat yang harus diperhatikan ketika Anda hendak melakukan perubahan dari furniture shabby chic. Pertama adalah jenis finishing yang terbaik harus didapatkan. Kedua produk finishing tidak boleh dipilih sembarangan dan ketiga pemilihan warna. 

Produk Finishing untuk Meja Tamu Shabby Chic

Langkah paling mudah adalah memilih meja tamu sebagai bahan percobaan finishing di rumah. Jika Anda ibu rumah tangga, tidak perlu khawatir dengan hasilnya. Shabby chic bukanlah tipe furniture yang menuntut tampilan sempurna seperti halus dan rata.

Justru kekurangan atau sedikit kerusakan akibat sering digunakan adalah tujuannya. Apa yang harus digunakan selama proses finishing ini? Anda bisa menggunakan Bioduco chalk paint. Produk ini adalah cat kayu water based chalk paint dengan banyak pilihan ragam warna pastel. 

Bukan hanya warna saja yang dilihat dari produk ini. Sebagai satu-satunya produk chalk paint di Indonesia, Bioduco ini memberikan manfaat lainnya. Berikut ini manfaat menggunakan chalk paint untuk finishing shabby chic pada meja tamu. 

  • Bekerja sebagai primer coat

Chalk paint bukanlah tipe cat seperti cat duco yang berwarna solid tetapi justru berperan seperti primer. Bioduco chalk paint sendiri merupakan primer coat yang memiliki warna-warna lembut. Karena bekerja sebagai primer, maka fungsinya pun tidak jauh berbeda. 

Cat akan menutup warna kayu dan seratnya secara langsung. Asalkan Anda mengaplikasikan cat lapis dengan lapisnya tipis saja. Anda bisa mengaplikasikan dua hingga tiga lapisan coating. 

  • Mudah untuk diaplikasikan

Sama seperti produk chalk paint dari luar negeri, Bioduco juga mudah aplikasinya. Termasuk cat berbasis air mengharuskan Anda untuk mengaplikasikannya dengan kuas berbulu nilon. Kuas adalah alat yang paling mudah ditemukan dan murah harganya. Tanpa mengurangi hasil tampilan, kuas akan bekerja dengan sangat baik. 

Bahkan jika Anda belajar tentang teknik-teknik aplikasi chalk [aint nantinya akan ada banyak sekali hasil yang bisa didapatkan. Bukan hanya tampilan shabby chic saja, tetapi juga vintage,antik, rustik atau tampilan yang halus dan rata.

  • Ada banyak pilihan warna

Satu lagi yang tidak ketinggalan adalah pilihan warnanya yang sangat beragam. Anda bisa menggunakan warna pastel yang cerah hingga gelap. Satu hal yang pasti tidak ada warna yang norak untuk dipilih. Total warna yang disediakan adalah 20. 

Selama proses aplikasi Anda bisa memadukan warna baik satu saja hingga tiga warna. Jadi dalam satu tampilan meja tamu ada tiga warna berlapis yang akan memperlihatkan kesan antik. Hanya saja untuk menguasai teknik hingga tampilannya tampak natural membutuhkan latihan. 

  • Tidak beracun

Karena terbuat dari bahan dasar air, maka kandungan logam berat dari chalk paint sangatlah rendah. Oleh karena itu pada saat pengeringan dan bahan pelarut menguap, tidak ada gas beracun yang dilepaskan. Hal yang juga terjadi ketika pertama kali Anda membuka kaleng cat. Maka tidak ada bau menyengat yang membuat pusing. 

Bahan beracun biasanya paling banyak ditemukan pada cat duco atau pernis dan plitur berbasis solvent. Jadi hanya dengan masker saja, Anda bisa mengaplikasikan Bioduco chalk paint dengan lebih aman. 

