Jenis Silica Gel Untuk Mengurangi Jamur

Jenis Silica Gel Untuk Mengurangi Jamur

Jamur adalah salah satu mikro organisme perusak yang tumbuh akibat udara yang lembab. Walupuan sebagian jamur memang dibudidayakan untuk dikonsumsi. Jenis jamur yang akan diulas di sini adalah jenis jamur yang sangat mudah dan cepat untuk merusak benda yang ditumbuhi oleh jamur.  Ketika Anda ingin mendapatkan benada yang terbebas dari jamur maka pertama-tama harus menjaga kelembapan dalam ruangan atau di sekitar tempat benda tersebut disimpan. Misalnya saja Anda menyimpan buku seperti perpustakaan. Jika Anda mendambakan ingin memiliki perpustakaan sendiri di rumah maka Anda harus mengatasi kelembapan dalam ruangan tersebut.

Ada banyak cara untuk mencegah kelembapan dan mengundang datangnya jamur. Anda bisa membuat sirkulasi udara yang baik dengan memberikan  jendela atau lubang angin yang akan menimbulkna sirkulasi udara yang baik. Selain itu jika Anda ingin mendapatkan hasil kering yang teratur atau sempurna maka Anda bisa memberikan AC (air conditioner) yang berfungsi untuk menjaga suhu udara atau kelemabapn yang ada di dalam ruangan.

Jenis Silica Gel Untuk Mengurangi Jamur
jenis-jenis Silica Gel.

Tak hanya itu, jika masih terjadi juga kelembapan maka Anda bisa menggunakan beberapa macam alat yang akan menyerap kelembapan dengan maksimal. Suhu kelembapan memang bisa diukur namun jika Anda menggunakan alat seperti alat dehumidifier yang akan memiliki harga mahal. Ada alternatif yang murah jika Anda ingin mengeringkan atau meneyrap kelembapan yaitu dengan Silica gel. Alat Silcia Gel ini ada beberapa macam yaitu sebagai berikut ini:

  1. Silica Gel Biru

Jenis silica gel biru ini adalah bahan serap lembab yang memiliki warna biru karena terbuat daru blue cobalt. Bahan ini adalah bahan kimia yang cukup berbahaya namun mampu menyerap kelembapan cukup banyak dan maksimal. Ketika silica gel biru ini sudah menyerap kelembapan dalam jumlah yang banyak maka warnanya berubah menjadi warna pink. Ada beberapa jenis silica gel biru yang dapat didaur ulangn maksdunya adalah, menghilangkan kelembapan yang sudah diserap dengan cara dijemur kemudian dapat digunakan kembali. Cara ini akan menghemat budget karena silica gel biru juga memiliki harga yang tidak murah.

  1. Silica Gel White
Baca Juga:  4 Cara Jitu Mengatasi Ruangan Pengap

Bentuk dari silica gel white ini adalah berbentuk gel bening. Ketika kelembapan diserap dalam gel tentu tidak akan mudha dilepaskan kembali ke udara jadi Anda tidak bisa menggunakannya ulang atau menjemurnya kemudian menggunakannya kembali. Silica Gel White ini terbuat dari bahan sodium silikat yang telah diolah. Jadi didalam satu kemasan Silica Gel white terdapat berjuta-juta naniporus yang berukuran2.4 juta nanometer. Bahan ini akan menyerap kelembapan dua kali lipat dibandingkan beratnya sendiri. Kemasannya yang kecil membuat Silica Gel White ini mudah digunakan dan juga mudah untuk dibawa.

  1. Silica Gel Natural

Bahan Silica Gel natural adalah bahan penyerap kelembapan yang memiliki kemampuan meneyrap kelemabapan sama seperti Silica Gel White. Namun jika Anda ingin mendapatkan hasil yang aman untuk makanan dan juga obat, silica gel natural ini sangat direkomendasikan. Tidak seperti jenis bahan serap lembab yang lainnya, Silica gel natural ini aman karena terbuat dari batu zeolit yang telah diolah sedemikian rupa sehingga tidak lagi terdapat bahan yang berbahaya untuk makanan. Walaupun silica gel natural juga tidak boleh termakan maka kemasannya dibuat secara khusus lebih kuat dengan menggunakan kertas parmeable. Kemasan dari silica gel natural ini juga kecil sehingga sangat mudah dan tidak akan mempengaruhi berat secara signifikan jika Anda menggunakannya dalam kemasan makanan.

