7 Langkah Menciptakan Furniture Tampak Tua

7 Langkah Menciptakan Furniture Tampak Tua

Belajar bagaimana cara untuk memberikan penampilan yang terlihat tua pada furniture bisa terlihat sangat sulit. Namun tidak disangka bahwa banyak cara mudah yang bisa Anda pilih untuk bisa membuat furniture tampak lebih tua daripada umur aslinya.

Banyak orang yang menyukai tampilan furniture lebih tua seperti gaya vintages. warna yang dipilih bisa gelap atau terang tergantung dengan selera. Ada dua warna yang biasanya digunakan pada satu furniture.

Perpaduan dua warna ini terlihat sulit untuk didapatkan. Misalnya saja warna rustic black dengan furniture warna dasar hijau pastel. Anda pasti akan bertanya-tanya bagaimana seorang pengrajin dapat menghasilkan tampilan tersebut.

Teknik distressing adalah teknik umum yang biasanya digunakan untuk mendapatkan hasil tersebut. Anda juga akan dilihat beberapa bagian furniture yang memperlihatkan warna kayu asli. Misalnya saja bagian siku atau bagian yang sering terkena gesekan.

Bagian tersebut akan memperlihatkan kesan anti. Belum lagi adanya retakan pada furniture yang terlihat natural. Seolah-olah cat retak akibat terkena perubahan cuaca terus menerus. Anda juga ternyata bisa mendapatkan hasil tersebut dengan mudah.

Berikut ini 7 cara mudah untuk mendapatkan hasil finishing yang tampak tua. Beberapa alat dan bahan bisa didapatkan dengan mudah. Ikuti langkah mudahnya.

  • Menggunakan paint remover

Langkah yang pertama ini bisa Anda dapatkan jika furniture sebelumnya telah mendapatkan lapisan cat. Hanya saja hasilnya bukan dua warna namun hanya satu warna sesuai dengan warna lapisan cat sebelumnya.

Menggunakan paint remover akan menghilangkan lapisan film yang memproteksi furniture. Cara mudahnya adalah aplikasikan paint stripper pada beberapa bagian furniture dan tunggu hingga larutan bekerja.

7 Langkah Menciptakan Furniture Tampak Tua

Tergantung bagian mana saja yang akan Anda hilangkan dan yang pasti tidak semuanya. Tergantung dengan berapa banyak lapisan cat yang telah diaplikasikan akan menentukan berapa lama Anda akan bekerja. Tunggu lapisan memulai sedikit mengelupas kemudian hilangkan dengan pisau scraper.

  • Kuas kering
Baca Juga:  Apa Sih Jenis Cat untuk Lemari Kayu Trembesi yang Bagus?

Mengecat dengan hasil vintage yang tampak rusak tidak harus menekankan kesempurnaan. Justru bagian yang rusak harus lebih ditampilkan secara artistik. Bekerja dengan kuas yang sudah kering bisa menjadi alternatif yang sangat membantu.

Teknik ini bisa Anda aplikasikan pada permukaan kayu yang belum di cat. Anda bisa menggunakan jenis cat kayu solid apapun untuk mendapatkan hasilnya. Encerkan cat kemudian kuaskan menggunakan kuas kering.

Anda akan melihat hasil finishing yang tidak merata dan juga bekas sapuan kuas. Bahkan Anda tidak perlu mengamplas hasil yang tidak rata tersebut. Ketika lapisan cat sudah mengering dengan sempurna Anda bisa langsung menggunakannya.

  • Amplas

Pengamplasan adalah  teknik yang umum dan bisa banyak digunakan dan paling mudah. Anda tidak membutuhkan alat dan bahan mahal untuk membuat furniture tampak tua. Cukup mengamplas bagian yang biasanya lebih cepat rusak.

Mulailah dengan mengaplikasikan cat ke seluruh permukaan kayu. Anda bisa memilih untuk mengaplikasikannya dengan rata atau tidak sesuai selera. Setelah lapisan cat mengering lakukan pengamplasan.

7 Langkah Menciptakan Furniture Tampak Tua

Amplas mulai dari bagian siku furniture atau bagian yang sering terkena gesekan tangan. Lakukan hingga warna kayu asli terlihat. Anda bisa mengamplas menggunakan grit kasar seperti 180 kemudian setelah warna yang dihasilkan selesai haluskan dengan amplas grit halus.