Pilihan Warna Tepat untuk Finishing meja Tamu Shabby Chic

Lebih banyak orang yang memilih warna putih ketika hendak finishing shabby chic. Alasannya adalah warna ini akan memberikan kesan bersih dan sangat mudah didapatkan. Akhirnya banyak sekali yang menggunakan cat duco warna putih untuk finishing shabby chic. 

Kini Anda bisa bermain dengan warna, karena hasilnya akan sangat menarik. Bisa menggunakan warna-warna kontras atau warna harmoni yang sama. Ditambah lagi proses aplikasi yang mudah akan mempercepat Anda mendapatkan hasilnya. 

Berikut ini beberapa pilihan warna sekaligus cara mengaplikasikannya.

Bioduco Chalk Paint Warna Broken White

Ada banyak sekali pilihan warna putih dan yang cocok untuk shabby chic adalah warna broken white. Hasil warna yang dihasilkan sedikit kusam yang mampu memberikan kesan usang. Anda bisa menggunakannya sebagai warna dasar sebelum aplikasi warna lainnya, atau bisa juga mengaplikasikan warna ini saja. 

Cara mengaplikasikan warna broken white adalah sebagai berikut:

  1. Amplas permukaan meja hingga halus kemudian bersihkan debunya. 
  2. Campurkan Bioduco chalk paint warna broken white dengan air. Campurkan secukupnya kemudian kuas ke permukaan meja. 
  3. Tunggu kering tanpa dijemur selama 60 menit kemudian amplas bagian siku meja dengan amplas 180. Amplas hingga warna kayu terlihat. 
  4. Terakhir aplikasikan Bioduco top coat matte sebagai lapisan film. 

Bioduco Chalk Paint Warna Pastel Green dengan Dark Egg Blue

Apabila Anda ingin mendapatkan satu lapisan warna berbeda, pilihlah warna pastel green. Pilihan warna ini hampir mirip dengan hijau telur asin, tetapi warnanya lebih terang. Selain shabby chic, warna ini juga sering digunakan pada meja bergaya viintage. 

Warna ini cukup terang jadi, jika Anda ingin memadukan dua warna, pilih warna satu lagi yang gelap seperti dark egg blue. Perpaduan warna ini akan memberikan kesan kontras yang kuat. Berikut ini cara aplikasinya. 

  1. Amplas permukaan meja tamu hingga halus. 
  2. Larutkan Bioduco chalk paint warna pastel green dengan air. Aplikasikan dengan cara yang sama seperti langkah di atas. 
  3. Jika lapisan pertama sudah selesai, larutkan warna dark egg blue. Kali ini tidak lagi menggunakan kuas baru, melainkan gunakan kuas yang lama dan sudah sedikit mengeras tetapi bersih. 
  4. Kuaskan cat ke permukaan tidak perlu merata dan hanya di beberapa bagian yang bertumpuk dengan lapisan pertama. Biarkan muncul brush mark. 
  5. Diamkan lapisan ini, kemudian amplas dan tumpuk dengan lapisan top coat matte. 

Bioduco Chalk Paint Warna Pastel Pink dengan Terakota

Keseimbangan warna pastel pink dengan terakota sangat cocok untuk kesan shabby chic yang feminim. Meja coklat yang usang akan terlihat dengan lapisan warna pink yang sangat lembut. Anda bisa mengaplikasikannya tidak jauh berbeda dengan langkah kedua di atas. 

Berikut ini cara memadukan kedua warna tersebut:

  1. Amplas permukaan meja hingga halus. 
  2. Larutkan warna terakota dengan air, kemudian kuaskan merata ke seluruh permukaan meja. Tunggu kering dan amplas ambang. 
  3. Aplikasikan warna pastel pink yang sudah dilarutkan dengan air secara merata juga. 
  4. Setelah lapisan kedua kering, amplas dengan amplas 180 bagian siku hingga warna kayu dan warna terakota sedikit terlihat. Lakukan pada area yang sering digunakan atau terkena gesekkan. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X