Ini Dia Tanda-Tanda Anda Tidak Menggunakan Cat Kayu Transparan Terbaik

Ini Dia Tanda-Tanda Anda Tidak Menggunakan Cat Kayu Transparan Terbaik

Dari goresan hingga perubahan warna, permukaan furnitur kayu Anda rentan terhadap semua jenis kerusakan. Untungnya, banyak masalah bisa diperbaiki. Kerusakan yang terjadi salah satunya adalah karena Anda tidak menggunakan jenis cat kayu transparan terbaik.

Penggunaan jenis cat yang terbaik tentu akan mempengaruhi ketahanan dari furnitur atau kayu yang dilapisinya. Jika tidak maka Anda akan mendapatkan cacat pada permukaan yang untungnya bisa diperbaiki.

Dalam artikel ini, kami akan memberi tahu Anda cara memperbaiki penggunaan cat kayu transparan yang buruk. Anda akan belajar cara memperbaiki semuanya mulai dari pengelupasan hingga luka bakar. Anda bahkan akan menemukan tips untuk memperbaiki veneer furnitur dan perangkat keras. Kami akan mulai dengan membahas noda permukaan dan perubahan warna.

Kebanyakan finishing melindungi permukaan furnitur kayu dengan membentuk lapisan pelindung. Untuk memperbaiki lapisan cat yang rusak, hanya bekerja sampai kedalaman yang terpengaruh. Di permukaan apa pun, bekerja dengan hati-hati, dan jangan keluarkan lebih banyak dari yang seharusnya.

Dalam artikel ini, akan dibahas dan teknik sederhana lainnya untuk membantu Anda menghilangkan noda, memerah, dan perubahan warna lainnya dari permukaan furnitur kayu akibat cat kayu yang buruk.

Bintik-bintik putih: Finishing lak dan lacquer tidak tahan terhadap air dan alkohol. Tumpahan dan kondensasi dari kacamata dapat meninggalkan noda atau bentuk cincin putih permanen pada lapisan ini. Untuk menghilangkan bintik-bintik putih ini, pertama-tama cobalah memoles permukaan dengan semir furnitur cair; gosok permukaan dengan kuat. Jika ini tidak berhasil, bersihkan permukaan yang bernoda dengan alkohol yang didenaturasi. Gunakan sesedikit mungkin alkohol; terlalu banyak akan merusak bagian cat.

Baca Juga:  Grosir Cat Kayu Tidak Berbau Berkualitas di Indonesia

Jika tidak ada pemolesan atau perawatan alkohol yang menghilangkan bintik-bintik putih, cat yang rusak harus diperlakukan dengan abrasif. Abrasive yang lembut dapat dibeli dari toko peralatan rumah. Untuk membuat abrasif Anda sendiri, campurkan abu rokok ke pasta dengan beberapa tetes minyak sayur, minyak mineral ringan, atau minyak biji rami. Gosok pasta abu-minyak di atas area bernoda, di sepanjang serat kayu, dan kemudian bersihkan permukaan bersih dengan kain lembut. Jika perlu, ulangi prosedurnya. Titik-titik yang membandel mungkin memerlukan beberapa aplikasi. Lalu wax dan poles seluruh permukaannya.

Jika menggosok dengan abu tidak efektif, pergi ke area bernoda dengan campuran rottenstone dan minyak biji rami. Campur rottenstone dan minyak ke dalam pasta tipis, dan gosok pasta dengan lembut di atas noda, di sepanjang butiran kayu. Rottenstone adalah abrasive yang cepat dipotong, jadi gosok dengan sangat hati-hati. Periksa permukaannya sesering mungkin untuk memastikan Anda tidak memotong terlalu dalam. Segera setelah bintik-bintik putih menghilang, hentikan menggosok dan bersihkan kayu dengan kain lembut. Lalu, aplikasikan poles kayu seperti Biopolish.

Bintik hitam: Bintik hitam disebabkan oleh air yang telah menembus sepenuhnya dan masuk ke kayu. Mereka tidak dapat dihapus tanpa merusak permukaan cat. Jika bintik-bintik pada permukaan yang jelas, Anda mungkin dapat menghapus selesai dari permukaan ini saja; jika tidak, seluruh perabot harus dilucuti. Setelah noda dihilangkan, bersihkan seluruh permukaan yang diwarnai dengan larutan asam oksalat. Kemudian refinish seperlunya.

Bintik lilin: Wax biasanya mudah lepas, tetapi harus dikeluarkan dengan hati-hati untuk mencegah kerusakan pada hasil finishing. Untuk membuat lilin atau getah getas, tekan dengan bungkus es yang dibungkus handuk atau handuk kertas. Biarkan mengeras; lalu angkat. Lilin atau getah yang mengeras harus keluar dari permukaan dengan sedikit tekanan. Jika perlu, ulangi aplikasi es. Jangan mengikis permukaan, atau Anda akan menggores cat.

