Cara Menghilangkan Cat Water Based Yang Tumpah

Cara Menghilangkan Cat Water Based Yang Tumpah

Apakah Anda pernah melakukan proses finishing dengan cat? Sebagai pemula pasti untuk mendapatkan kerapian pada proses aplikasi akan sangat sulit. Pertama kali mengecat cat bisa saja menyebar kemana-mana  baik itu pada dinding maupun di lantai. Ini akan mudah terjadi apabila dilakukan dalam ruangan. Apakah yang akan Anda lakukan apabila  hal tersebut terjadi? Anda pasti akan panik dan bingung terlebih lagi jika Anda melakukan proses finishing menggunakan cat solvent.

Cara Menghilangkan Cat Water Based Yang Tumpah
Seorang wanita sedang menggosok lantai yang terkena tumpahan cat water based.

Baca Juga : solusi untuk mengatasi cat tembok menggelembung di rumah anda

Proses finishing menggunakan cat solvent memang sangat mengkhawatirkan karena ketika cat mengering di tempat yang tidak diinginkan seperti lantai maka akan sulit untuk dihilangkan. Anda membutuhkan bahan khusus speerti thinner atau bensin untuk menghilangkannya. Jika lantai Anda adalah kayu maka akan merusak lapisan coating pada lantai. Sedangkan pada dinding akan mengelupas cat dinding.

Jika Anda menggunakan cat kayu water based akan lebih mudah untuk menghilangkan cat yang sudah mengering tersebut. Kuncinya adalah jangan panik. Ketika Anda panik maka Anda tidak bisa mendapatkan solusinya dengan tepat dan bisa merusak permukaan lantai maupun dinding. Cat kayu water based sangat mudah untuk dihilangkan ketika kering maupun pada saat masih basah.

Baca Juga : cara menghilangkan cat di sepatu

Menghilangkan Cat Water Based Pada Karpet

Proses menghilangkan cipratan cat water based pada karpet berbeda dengan cat solvent. Proses yang perlu dilakukan ada tiga. Dalam setiap tahapannya Adna tidak emmerlukan epraatan berat maupun thinner. Cukup mengikuti tiga langkah berikut maka dengan mudah cat kayu water based yang mengotori karpet Anda akan segera hilang.

Baca Juga : Cara Efektif Menghilangkan Noda Kayu Warna Biru Kehitaman akibat Jamur

  1. Bersihkan area

Dalam prosesnya, ketika cat sudah mengering atau masih basah Anda ahrus memebrishkan area karpet agar cat tidak melebar kemana-mana. Ketika cat masih basah anda bsia langsung menghilangkannya menggunakan kain yang sudah dibasahi dengan air panas. Pastikan juga kain yang digunakan bersih. Peras kain dari air yang meresap kemudian sapukan pada bagian karpet yang terkena cat. Lakukan proses tersbut sampai cat hilang. Jika cat yang harus dihilangkan dalam jumlah banyak maka,  cuci kain dengan air panas dan lakukan proses pengelapan sekali lagi.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Cat Pada Kayu yang Keras

Apabila cat sudah mengering, proses yang perlu dilakukan tidak hanya menggunakan kain yang telah dibasahi dengan air panas. Anda bisa membasahi area karpet yang terkena cat. Basahi dengan air panas di seluruh bagian yang terkena cat kemudian tunggu sekitar 20 menit. Setelah itu baru bersihkan dengan kain yang sudah dibasahi dengan air panas. Lakukan proses pembersihan hingga tidak ada noda lagi yang tertinggal.

  1. Perlu diingat ketika membersihkan cat

Cara Menghilangkan Cat Water Based Yang Tumpah
Seorang wanita yang sedang menyeka karpet dengan semprotan air,

Ketika Anda melakukan pembersihan di atas, perlu diingat bahwa baik itu cat water based sudah mengering atau masih basah, jangan pernah menggosoknya. Ketika Anda menggosok cat pada karpet maka noda akan melebar ke daerah yang masih bersih, Ini akan meratakan cat ke seluruh bagian karpet.

Yang terpenting adalah, selalu basahi dan bersihkan dengan air yang panas atau hangat. Jika perlu gunakan handuk yang basah dengan air panas. Terus menerus berishkan area jika perlu Anda bisa mencuci handuk atau kain basah yang telah digunakan. ulangi proses tersebut hingga noda cat menghilang.

