Cara Finishing Kayu Politur Water Based Dengan Spray Gun

Penggunaan politur water based menggunakan spray gun akan memberikan hasil yang rata dan juga halus. Asal Anda mengetahui bagaimana cara aplikasi yang tepat dan juga bagaimana cara yang bisa menggunakan spray gun dengan tepat. Jika tidak penggunaan yang salah akan menimbulkan hasil finishing yang gagal.

Ada beberapa tipe finishing yang gagal seperti muncul efek menggelembung, sagging atau cat yang meleleh, kegagalan dari tampilan water mark. Masalah yang muncul ini dikarenakan oleh beberapa sebab seperi viskositas dari bahan yang terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Menghindari hal tersebut persiapan material kayu dan juga bahan Anda harus mengikuti saran dari cara pemakaian yang ada pada kemasan. Untuk cat water based proses pengeringan sangat penting untuk tidak menemur. Politur water based akan mengering sempurna jika Anda meletekannya di dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang baik.

Sedangkan untuk produk yang direkomendasikan untuk digunakan tidak lain adalah politur water based BioColours. Produk ini dianjurkan untuk diaplikasikan menggunakan spray gun. Selain politur jika Anda ingin mendapatkan hasil warna yang transparan maka Anda bisa menggunakan produk dimulai dari BioColours wood filler, BioColours sanding sealer, BioColours wood stain dan terakhir politur BioColours Top Coat.

Semua proses aplikasi telah dijelaskan secara terperinci melalui kemasan. Kini Anda hanya perlu mempelajari bagaimana cara mengecat dengan spray gun dan juga mempelajari bagaimana cara finishing yang tepat.

Trik Menggunakan Spray Gun untuk Finishing Politur

Sebuah spray gun yang diberi gravitasi atau hisap akan masuk akal terutama jika Anda tidak akan menggunakan banyak lapisan pada suatu waktu jika Anda akan menyemprotkan lebih dari satu atau dua liter Anda akan ingin mempertimbangkan spray gun tekanan makan dengan pot tekanan atau jika Anda membutuhkan banyak produksi udara.

Baca Juga:  Bagaimana Menciptakan Penampilan Baru Meja Tamu Jati Bekas

Jika lapisan penyemprotan Anda sangat kental atau “tebal” seperti cat lateks Anda akan lebih baik menggunakan spray gun tekanan makan atau udara membantu pakaian tanpa pengap dengan produksi tinggi sehingga Anda tidak harus mengencerkan pelapis Anda secara berlebihan yang dapat mengubah Anda kinerja pelapis.

Tidak seperti gravity dan suction fed spray guns yang membutuhkan material menjadi tipis mengalir melalui gravity gun atau ditarik dari suction cup, air assist airless dan pressure fed spray systems memungkinkan tekanan fluida ditingkatkan untuk menyebabkan lapisan mengalir ke spray gun.

Cara Finishing Kayu Politur Water Based Dengan Spray GunAnda akan menemukan bahwa pelapis berbasis air umumnya menyemprot dengan cukup baik langsung dari kaleng tanpa perubahan yang diperlukan. Jika Anda harus mengencerkannya, gunakan air. Ini akan memberi Anda hasil yang jauh lebih baik. Beberapa, tetapi tidak semua, formulasi lak dan pernis juga siap untuk disemprot, sementara yang lain mungkin membutuhkan penipisan yang besar.

Gunakan pernis tipis ke lak tipis dan alkohol didenaturasi menjadi lak tipis. Anda bisa mengencerkannya sebanyak yang Anda suka, karena penjarangan tidak akan mengubah lapisan yang terbentuk. Ini hanya akan memungkinkan Anda untuk menyemprotkan sedikit penyelesaian per lintasan dan menjatuhkan viskositas hasil akhir untuk membuatnya mengalir lebih mudah.

Pengecualian adalah cat berbasis minyak. Itu biasanya diformulasikan bukan untuk penyemprotan, tetapi untuk menyikat. Untuk membuat mereka berperilaku baik melalui spray gun dibutuhkan beberapa perubahan, dan teknik penyemprotan yang sedikit berbeda.