Benda Yang Cepat Rusak Karena Jamur

Timbulnya jamur penyebab utamanya memang karena adanya kelembapan. Namun kelembapan ini akan cepat mudah menyerang beberapa jenis benda tertentu karena benada tersebut memiliki pori yang besar. Namun efek dari kelembapan yaitu menimbulkan jamur ini sangat berbahaya untuk beberapa jenis benda. Oleh karena itu Anda juga harus menggunakan jenis silica gel yang tepat dalam penyimpanan benda tersebut. Mau tau apa saja jenis benda yang dapat dengan mduab ditumbuhi jamur dan juga berbahaya jika digunakan apabila sudah ditumbuhi jamur? Berikut ini ulasannya:

  1. Makanan
Baca Juga:  Warna Pastel untuk Rumah Idaman

Makanan adalah salah satu bagian yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Makanan adalah benda yang akan dikonsumsi oleh karena itu sangat penting jika Anda mengecek makanan tersebut terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya. Jangan sampai terdapat jamur dalam makanan tersebut namun Anda mengkonsumsinya. Ini akan sangat berpengaruh pada kesehatan Anda. Bahkan ada beberapa jenis jamur yang sangat berbahaya jika dikonsumsi misalnya saja jenis jamur yang terdapat pada roti.

Jika Anda akan menggunakan bahan makanan untuk anak-anak juga harus terlebih dahulu di cek apakah terdapat jamur. Ini mengingat perut anak-anak sangat sensitif jika bersinggungan langsung dengan makanan yang berjamur.

  1. Obat-obatan

Obat adalah salah satu benda yang digunakan untuk menyembuhkan atau penawar. Nah sama seperti makanan, obat adalah benda yang mudah untuk berjamur. Jika Anda tidak memperhatikan apakah obat tersebut tidak berjamur maka akan sangat berbahaya. Yang terjadi bukanya Anda akan sembuh namun Anda akan mendapatkan berbagai jenis penyakit.  Baik itu jenis obat kapsul, tablet dan juga obat sirup akan sangat mudah untuk tumbuh jamur. Jamur bsia saja tumbuh walaupun masa expire dari obat tersebut masih lama. Kelembapan yang tinggid ari penyimapanan obat akan sangat mempengaruhi tumbuhnya jamur.

  1. Kertas

Jika Anda bekerja di dalam industri kertas atau industri kerajinan kertas maka kelembapan yang tinggi akan sangat merugikan usaha. Nah dalam hal ini Anda bisa mengurangi kerugian dalam idnustri kertas jika bisa mengatur penggunaan kelembapan. Mengatur kelembapan dapat dibantu jika menggunakan bahan silica gel. Jamur yang timbul akibat kelembapan akan mencegah jamur tumbuh yang akan menyebabkan kerusakand ari segi pelapukan kertas. Kertas memiliki pori yang cukup besar sehingga sangat mudah untuk spora jamur masuk ke dalam pori tersebut. Jika Anda ingin mendapatkan kertas yang aman maka Anda bisa menggunakan silica gel white, blue atau natural.

Baca Juga:  Jual Cat Orchid, Cat Ramah Lingkungan
enis Silica Gel Untuk Mengurangi Jamur
Berbagai produk yang membutuhkan silica gel.
  1. Natural Fiber

Bahan natural bambu seperti pelepah pisang, enceng gondok, anayman rotan sangat riskan atau sangat mudah untuk ditumbuhi jamur. Jika Anda mengalami masalah kelemabpan pada bahan natural fiber tersebut maka kerugian akan didapatkan. Tidak hanya pada industri natural fiber tersebut namun juga untuk para pengguna bahan tersebut misalnya saja untuk tas wanita yang terbuatd ari natural fiber. Walaupuan natural fibver sudah dikeringkan dan dilapisi top coat, kelembapan pada saat penyimapanan tas akan mduah menimbulakn jamur, Maka sebaiknay jika bendar tersebut misalnya saja tas, Anda bisa menggunakan silica gel pada tempat penyimpanannya.

  1. Elektronik

Benda elektronik yang mendapatkan kelemabapan memang tidak secara langsung terkena jamur namun akan menimbulkan hal yang berbahaya yatu aliran listrik pendek. Ini justru akan menimbulkan konslet pada elektronik sehingga akan merusak alat elektronik tersebut. Jika Anda ingin mendapatkan keamanan maka Anda harus menggunakan pada produk silica gel untuk mencegah timbulnya aliran listrik pendek pada alat elektornik.

  1. Tekstil

Anda harus berhati-hati dalam produk tekstil biasanya sering terjadi pada pakaian. Ketika Anda menggunakan pakaian atau terlalu lama menyimpan pakaian kotor tentu saja jamur juga akan mudah tumbuh. Pakaian terbuat dari benang yang sangat mudah menyerap keringat yang termasuk salah satu kelemabapn pemicu jamur. Nah jika pakaian kotor terlalu lama disimpan maka akan menimbulkan jamur. Anda bisa memberikan silica gel pada tempat penyimapanan produk tekstil seperti pakaian, handuk, dan lain sebagainya.

Maka jangan lupa untuk menggunkana Silica Gel demi melindungi produk kesayangan Anda dari kerusakan karena adanya jamur. Jika Anda ingin mendapatkan produk Silica Gel yang aman dan ramah lingkungan Anda bisa membelinya melalui situs ini yang menyediakan produk penyerap kelembaban dengan harga murah.

Bagi Anda yang tinggal di wilayah Jepara bisa membeli secara langsung di alamat jl. Raya Kudus Km. 9 – Ngabul – Tahunan – Jepara. Anda juga akan menemukan produk-produk cat kayu water based.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X