Cara Menggunakan Silica Pada Makanan

Cara Menggunakan Silica Pada Makanan

Apa yang menjadi kekurangan dalam produk makanan kering? Tentu pertam adalah memiliki jangka waktu kadaluarsa yang pendek kemudian apabila tidak disimpan dalam kemasan yang kering tingkat higienis makanan akan berkurang. Teelbih pada musim hujan seperti saat ini, para pengusaha makanan kering pasti banyak mencari produk hahan serap lembab yang akan mengawetkan makanan lebih tahan lama.

Cara Menggunakan Silica Pada Makanan

Salah satu produk yang dapat digunakan dalam makanan adalah Silica Gel. Untuk cara menggunakan Silica Gel sangatlah mudah karena Anda cukup meletakan satu kemasan Silica Gel dalam satu kemasan makanan kering. Produk Silica Gel adalah produk yang memiliki sifat hydropilic aktif sehingga sangat efektif dan efisien dalam menyerap kelembapan dalam kemasan makanan. Bahkan kekuatan penyerapan dari Silica Gel dua kali lipat dari beratnya sendiri.

Fungsi dari Silica Gel di dalam kemasan makanan tidak hanya untuk menyerap kelembapan. Fungsi yang lain adalah untuk mencegah tumbuhnya jamur pada makanan. Jamur yang tumbuh dalam makanan tentu bisa berubah menjadi racun dalam tubuh Anda. Bahkan terkadang jamur tidak kasat mata karena warnanya yang berbagai macam. Jika Anda tidak menggunakan Silica Gel maka makanan yang Anda produksi tidak akan bertahan lama karena jamur cepat sekali tumbuh. Apabila Anda adalah konsumen makanan kering maka sebaiknya pilihlah makanan yang telah diberikan Silica Gel.

Pilih Silica Gel Khusus Untuk Makanan

Apakah semua jenis Silica Gel dapat digunakan? Tidak semua jenis Silica Gel dapat Anda gunakan di dalam kemasan. Anda beberapa jensi Silica Gel yang tidak dapat digunakan dalam kemasan makanan karena berbahaya dan mengancam. Misalnya saja Silica Gel biru yang terbuat dari bahan blue cobalt ini hanya diperuntukan pada penyimpanan perlatan berat seperti mesin pabrik.

Untuk Silica Gel yang dapat digunakan pada kemasan makanan adalah Silica Gel Natural. Bahan yang terdapat dalam Silica Gel Natural adalah batu zeolit yang telah di emulsifier dengan bahan penyerap kelembapan yang aman untuk makanan. Penyerapan bahan Silica Gel Natural akan mengubah kelembapan menjadi gel sehingga kelembapan tidak akan berubah menjadi air. Kemasan dari Silica gel Natural adalah kertas semi parmeable sehingga isi dari Silica Gel tidak akan keuar dan mengotori makanan.

Cara Menggunakan Silica Pada Makanan

Meskipun Silica Gel Natural aman digunakan dalam kemasan makanan, Silica Gel tidak boleh tertelan dalam tubuh manusia atau termakan. Efektifitasnya yang mampu menyerap kelembapan akan berbahaya pada tubuh manusia yang memiliki kandungan air 50% hingga 80%. Kandungan air dalam tubuh akan terserap oleh isi Silica Gel sehingga akan menimbulkan dehidrasi. Sehingga bagi para orang tua tetap perhatikan anak Anda yang sedang mengkonsumsi makanan dengan Silica Gel didalamnya. Agar lebih aman sebaiknya ambil Silica Gel terlebihi dahulu sebelum anak Anda memakannya.

Kemasan Makanan Harus Tertutup Rapat

Apa yang harus Anda lakukan sebagai pemilik industri makanan kering dalam menggunakan Silica Gel? Salah satu yang perlu Anda perhatikan adalah kemasan makanan. Pastikan kemasan makanan Anda tertutup rapat. Kemasan yang terbuka akan membuat kelembapan udara mudah masuk dan mempercepat proses kerusakan pada makanan. Anda bisa memilih banyak model kemasan makanan yang tertutup rapat. Perhatikan juga ketika makanan Anda sudah dibuka oleh konsumen dan tidak cepat habis? Tentu dibutuhkan kemasan yang praktis dapat dibuka dan ditutup. Anda bisa memilih kemasan zipper yang dapat dibuka dan ditutup oleh konsumen tanpa harus memindahkan makanan pada tempat yang lainnya. Dengan begitu Silica Gel juga akan bekerja secara maksimal dan makanan yang diproduksi akan lebih tahan lama.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X