Kenali Ciri Furniture Untuk Refinishing Furniture Dengan Cat Kayu Besi Eksterior

Kenali Ciri Furniture Untuk Refinishing Furniture Dengan Cat Kayu Besi Eksterior

Memiliki furniture lama di rumah? Atau Anda tertarik membeli furniture tua di toko barang bekas? Baik furniture besi atau kayu yang sudah berumur pasti memiliki banyak cacat khususnya pada bagian cat yang menampilkan furniture berumur atua. Ketika furniture sudah tua dan tidak memiliki penampilan yang bagus maka Anda harus melakukan refinishing atau pengecatan ulang untuk mendapatkan penampilan yang baru. Ada dua hasil yang bisa Anda dapatkan dari refinishing yaitu penampilan yang benar-benar baru atau penampilan baru yang berkesan klasik dengan tidak banyak menghilangkan nilai asli dari furniture.

Jenis furniture lama berbahan kayu dan besi memiliki sifat yang berbeda. Maka keduanya juga memiliki ciri berbeda untuk menilai apakah Furniture sudah siap untuk di refinishing. Nah untuk itu Anda harus mempelajari satu persatu dari kedua material tersebut. Sehingga ketika Anda akan memilih Furnituree bekas di toko tidak membutuhkan biaya yang banyak dan upaya yang terlalu tinggi dari harga beli Furniture tersebut.

Kenali Furniture Kayu Sebelum Refinishing

Furniture kayu yang sudah berumur ini biasanya memiliki ciri yang sudah keropos, banyak bagian Furniture yang hilang seperti knop almari atau cat yang sudah mengelupas bahkan permukaan yang berjamur. Untuk meminimalkan jumlah budget yang Anda keluarkan untuk refinishing maka pilih Furniture kayu dengan ciri berikut ini:

  1. Konstruksi kuat
Kenali Ciri Furniture Untuk Refinishing Furniture Dengan Cat Kayu Besi Eksterior
Konstruksi sofa.

Jika Anda akan membeli Furniture bekas maka pastikan konstruksi dari Furniture masih kuat. Jangan sampai Anda baru menggunakannya beberapa kali Furniture sudah rusak. Anda bisa memperhatikan tahun pembuatan dari Furniture. Produksi sebelum tahun 1950an bahkan sebelum 1960an lebih kuat dibandingkan sesudahnya dimana produk partikel board dan kayu laminasi diproduksi. Furniture yang diproduksi sebelum tahun 1960an harus sangat hati dalam proses finishingnya jika tidak Anda akan kehilangan nilai antiknya. Maka untuk refinishing Anda tidak harus mengubahnya untuk menjadi tampilan yang baru namun cukup memperbaiki dari aslinya saja.

  1. Lapisan coating Furniture
Baca Juga:  Alat Penyerap Kelembapan Siap Digunakan
Kenali Ciri Furniture Untuk Refinishing Furniture Dengan Cat Kayu Besi Eksterior
dining table dengan tampilan natural.

Memilih Furniture lama dapat dilihat dari lapisan coatingnya. Akan lebih mudah jika Anda melihat Furniture dengan lapisan cat natural karena akan melihat serat kayu dengan baik. Sedangkan untuk Furniture yang dilapisi dengan warna solid, akan menyembunyikan cacat pada kayu seperti bekas kayu yang terbakar, lapisan veneer yang hilang dan cacat warna pada kayu. Jadi akan lebih mudah menentukan bagus tidaknya Furniture dari lapisan coating yang berwarna transparan.

  1. Kebutuhan Pengeleman
Kenali Ciri Furniture Untuk Refinishing Furniture Dengan Cat Kayu Besi Eksterior
Bagian pengeleman pada siku kursi,

Ketika sebuah Furniture lama yang sudah tidak digunakan lagi maka Anda haris mengecek pada bagian siku atau pada bagian yang menggunakan bagian pengeleman. Khususnya Anda harus mengecek bagian rak. Ketika banyak bagian kayu yang harus di lem maka Anda harus menggantinya dengan lem yang lebih kuat seperti lem putih. Proses pengelaman juga membutuhkan waktu yang lama karena harus membongkar seluruh bagian kayu dari awal dan merakitnya kembali.

  1. Bayangkan hasil refinishing
Kenali Ciri Furniture Untuk Refinishing Furniture Dengan Cat Kayu Besi Eksterior
Sebuah sofa kayu dengan bantalan yang telah difinishing ulang.

Ketika sebuah Furnituree sudah tidak digunakan bahkan terbengkalai selama beberapa dekade maka akan sulit untuk membayangkan bagaimana hasil akhirnya. Furniture yang akan Anda pilih harus Anda bayangkan terlebih dahulu bagaimana hasil akhirnya. Karena ketika hasil akhir sudah Anda bayangkan tentu saja proses untuk refinishingnya akan sangat mudah. Untuk mendapatkan ide, Anda bisa melihat bagain Furniture pada salah satu sisi misalnya bagian depan, seluruh permukaan, atau bagian samping. Perhatikan apabila Anda menyukai serat kayu dan Anda memiliki ide warna apakah yang akan diterapkan pada Furnituree tersebut.