Jika Anda sudah memiliki peralatan semprot, luangkan waktu untuk membiasakan diri Anda tidak hanya dengan berbagai pengaturan senapan, tips dan topi opsional dan pengaturan udara, tetapi juga dengan bagaimana ia berperilaku dengan pelapis yang berbeda. Hal-hal ini dapat sangat bervariasi dari merek ke merek dan model ke model.

Baca Juga:  4 Langkah Mudah Menggunakan Cat Kayu Besi Tahan Cuaca

Cara Finishing Kayu Politur Water Based Dengan Spray GunPilih ujung yang tepat untuk bahan yang Anda semprotkan, dan uji pola semprotan terlebih dahulu pada kayu bekas atau karton. Sesuaikan aliran udara, pemicu fluida dan bentuk kipas serta lebarnya. Lakukan tes tangga untuk menemukan tekanan udara ideal untuk memberi Anda hasil terbaik. Mulailah dengan tekanan yang lebih rendah, gunakan sedikit akhir, naikkan tekanan, semprotkan mantel lain pada potongan skrap berikutnya dan seterusnya. Ketika tekanan udara terlalu rendah, Anda akan mendapatkan kulit jeruk; terlalu tinggi dan Anda akan mendapatkan terlalu banyak. Ketika tepat, Anda harus mendapatkan hasil akhir yang halus, tipis, dan seragam.

Setelah spray dipasang, pegang sekitar delapan inci dari kayu dan tetap bergerak dengan sudut kanan ke kipas semprot setiap saat. Seberapa cepat atau lambat Anda bergerak tergantung pada seberapa banyak cairan yang keluar per detik, dan itu tergantung pada seberapa jauh Anda menarik pelatuk yang melepaskannya ke aliran udara. Pembelajaran yang membutuhkan latihan dan observasi, tetapi ini merupakan kurva belajar singkat. Bermain dengan senapan sedikit dan Anda akan bertanggung jawab sebelum Anda menyadarinya.

Saat Anda menggerakkan spray dari sisi ke sisi, jagalah agar tetap sejajar dengan kayu dan semprotkan garis lurus. Tolak dorongan untuk mengayunkan spray ke atas di ujung atau awal jalur semprotan, karena akan meninggalkan Anda dengan ujung yang tidak cukup dilapis dan banjir di tengah. Tarik pemicu sesaat sebelum semprotan masuk ke kayu dan lepaskan tepat setelah melewati ujung papan.

Berikut trik untuk menyemprotkan permukaan vertikal. Atur spray ke kipas terlebar mungkin dan mundur sekitar satu setengah kaki dari tempat kerja. Tarik pemicu dengan ringan, lepaskan hanya sedikit sekali sentuhan ke dalam aliran udara, sehingga menciptakan kabut tipis. Kaburkan kayu dengan cepat dengan kabut ini, lalu tunggu sekitar tiga atau empat menit. Sekarang kembalilah dan semprotkan cahaya, bahkan lewat sampai kayu hampir basah. Anda akan menemukan kabut yang tersumbat sebagian menempel ke permukaan akan membantu memegang lapisan vernis tipis yang baru saja diaplikasikan dan mencegahnya melorot.

Baca Juga:  Aplikasi Cat Kayu Untuk Meja Tamu Yang Usang

Langkah Aplikasi Politur BioColours

Setelah mempelajari penggunaan spray gun kini saatnya Anda mencoba untuk proses aplikasi secara langsung. Pilih warna dari BioColours wood stain terlebih dahulu, ada 20 pilihan warna natural yang bisa disesuaikan dengan warna kayu. Aplikasi pertama adalah BioColours wood filler untuk menutup pori kayu.

Setelah wood filler selesai aplikasikan BioColours sanding sealer yang sudah dicampur dengan air kemudian semprotkan ke seluruh permukaan kayu. Setelah itu tunggu kering dan amplas. Bersihkan debu amplas mulai lagi dengan aplikasi BioColours wood stain.

Campurkan wood stain dengan air dan semprotkan ke seluruh permukaan kayu, tunggu kering dan amplas. Jika warna kayu masih belum sesuai aplikasikan wood stain kembali dengan cara yang sama. Setelah itu terakhir aplikasi politur.

Pada BioColours top coat Anda bisa memilih tampilan natural dengan top coat matte atau menggunakan top coat gloss untuk hasil mengkilap. Campur dengan sedikit air dan semprotkan ke seluruh permukaan. Tunggu lapisan akhir ini kering selama 24 jam.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X