Cara Mengecat Kayu dengan Kompresor Agar Halus dan Rata

Cara Mengecat Kayu dengan Kompresor Agar Halus dan Rata

Para pengecat pemula yang menggunakan spray gun atau kompresor perlu memperhatikan trik dalam mengaplikasikannya. Banyak yang beralih menggunakan kompresor dari aplikasi kuas setelah mereka menguasai aplikasi kuas dan juga mendapatkan banyak furnitur untuk difinishing.

Furnitur kayu yang difinishing dengan kuas memang sangat lama maka pengaplikasian dengan komproses dibutuhkan untuk menghemat waktu. Aplikasi dengan spray gun menggunakan kompresor tidaklah sulit apalagi jika Anda mengaplikasikannya dengan cara yang tepat dan cat yang sesuai.

Tidak semua jenis cat dapat diaplikasikan dengan spray gun karena pencampuran tepat dan cat yang berkualitaslah yang akan menhasilkan finishing yang terbaik seperti halus dan rata. Anda yang ingin mengetahui apa saja kelebihan dari cat kayu kuas dibandingkan dengan mengecat menggunakan kompresor akan dijelaskan melalui artikel ini.

Dalam artikel ini Anda juga akan mempelajari cara mengecat kayu dengan kompresor yang tepat dan mudah. Tidak sulit mengaplikasikan jika Anda sudah mempelajarinya dengan benar.

Perbandingan Mengecat dengan Kuas dan Kompresor

Para ahli refinishing furnitur yang melakukan proyek dengan volume tinggi sering kali beralih ke cat semprot untuk efisiensi dan hasil yang terlihat profesional. Cat semprot juga merupakan cara yang tepat jika Anda menginginkan hasil akhir yang mengkilap dan berkilau. Ini juga menawarkan keuntungan lain seperti:

  • Bahkan cakupan tanpa sapuan kuas.
  • Cat semprot lebih cepat dari lukisan kuas.
  • Kebanyakan cat semprot berbahan dasar air dan memberikan hasil akhir yang lebih tahan lama dibandingkan cat
  • Cat semprot dapat digunakan pada hampir semua permukaan, termasuk kayu, logam, anyaman, plastik, dan resin.
  • Cat semprot mengering lebih cepat daripada cat yang dikuas.
  • Cat semprot lebih mudah diaplikasikan pada furnitur pada spindel, potongan kecil, atau sudut dan celah yang rumit seperti ukiran.
  • Pembersihan lebih mudah.
Baca Juga:  Ini Dia Informasi Daftar Harga Cat Tembok 2015 Akhir

Cara Mengecat Kayu dengan Kompresor Agar Halus dan RataUntuk facelift di kursi, bangku, bangku atau end table, cat semprot adalah pilihan yang sangat baik. Namun, Anda dapat mengalami kesulitan saat menggunakan cat semprot pada furnitur yang lebih besar. Cakupan bahkan menjadi sulit ketika akan bolak-balik di atas permukaan besar dengan semprotan bisa, menghasilkan selesai noda. Ada dua solusi umum untuk masalah ini:

  • Untuk hasil finishing satin atau gloss, aplikasikan sealer akrilik berbahan dasar air yang jelas dengan sikat spons-chip, yang bekerja dalam suhu yang lebih dingin antara 60 dan 75 derajat.
  • Untuk pewarna matte atau kilau halus, oleskan wax dengan kain katun lembut, dan keluarkan.

Selalu oleskan cat semprot dalam lapisan tipis, bahkan untuk menghindari menetes. Penting juga untuk menguji nosel pertama di area furnitur yang tidak mencolok; nosel yang buruk memerciki cat, merusak hasil akhirnya. Mulailah dengan furnitur kecil, dan lanjutkan ke bagian yang lebih besar saat teknik Anda meningkat.

Meskipun lebih memakan waktu, melukis furnitur dengan tangan dengan kuas dan rol busa dengan sentuhan akhir yang indah. Keuntungan furnitur yang dicat dengan kuas meliputi:

  • Lebih banyak opsi warna, termasuk kemampuan untuk mencampur warna kustom.
  • Lebih murah cat yang dioleskan menutupi lebih banyak luas permukaan daripada cat semprot.
  • Kurang beracun cat berbahan air dapat diaplikasikan di dalam ruangan dengan asap minimal, sedangkan cat semprot harus diterapkan di luar ruangan atau di area berventilasi baik saat Anda mengenakan masker respirator.

