Bahaya! Salah Penggunaan Silica Gel Biru Bisa Mengakibatkan Penyakit Ini

Bahaya! Salah Penggunaan Silica Gel Biru Bisa Mengakibatkan Penyakit Ini

Membahayakan tubuh hanya karena salah menggunakan silica gel yang berbentuk kecil akan sangat mengecewakan.  Silica Gel adalah produk yang sangat efektif dan efisien ketika digunakan untuk menyerap kelembapan dalam penyimpanan berbagai macam benda bahkan untuk makanan. Sebelum Anda menggunakannya maka Anda harus memahami berbagai macam jenis Silica Gel agar tidak salah dalam panggunaannya.Selain itu juga pahami bahaya dari masing-masing jenis-jenis Silica karena bisa saja menimbulkan keracunan bagi Anda.

Salah satu produk Silica Gel yang harus diwaspadai adalah Silica Gel biru. Jenis Silica Gel biru ini masih sangat banyak di pasaran karena penggunaannya yang mudah, murah dan juga dapat digunakan kembali dengan proses penjemuran yang benar. Silica Gel biru yang sudah meneyrap kelembapan akan berubah menjadi warna pink. Kemudian apabila sudah berwarna pink Anda bisa menjemurnya sehingga kembali berwarna biru. Maka Anda bisa menggunakannya kembali.

Bahaya! Salah Penggunaan Silica Gel Biru Bisa Mengakibatkan Penyakit Ini

Bahan Silica Gel biru menggunakan zat aditif cobalt chloride. Bahan ini sering digunakan pada obat-obatan yang akan menormalisasi transportasi protein dalam saraf dan juga akan memperlambat atau menghambat proses degenerasi saraf. Tetatpi apabila bahan ini digunakan pada Silica Gel akan menjadi bahan yang memiliki kemampuan serap lembab yang tinggi.

Di sini Anda harus waspada penggunaan Silica Gel terlebih jika sampai tertelan. Biasanya anak-anaklah yang tidak sengaja menelan Silica Gel biru yang sangat berbahaya. Apabila tertelan Silica Gel biru akan menyerap cairan pada tubuh manusia. Hal ini sangat berbahaya karena 70% dari tubuh manusia adalah air. Selain menyerap cairan ada efek samping lain yang bisa membahayakan nyawa Anda yaitu mual, muntah, gagal jantung, hypothyroidism dan gondok. Penyakit berbahaya yang harus Anda wasapadai adalah gagal jantung yang bisa merengkat nyawa Anda. Efek samping tersabut disebabkan oleh Cobalt Chlorine yang terlalu berlebihan dan masuk secara langsung pada tubuh.

Baca Juga:  Apa Jenis Plitur Kayu Jati Belanda yang Berkualitas dan Banyak Dicari?

Cermati Penggunaan Macam-Macam Silica Gel

Seperti yang telah dikatakan di atas bahwa Silica gel terdapat berbagai macam jenis. Agar tidak terjadi kesalahgunaan maka Anda harus mencermati penggunaan Silica Gel berikut ini:

  1. Silica Gel Biru

Bahaya! Salah Penggunaan Silica Gel Biru Bisa Mengakibatkan Penyakit Ini

Silica Gel ini memang memiliki daya serap yang tinggi tetapi penggunaannya sangat terbatas. Anda tidak dapat menggunakannya pada jenis bahan yang akan dikonsumsi oleh manusia yaitu makanan. Penggunaan Silica Gel biru terbatas pada penggunaan mesin atau aat berat saja. Fungsinya adalah untuk menyerap kelembapan agar mesin tersebut tidak mudah berjamur, tumbuh karat hingga rusak. Maka banyak sekali pabrik yang menggunakan Silica Gel biru ini. Bahkan untuk tempat penyimpanan pakaian tidak disarankan agar tidak menimbulkan kontaminasi pada kulit.

  1. Silica Gel White

Bahaya! Salah Penggunaan Silica Gel Biru Bisa Mengakibatkan Penyakit Ini

Jenis Silica Gel ini lebih ramah dibandingkan dengan Silica Gel biru. Bahan serap lembab yang terbuat dari sodium silikat ini mampu menyerap pada bagian-bagian benda yang digunakan manusia seperti kamera, pakaian, handuk atau buku dan perlengkapan lainnya. Tingkat penyerapan kelembapan dari Silica Gel White ini adalah dua kali lipat dibandingkan dengan beratnya sendiri.

  1. Silica Gel Natural

Bahaya! Salah Penggunaan Silica Gel Biru Bisa Mengakibatkan Penyakit Ini

Produk Silica Gel Natural adalah produk yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Alasan utamanya tidak lain adalah kemudahan digunakan dan juga aman.Silica Gel Natural  terbuat dari bahan batu zeolit yang mampu menyerap kelembapan sangat tinggi. Karena tidak adanya bahan kimia berbahaya oleh karena itu Silica Gel ini mampu digunakan pada kemasan makanan kering. Makanan kering Anda tidak akan terkontaminasi dengan Silica Gel dan juga dapat digunakan pada jenis benda lainnya seperti halnya Silica Gel White.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan produk Silica Gel aman maka Anda bisa langsung membelinya melalui situs toko bahan finshing dan juga bahan perawatan kayu yang aman dan ramah lingkungan. Jadi apabila digunakan pada lingkungan tidak akan menimbulkan penyakit khususnya bagi anak-anak atau buah hati Anda. Produk Silica yang aman adalah Silica Gel White dan Silica Natural. Jadi jangan sampai Anda salah membeli produk karena sekali Anda salah mendapatkan produk Silica gel yang aman untuk lingkungan anak-anak.

Baca Juga:  Pemanfaatan Limbah Kayu Jati Menjadi Furnitur Lebaran

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X