  1. Proses akhir

Setelah Anda menghilangkan seluruh permukaan karpet dari cat water based, maka selanjutnya adalah mengembalikan tampilan karpet seperti semula. Ketiak noda sudah seluruhnya bersih, maka Anda bisa menghilangkan dengan kain baru yang sudah direndam dengan air hangat dan juga diperas. Pada tahapan ini Anda baru bisa menggosok karpet hingga bersih hingga tidak ada lagi bekas noda yang terlihat.  Langkah terakhir adalah keringkan arpet dalam beebrapa jam, Anda bisa menggunakan vakum untuk mengembalikan karpet seperti normal.

Menghilangkan Cat Water Based Pada Dinding

Tidak seperti menghilangkan noda pada karpet, noda dari cat water based pada dinidng perlu usaha yang lebih untuk menghilangkannya. Ini perlu dilakukan agar cat dinding tidak rusak setelah Anda menghilangkan noda cat water based yang tersebar. Jika tidak dilakukan dengan hati-hati dan benar maka Anda harus melakukan recoating pada sleuruh bagian dinding untuk menyamakan warna kembali.

Seperti pada cara membersihkan cat water based pada karpet, ada tiga cara yang bisa Anda lakukan.

  1. Bersihkan dinding

Cara Menghilangkan Cat Water Based Yang Tumpah
Seorang wanita sedang menggosok dinding dengan sponge.

Dalam satu ember air campurkan setengah sabun cuci dan aduk hingga sabun tercampur rata. Setelah itu gunakan sponge yang sudah dibasahi dengan air sabun kemudian peras dan hilngakn sisa air yang meresap ke dalam sponeg. Usapkan ke seluruh permukaan dinding dengan pelan agar tidak merusak lapisan cat pada dinding. Pertama pembersihan, maka permukaan cat tidak akan bersih, Anda bisa mengulangi proses penggunaan sponge setelah beberapa saat dinding mengering. Fungsi membasahi dining ini agar cat lebih lunak dan mudah untuk dikelupas nantinya.

  1. Aplikasikan pisau cukur

Pisau cukur adalah benda tajam yang tipis dan mudah digunakan untuk menghilangkan lapisan cat yang menempel. Disinilah Anda bisa mulai untuk menggunakannya setelah lapisan cat yang melunak. Letakan pisau cukur dalam sudut 45 derajat kemudian tekan secara perlahan pada

  1. Gunakan alkohol

Membersihkan cipratan cat bisa dilakukan menggunakan alkohol. Penggunaan alkohol ini juga bsia digunakan pada cipratan cat solvent pada dinding. Caranya adalah dengan meneteskan beberapa jumlah cairan pada handuk mikrofiber kemudian Anda bisa meratakan cairan alkohol yang menempel pada handuk menggunakan jari Anda. Setelah itu, usapkan secara perlahan jangan terlalu ditekan pada permukaan dinding. Penekanan yang ringan akan menghindari lapisan coating pada dinding mengelupas. Lakukan proses ini hingga seluruh permukaan cat pada dinding menghilang perlahan.

Cara Aman Agar Tidak Banyak Cat Terciprat

Anda pasti akan mengalami kesulitan dan cukup menyita waktu ketika Anda harus membersihkan lapisan cat yang terciprat di ruangan baik dinding, lantai bahkan furnitur yang lainnya. Maka cara paling mudah adalah menghindari masalah tersebut muncul. Ketika Anda akan melakukan finishing maka pastikan bahwa ruangan yang akan digunakan memiliki ventilasi yang bagus, pastikan juga ruangan kosong. Anda bisa menggunakan ruangan garasi bahkan jika perlu aplikasikan di luar ruangan. Sebaiknya jangan melakukan pengecatan di ruang kamar atau ruang keluarga bahkan ruang tamu.

Ketika Anda akan melakukan proses tersebut di ruangan yang tepat akan meminimalisir timbulnya tampilan kotor bekas cipratan kayu. Jangan lupa juga untuk mengalasi furniture dengan kertas koran, jika Anda menggunakan kertas koran maka cat yang menetes akan jatuh ke koran dan bukan langsung ke lantai.

Penggunaan cat yang biasanya mengenai dinding adalah aplikasi spray system. Agar tidak mengotori dinding atau ruangan. Maka sebaiknya sebelum Anda mengaplikasikan spray system, coba terlebih dahulu pada bidang lain untuk mengetahui luas penyebaran spray agar sesuai pada furnitur untuk hasil yang maksimal dan juga tidak mengotori ruangan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X