Kunci untuk mendapatkan hasil akhir yang bagus dengan kuas adalah dengan menggunakan kuas miring berkualitas tinggi dan aplikasikan cat yang tipis dan merata. Gunakan roller busa dengan ujung bulat untuk mengisi area yang luas dan datar lebih cepat ujung yang bulat membantu mencegah tanda roller. Gunakan kuas miring untuk melukis ukiran atau alur yang detail dan untuk menyentuh tetesan yang terjadi dengan roller.

Baca Juga:  Harga Pernis Kayu Water Based dan Solvent Based 2021

Baca juga : Cara Aplikasi Biovarnish Dengan Spray System untuk Warna Natural Pada Sangkar Burung

Cara Aplikasi Cat dengan Kompresor

Saatnya Anda bagaimana mengaplikasikan cat dengan kompresor. Jenis cat yang direkomendasikan baik itu warna natural maupun solid adalah menggunakan cat kayu water based Biovarnish. Produk ini tersedia dalam berbagai macam warna yang lengkap dan juga mudah diaplikasikan dengan kompresor.

Bahkan penggunaan spray gun adalah yang diutamakan ketika aplikasi produk Biovarnish. Banyak para pengrajin furnitur pabrikan yang sudah membuktikan kelebihan dari aplikasi ini. Ada beberapa hal penting yang perlu Anda lakukan sebelum masuk dalam proses aplikasi Biovarnish . Berikut ini keamanan dan hal lain yang perlu Anda aplikasikan termasuk teknik mengecat dengan kompresor.

  1. Alat pengaman
Cara Mengecat Kayu dengan Kompresor Agar Halus dan Rata
Contoh pengecatan tidak baik karena tidak ada penggunaan alat pengaman.

Menggunakan alat pengaman adalah kunci Anda selamat dari finsihing furnitur kayu. Masker atau respirator, penutup telinga, sarung tangan adalah tiga hal utama yang wajib digunakan saat pengecatan. Anda tentu tidak ingin terjadi kecelakaan pada diri Anda saat mengecat dengan kompresor. Ketiga alat tersebut akan melindungi kesehatan Anda jadi pastikan Anda telah menggunakannya sebelum aplikasi.

  1. Bagian spray gun

Anda akan menggunakan kompresor dan spray gun. Pastikan Anda memiliki informasi lengkap bahkan telah mencoba pada permukaan material kayu lain. Anda perlu mencoba untuk menggunakan bagaimana tekanan air dan sebarapa besar bukaan cat yang akan Anda keluarkan dari spray gun. Ini akan membantu Anda mendapatkan hasil lapisan cat yang tipis namun sempurna.

  1. Perhatikan lokasi Anda mengecat

Anda perlu mengecat pada ruangan atau tidak. Jika di luar sedang hujan sebaiknya jangan lakukan kegiatan mengecat karena udara lembab menimbulkan kering yang lama dan tidak sempurna. Lokasi yang baik untuk aplikasi adalah garasi yang terbuka. Udara akan masuk dengan mudah dan partikel cat yang terbuang tidak akan bertahan lama dalam ruangan.

Baca Juga:  Harga Cat Solvent Based vs Water Based

Nah ketiga hal di atas perlu Anda perhatikan sebelum mengaplikasikan Biovarnish dengan kompresor. Jika Anda sudah siap berikut ini langkah aplikasi Biovarnish warna natural.

  1. Amplas permukaan kayu hingga halus dan rata. Hilangkan debu amplas jika Anda ingin mendapatkan hasil yang sempurna.
  2. Aplikasikan Biovarnish wood filler dengan pisau scrape, tunggu kering kemudian amplas.
  3. Aplikasikan Biovarnish sanding sealer yang telah dicmapur air, semprotkan dengan jarak sekitar 15 hingga 20 cm. Arahkan sambil berjalan sesuai arah serat. Kemudian lakukan ke arah berlawanan arah serat. Tunggu kering dan amplas ambang dengan amplas 400.
  4. Aplikasikan Biovarnish wood stain dengan warna yang Anda inginkan. Campurkan wood stain dengan air kemudian aduk rata dan aplikasikan ke seluruh permukaan kayu sama seperti cara Anda mengaplikasikan sanding sealer. Tunggu kering dan amplas ambang. Apabila warna yang Anda inginkan belum sesuai maka Anda bisa mengaplikasikan wood stain kembali.
  5. Aplikasikan lapisan akhir dari Biovarnish top coat gloss. Campurkan top coat gloss dengan air aduk rata dan aplikasikan dengan cara yang sama. Tunggu lapisan mengering selama 24 jam. Diamkan kayu pada ruangan Anda mengecat. Maka Anda bisa menggunakannya setelah kayu menjadi kering.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X