Baca Juga:  Meja Belajar Anak Rendah Logam Berat

Ketika lilin benar-benar dihilangkan, gosokkan daerah itu dengan sangat ringan di sepanjang butiran kayu dengan baja wol yang dibasahi dengan thiner. Lalu wax dan poles seluruh permukaannya kembali.

Noda tinta: Noda tinta yang telah menembus lapisan akhir, seperti bintik-bintik air hitam, tidak dapat dihapus tanpa finishing ulang. Noda tinta yang kurang serius terkadang bisa dihilangkan. Dengan lembut, gosok bagian yang bernoda dengan kain yang dibasahi dengan thiner kemudian bilas kayu dengan air bersih di atas kain lembut. Keringkan permukaan secara menyeluruh, lalu wax dan poles.

Ini Dia Tanda-Tanda Anda Tidak Menggunakan Cat Kayu Transparan TerbaikJika ini tidak menghilangkan tinta, gosoklah sedikit area bernoda, di sepanjang serat kayu, dengan baja wol yang dibasahi dengan thiner. Lalu bersihkan permukaan hingga bersih dan poles menggubnakan wax atau Biopolish. Perawatan ini dapat merusak bagian akhir. Jika perlu, refinish tempat yang rusak. Jika area tersebut rusak parah, seluruh permukaan atau perabot harus diberikan wood filler ulang.

Bintik-bintik bekas minyak, tar, cat, krayon, dan lipstik: Bintik-bintik ini biasanya hanya mempengaruhi permukaan cat. Untuk menghilangkan cat basah, gunakan pelarut yang tepat pada kain lembut seperti thiner untuk cat minyak, air untuk cat lateks atau cat akrilik. Untuk menghilangkan cat kering atau bahan lainnya, sangat hati-hati angkat residu permukaan dengan ujung pisau dempul. Jangan mengikis kayu, atau Anda akan menggores cat. Ketika bahan permukaan telah dihilangkan, gosok area tersebut dengan sangat ringan di sepanjang butiran kayu dengan steel wool yang dibasahi dengan thiner. Lalu wax dan poles seluruh permukaannya.

Memperbaiki Lapisan Cat Spot Tertentu

Setiap perbaikan yang melibatkan pengelupasan cat yang rusak sepenuhnya seperti goresan dalam, pengelupasan cat, luka bakar, atau kerusakan lainnya  juga melibatkan memperbaiki area perbaikan.

Baca Juga:  Mengubah Jendela Kayu Kusam Tampil Berbeda dengan Chalk Paint

Ini Dia Tanda-Tanda Anda Tidak Menggunakan Cat Kayu Transparan TerbaikSpot refinishing tidak selalu mudah, dan itu tidak selalu berhasil, terutama pada permukaan yang bernoda. Jika kerusakannya tidak terlalu buruk, ada baiknya dicoba. Jika Anda harus menyentuh beberapa area di satu permukaan, Anda mungkin lebih baik menyempurnakan permukaan atau bagian furnitur sepenuhnya.

Untuk mewarnai satu area di permukaan, gunakan wood stain berbasis air yang cocok dengan warna di sekitarnya. Anda mungkin harus mencampur wood stain untuk mendapatkan kecocokan yang baik. Uji wood stain pada bagian kayu yang belum terselesaikan sebelum mengerjakan permukaan kayu yang akan difinishing.

Sebelum menerapkan cat, siapkan area yang rusak untuk finishing. Sealing tidak diperlukan. Oleskan wood stain ke area yang rusak dengan kuas atau kain bersih, menutupi seluruh area yang masih bersih.

Biarkan cat diset selama 15 menit dan kemudian bersihkan dengan kain bersih. Jika warnanya terlalu terang, aplikasikan lapisan cat lain, tunggu 15 menit, dan lap lagi. Ulangi prosedur ini sampai Anda puas dengan warnanya; kemudian biarkan noda mengering sesuai dengan instruksi pabriknya.

Amplas permukaan bernoda dengan wol baja  dan bersihkan dengan kain bal. Oleskan lapisan baru dari lapisan yang sama yang sudah ada di permukaan gunakan pernis di atas area yang baru diwarnai, dengan sentuhan akhir yang baru ke lapisan tua di sekitarnya.

Biarkan lapisan baru kering selama satu hingga dua hari, dan gosok lembut area yang ditambal dengan wol baja. Terakhir poles seluruh permukaan dengan Biopolish dan memolesnya menjadi bersinar.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X