  • Vaseline

Menggunakan bahan ini mungkin terdengar aneh namun patut dicoba karena hasilnya bisa saja sesuai dengan selera Anda. Vaseline merupakan petroleum jelly yang akan membuat permukaan kayu terlihat lebih usang dari umur aslinya. Vaseline adalah salah satu merk petroleum jelly yang akan menghasilkan tampilan tersebut.

Pertama Anda harus mengaplikasikan base coat yaitu seperti primer atau sanding sealer.  Anda bisa memberikan kesan rusak baik itu warna natural atau solid. Jika base coat sudah diaplikasikan dan mengering selanjutnya ratakan vaseline ke seluruh permukaan kayu.

Baca Juga:  Rahasia Mendapatkan Finishing Rata dan Halus

Tunggu vaseline mengering, untuk cara cepatnya keringkan dengan hair dryer. Jika sudah kering Anda bisa mengaplikasikan lapisan cat diatasnya baik itu wood stain atau cat kayu solid. Maka warna yang dihasilkan tidak rata. Setelah lapisan cat mengering amplas secara ringan di keseluruhan area.

  • Glaze

Satu lagi produk cat yang pasti sudah sering Anda kenal yaitu Glaze. Fungsinya adalah untuk memberikan tampilan furniture menjadi lebih antik dengan kesan tua. Inilah fungsi Glaze yang juga akan menajamkan warna serat kayu.

Glaze juga seringkali digunakan untuk efek patina dan selalu bekerja dengan baik. Pastikn Glaze yang Anda beli terbuat dari bahan air sehingga lebih mudah diaplikasikan dan menghasilkan kesan yang lebih alami.

7 Langkah Menciptakan Furniture Tampak Tua

Pertama lapisi furniture dengan base coat dan juga cat warna. Pilih warna yang akan memberikan kesan kontras terbaik. Anda bisa menggunakan wood stain atau cat solid. Setelah kering kuaskan Glaze ke seluruh area dengan merata, tunggu sekitar 5 menit.

Glaze tidak akan langsung mengering, selanjutnya Anda bisa menghapus permukaan dari Glaze dengan kain katun yang kering. Proses ini harus dilakukan dengan cepat, sisa Glaze akan menempel pada permukaan kayu dan meresap ke dalam serat membentuk pola yang apik.

  • Milk paint

Walaupun produk ini belum ada di Indonesia namun Anda perlu mengetahuinya jika kebetulan membeli produk dari luar negeri. Milk paint memiliki bentuk bubuk dan untuk bisa mengaplikasikannya pada furniture Anda harus mengencerkannya dengan air.

Cat ini akan memberikan hasil yang lebih dramatis dengan teknik yang berbeda-beda. Secara umum atau cara aplikasi yang biasanya Anda bisa melarutkan cat kemudian mengaplikasikannya dengan rata ke seluruh permukaan furniture.

Baca Juga:  Aplikasi Cat Kayu Warna Natural Masih Menjadi Trend

Tidak perlu merata, Anda hanya perlu melapisinya hingga terbentuk efek dramatis. Amplas permukaan milk paint yang sudah kering. Warna yang dihasilkan akan memberikan kesan vintage dan inilah yang banyak dicari.

  • Bioduco chalk paint

Satu lagi produk yang akan membantu Anda untuk bisa menghasilkan tampilan tua pada furniture yaitu Bioduco chalk paint. Anda bisa mengandalkan berbagai macam alat untuk aplikasinya mulai dari kuas hingga alat semprot. Chalk paint ini adalah produk pertama yang keluar di Indonesia dan patut Anda coba.

Panduan Pemula Finishing Distressing dengan Chalk Paint

Proses aplikasinya lebih mudah dibandingkan milk paint karena Anda akan menggunakan bahan yang berbentuk cairan dan melarutkannya dengan air. Sehingga hasil warna yang diberikan tidak jauh berbeda dengan warna asli dari bahan.

Aplikasi yang paling mudah adalah dengan kuas, pastikan Anda menggunakan kuas berbulu nilon untuk cat water based ini. Setelah dilarutkan, kuaskan secara menyeluruh dalam satu arah. Cat akan menutup warna dari kayu karena juga berfungsi sebagai primer.

Setelah kering Anda bisa mengamplas permukaannya baik itu secara merata atau mengamplas hanya pada bagian tertentu saja. Ciptakan kesan vintage, antik atau bahkan shabby chic dengan berbagai alat yang Anda miliki di rumah.

Sebagai sentuhan terakhir Anda bisa mengaplikasikan top coat atau wax.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X