Kenali Furniture Metal Sebelum Proses Refinishing

Jika Anda menemukan Furnituree dari besi hal pertama yang harus Anda pikirkan adalah apakah Anda akan menghilangkan seluruh karat atau tidak. Bagi sebagian orang Furniture besi yang berkarat akan terlihat artistik sedangkan sebagian orang tidak. Ada tiga tampilan yang bisa Anda dapatklan setelah refinishing yaitu gaya vintage, rustic, rusty chic dan juga industrial. Jadi khusus untuk Furniture metal yang perlu diperhatikan hanyalah hasil akhir yang akan didapatkan.

Baca Juga:  Grosir Bahan Kimia Pemutih Kayu WA 250 Mencerahkan Furniture Berkayu Tusam
Kenali Ciri Furniture Untuk Refinishing Furniture Dengan Cat Kayu Besi Eksterior
Menggosok karat yang pada pada furnitur.

Menghilangkan karat pada Furniture besi untuk hasil yang benar-benar baru membutuhkan usaha yang sangat keras. Untuk menghilangkan karat membutuhkan waktu beberapa minggu sehingga Anda tidak akan mendapatkan waktu yang singkat. Dibutuhkan sikat kawat pada tahapan awal kemudian amplas nomor 60-80 dan harus diamplas hingga halus.

Jadi apabila Anda akan melakukan refinishing Furniture besi maka Anda harus bersipa waktu yang lama dan juga usaha yang sangat keras. Jika Anda menyukainya maka tidak akan menjadi masalah.

Cara Refinishing Dengan Cat Kayu Besi Eksterior

Anda mungkin sudah menentukan jenis Furniture yang akan difinishing baik itu material kayu maupun besi. Langkah selanjutnya adalah refinishing. Di sini akan dijelaskan bagaiaman melakukan refinishing Furniture untuk mendapatkan hasil yang benar-benar baru dengan warna solid. Anda bisa menggunakan cat kayu besi yang aplikasinya hanya satu produk karena akan lebih menghemat waktu. Cat kayu besi water based bisa Anda gunakan. Dilihat dari kekuatan perlindungan pada Furniture dan juga kemudahannya, cat ini sangat cocok bagi Anda yang baru pertama kali melakukan finishing.

Lankah pertama yang perlu Anda lakukan untuk Furniture kayu adalah menghilangkan seluruh lapisan coating yang lama. Anda bisa menggunakan mesin sander dengan kertas amplas nomor 150 hingga 180. Pastikan seluruh permukaan kayu sudah bersih dari lapisan coating yang lama maupun bebas debu amplas. Jika Anda akan melakukan refinishing Furniture besi maka Anda bisa menghilangkan lapisan karat dan lapisan coating yang lama seluruhnya menggunakan sikat kawat dan amplas.

Permukaan Furniture yang sudah bersih dan kering maka selanjutnya adalah pengecatan. Gunakan cat kayu besi Orchid dan campurkan dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air. Aduk hingga rata sampai dasar dan angkat untuk memastikan cat sudah tercampur rata. Jika sudah tercampur rata maka lanjutkan dengan penguasan. Kuaskan bahan ke seluruh permukaan satu arah jangan berlawanan arah untuk menghindari munculnya brush mark.

Baca Juga:  Sangkar Burung dari Bambu Mulai Berjamur? Atasi Segera dengan Produk Ini

Setelah satu kali aplikasi maka diamkan hingga kering dalam ruangan. Proses pengeringan ini akan membutuhkan waktu sekitar 60 menit tanpa dijemur pada panas matahari. Setelah kering lakukan pengamplasan dengan kertas amplas no. 400, amplas hingga halus. Anda bisa mengulangi aplikasi hingga mendapatkan hasil finishing yang diinginkan.

Sebelum Anda melakukan finishing Anda bisa memilih warna dari cat kayu besi Orchid yang memiliki 24 pilihan warna. Pilihan warna ini tentu bisa dipilih sesuai dengan keinginan gaya yang akan dihasilkan dari refinishing Furnituree. Sudah tidak sabar untuk proses refinishing Furniture di rumah? segera beli cat kayu besi Orchid dengan murah melalui website ini sekarang juga sebelum kehabisan.

Pembelian produk cat kayu besi Orchid juga bisa dilakukan secara langsung yaitu melalui kota Jepara di alamat jl. Raya Kudus Km. 9 – Ngabul – Tahunan- Jepara. Anda juga bisa mendapatkan konsultasi gratis mengenai bahan finishing dan bagaimana cara aplikasi yang tepat sehingga mendapatkan hasil yang maksimal dari furniture. Jika Anda ingin mendapatkannya maka datang dan beli sekarang juga.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X