Ini Fungsi Silica Gel Jika Digabungkan Dengan Cat Kayu Anti Air

Ini Fungsi Silica Gel Jika Digabungkan Dengan Cat Kayu Anti Air

Anda mungkin heran bagaimana Silica Gel dapat mengawetkan dengan digabungkan dengan cat kayu anti air. mengingat bentuk silika gel yang merupakan butiran sedangkan cat berbentuk cair. Memang penggabungan ini tidak dimaksudkan secara harafiah namun penggunaan Silica Gel adalah seusai proses finishing. Banyak proses memang yang dibutuhkan jika Anda ingin mendapatkan hasil kayu yang lebih lama. Misalnya saja pada kitchen set. Cabinet yang menggantung pada dinding akan digunakan untuk penyimpanan berbagai peralatan makan yang berat. Kondisi dapur yang cenderung basah atau memiliki kelembapan sangat tinggi maka akan memeprcepat proses pelapukan apda kayu terlebih lagi jika Anda menggunakan jenis bahan kayu seperti partikel board yang jelas tidak dapat bertahan lama.

Ini Fungsi Silica Gel Jika Digabungkan Dengan Cat Kayu Anti Air
Kabinet yang telah difinishng natural untuk digunakan sebagai penyimpanan pakaian.

Nah solusinya adalah Anda harus menggunakan jenis kayu solid agar mampu menobang banyak beban dari benda yang disimpan. Tak hanya itu untuk memberikan perlindungan dari luar dan juga dalam Anda membutuhkan banyak produk seperti pengawetan  kayu, cat kayu anti air dan juga silica gel. Ketika Anda menginginkan agar hasil yang sempurna maka Anda harus menggunakan berbagai jenis produk tersebut dengan langkah dan cara yang tepat.

Proses Pengawetan Kayu Mudah

Ketika Anda menemukan kayu baik itu kayu baru saja ditebang atau kayu hasil sisa limbah maka Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai macam produk. Namun jika Anda menemukan furnitur yang akan di refinsihing maka Anda harus melakukan cara yang lain bahkan lebih mudah dibandingkan dengan membangun dari awal dari bahan kayu.

Nah yang ingin dijelaskan di sini adalah lebih kea rah bagaimana Anda bisa mengawetkan kayu dan melindungi kayu dari dalam. Perlindungan yang diberikan ini lebih mengarah jamur yang akan memebrikan penampilan kurang menarik dan akan menarik perhatian rayap. Jamur juga merupakan penyebab utama percepatan kayu akan lapuk dengan cepat.

Baca Juga:  Bahaya Finsihing Dengan Cat Cepat Kering Solvent Based

Anda bisa memberikan produk BioCide Wood Fungicide dalam proses ini. Lakukan pencampuran 130 gr BioCide dengan 13 liter air kemudian Anda bisa menguaskan atau mencelupkan kayu dalam campuran air tersebut. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan karet dan juga masker karena obat ini cukup keras. Apabila Anda terkena cairan maka segera bilas menggunakan air bersih jika tidak bisa mengakibatkan iritasi kulit.

Jika kayu sudah terlapisi dengan BioCide maka Anda bisa mulai dengan proses pengeringannya. Proses pengeringan ini bisa dengan di oven dan kayu mendapatkan MC kayu yang sesuai. Namun jiika sejak awal kayu sudah memiliki mc kayu standar maka Anda bisa melakukan penjemuran saja hingga kering. Setelah proses ini kayu sudah dilapisi dengan oabt anti jamur dengan sempurna.

Proses Finishing Cat Kayu Anti Air

Perlindungan dari dalam memang sudah didapatkan menggunakan bahan anti jamur. Namun perlu juga perlindungan dari luar menggunakan cat kayu anti air sebelum menggunakan Silica Gel. Anda bisa menggunakan produk Biovarnish yang aplikasinya lebih mudah yaitu hanya dengan kuas dan juga air saja. Untuk proses aplikasi lengkapnya maka ikuti proses perikut ini:

Pertama, aplikasikan Biovarnish Wood Filler ke seluruh permukaan kayu dengan menggunakan pisau pallet. Warna dari wood filler dapat disesuaikan dengan hasil yang Anda inginkan. Selanjutnya tunggu kering sekitar 20 menit saja tanpa harus dijemur pada panas matahari. Setelah itu Anda bisa mengamplas dengan kertas amplas nomor 240 hingga serta kayu terlihat.

Kedua, Anda bisa langsung mengaplikasikan Biovarnish Wood Stain sesuai dengan warna yang diinginkan dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Aplikasikan dengan kuas nylon searah serat kayu. Setelah itu tunggu kering sekitar 60 menit saja dengan diangin-anginkan saja terakhir amplas dengan kertas amplas nomor 400 amplas ambang saja.

Baca Juga:  Grosir Pemutih Kayu Ramah Lingkungan WA 250

Ketiga, lapisan terakhir adalah menggunakan Biovarnish Clear Coat. Untuk mencegah jamur dari luar Anda bisa mencampurkan BioCide Surface Film Preservative dengan air dan clear coat. Jika sudah maka Anda bisa mengaplikasikan dengan kuas. Untuk proses kering membutuhkan waktu semalaman.

Fungsi Silica Gel Untuk Mengawetkan Kayu

Pada musim hujan ini walaupun Anda sudah memebrikan perlindungand kayu dari dalam dan juga dari luar, kelembapan yang datang tidak diduga bisa merusak kayu dalam waktu yang tidak tentu. Bahkan banyak sekali ibu rumah tangga yang mengeluh sudah menggunakan kayu solid namun hanya dalam waktu satu tahun saja kayu atau kitchen set rusak parah bahkan ada pula yang ambruk.

Ini Fungsi Silica Gel Jika Digabungkan Dengan Cat Kayu Anti Air
Jenis Silica gel.

Menghindari kerusakan tersebut Anda bisa menggunakan produk Silica Gel yang akan menyerap kelembapan di dalam lemari. Jadi Anda bisa meletakan Silica Gel White yang berukuran satu gram beberapa bungkus di dalam kitchen set. Silica Gel ini tidak akan mencemari makanan atau alat makan yang Anda simpan di dalam kitchen set jadi Anda bisa aman dan juga terjaga tanpa harus berfikir maslaah keracunan.

Penggunaan Silica Gel ini sangat efektif dalam menyerap kelembapan, Anda cukup mengecek satu bulan sekali apakah Silica Gel masih berfungsi atau tidak. Untuk proses pengecekan ini Anda bisa memasukan salah satu Silica Gel pada air, jika terjadi reaksi gelembung udara maka Silica Gel masih bisa digunakan. Namun jika tidak Anda bisa mengganti Silica Gel dengan yang baru.

Jika Anda ingin membeli rangkaian produk mulai dari BioCide, Cat kayu Biovarnish dan juga Silica Gel maka Anda bisa membelinya melalui situs hargacat.com ini yang merupakan online shop bahan finishing water based yang aman dan juga ramah lingkungan.

Baca Juga:  Jual Silica Gel White Untuk Kamera di Surabaya

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X