Cat Besi Yang Bagus Untuk Finishing Meja Tamu

Cat Besi Yang Bagus Untuk Finishing Meja Tamu

Memiliki meja tamu yang menggunakan material besi, tidak perlu khawatir akan berkarat karena Anda bisa mendapatkan penampilan menarik dengan cat besi yang bagus. Anda kini bisa dengan mudah melakukan finishing pada material besi tanpa harus menggunakan alat semprot khusus. Bahkan alat yang digunakan cenderung sangat mudah yaitu kuas.

Siapa yang tidak mengenal kuas, alat yang bisa dengan sangat mudah ditemukan di toko bahan bangunan terdekat di rumah Anda. Harga yang murah dengan variasi kualitas bisa Anda dapatkan jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

Cat Besi Yang Bagus Untuk Finishing Meja TamuMenggunakan cat untuk finishing adalah sebuah keharusan yang dilakukan oleh para pengrajin kini bisa Anda lakukan sendiri. Anda bisa melakukannya di waktu libur dan hanya perlu mengeluarkan sedikit uang untuk membeli bahan dan alat.

Ada dua jenis cat besi yang bisa Anda gunakan untuk meja tamu yaitu cat besi dari solvent dan juga cat besi dari water based. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa Anda pelajari sebelum membeli. Jika Anda ingin belajar cara penggunaan cat besi yang bagus untuk finishing meja tamu maka pilih dan pelajari lebih lanjut bagaimana Anda melakukannya dalam artikel ini.

Cat Besi Solvent VS Cat Besi Water Based

Telah disebutkan di atas bahwa terdapat dua jenis bahan cat besi yang bisa Anda gunakan yaitu cat besi solvent dan cat besi water based. Untuk mengetahui kelebihan atau kekurangan keduanya maka Anda bisa langsung mempelajarinya dari perbedaan berikut ini.

  • Tingkat kekeringan

Pda proses aplikasi, tingkat kekeringan keduanya sangat mempengaruhi hasil akhir. Bagaimana Anda mendapatkan hasil finishing yang kering dengan sempurna. Bekerja dengan cat solvent maka membuat Anda harus bisa melakukan finishing dengan bantuan panas matahari. Pelarut berupa thinner tidak dapat mengering dengan sempurna tanpa adanya panas matahari secara langsung. Anda juga perlu meperhatikan bagaimana meja tamu yang sedang Anda finishing terkena panas matahari. Jika terkena panas yang terlalu sering maka Anda akan mendapatkan hasil yang tidak maksimal seperti muncul warna putih.

Baca Juga:  5 Jenis Ukir Mebel Jepara untuk Ciptakan Ruang Lebih Estetik

Berbeda dengan tingkat kering dari cat water based untuk besi pada meja tamu Anda. Penggunaan cat water based akan lebih cepat kering dibandingkan dengan cat besi solvent. Cat besi water based bahkan dapat mengering tanpa harus dijemur di bawah panas matahari. Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan juga mendapatkan tanpa ada efek memutih bahkan bisa lebih tahan lama.

  • Proses aplikasi

Proses aplikasi pada cat solvent untuk hasil maksimal adalah menggunakan spray sistem dan kompresor. Tentu saja cara ini akan menghambat Anda yang tidak memiliki alat tersebut. Anda perlu mengaplikasikan menggunakan spray gun agar hasil cat solvent pada permukaan meja tamu bisa kebih rata. Jika Anda menggunakan cat water based yang diaplikasikan menggunakan kuas maka hasil juga akan sama yaitu rata dan halus. Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal jika menggunakan cara ini.

  • Tingkat keamanan

Pertimbangan yang terkahir ini paling banyak memberikan pengaruh pilihan. Cat solvent yang menggunakan hasil maksimal dengan bahan pealrut thinner memiliki resiko lebih tinggi bagi penggunanya untuk terkena kanker. Penyakit kanker yang hingga saat ini masih sulit dicari obat penyembuhnya sangat berbahaya dan juga harus dilakukan proses penggantian jenis penggunaan cat. Jika Anda ingin terhindar dari penyakit ini maka gunakanlah jenis cat besi water based. Cat besi yang berbahan dasar air tidak mengandung resin atau solvent yang mengandung logam berat.

Kandungan yang sangat berbahaya biasanya didapatkan dari adanya formalin, timbal bahkan merkuri yang akhirnya menguap di udara dan dihirup oleh pernapasan manusia. Tentu saja logam berat masuk ke dalam tubuh Anda yang menjadi pusat timbulnya penyakit kanker. Bahan pelarut air lebih aman dibandingkan dengan bahan pelarut thinner.

Baca Juga:  Cat Kayu Warna Gloss Mempercantik Aquarium

Jenis Cat dan Cara Aplikasi Cat Besi Yang Aman

Anda memiliki meja tamu yang terbuat dari besi, kini saatnya Anda melakukan perubahan untuk menggunakan jenis cat yang aman. Baik itu untuk DIY maupun pada pabrikan furnitur cat besi water based akan lebih memberikan hasil yang lebih baik untuk perlindungan dan penampilan. Jenis cat besi yang kini direkomendasikan untuk Anda buat adalah cat besi Orchid.

Produk Orchid adalah produk cat yang bisa Anda gunakan dengan mudah yaitu hanya menggunakan kuas. Alat kuas yang bisa dengan mudah dan juga murah Anda temukan di toko bahan bangunan atau toko besi terdekat ini bisa Anda dapatkan dengan cepat bahkan mudah. Sedangkan untuk cat besi Orchid bisa Anda dapatkan melalu website ini.

Cat Besi Yang Bagus Untuk Finishing Meja TamuDi sini Anda bisa memilih cat besi water based Orchid warna apa saja. Hasil warna yang yang akan ditampilkan pada meja tamu adalah warna semi gloss. Anda akan menemukan warna yang menarik baik itu terang maupun gelap. Namun untuk besi meja tamu disarankan untuk menggunakan warna yang cenderung cokelat agar tampilan menjadi lebih elegan.

Warna gelap seperti warna cooper, brown, bahkan hitam akan menjadi pilihan yang sangat baik. Proses aplikasi dipermudah dengan kecepatan kering yang hanya akan memakan waktu kurang ebih sekitar 60 menit saja. Anda akan dengan mudah mendapatkan warna yang sesuai dengan keinginan Anda.

Proses aplikasi cat besi water based yang aman adalah dengan cara berikut ini:

  1. Pertama siapkan permukaan meja tamu besi terlebih dahulu. Besi yang baik adalah besi yang tidak memiliki lapisan karat. Pastikan Anda menghilangkan semua lapisan karat dengan mengamplas seluruh permukaan besi dengan amplas kasar. Cara ini akan dengan mudah dan dengan cepat ditangani. Jika permukaan meja tamu besi sudah halus dan tidak berkarat hilangkan permukaannya dari debu amplas.
  2. Kedua adalah pengaplikasikan cat besi Orchid. Pilih warna yang Anda inginkan, pastikan warna tersebut sesuai dengan gaya ruang tamu And. Selanjutnya jika Anda ingin mengaplikasikan larutkan cat besi Orchid dengan air perbandingan 4 bahan ; 1 air kemudian aduk rata dalam gelas pencampur. Gunakan kuas busa atau kuas nylon kemudian kuaskan ke permukaan besi tipis saja satu arah.
  3. Tunggu lapisan pertama ini kering jangan dijemur di panas matahari, jika Anda menggunakna ruang ber AC, cat akan cepat mengering. Setelah kering gunakan amplas dengan grit 400 dan hilangkan debu amplas. Pengamplasan dilakukan dengan cara ambang agar tidak menghilangkan lapisan cat.
  4. Lapisan pertama biasanya masih terlalu tipis maka Anda bisa mengaplikasikan cat kembali dan tunggu kering. Lakukan langkah yang sama yaitu mengecat, tunggu kering dan amplas hingga tiga atau empat lapisan. Maka hasilnya lapisan film yang terbentuk akan kuat melindungi meja tamu Anda.
Baca Juga:  Amankah Meja Ruang Tamu Daur Ulang?

Bagi Anda yang ingin mendapatkan cat besi Orchid maka bisa melakukan pembelian melalui situs ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X