Apa Jenis Cat Kursi Minimalis Terbaik dan Teraman?

Apa Jenis Cat Kursi Minimalis Terbaik dan Teraman?

Jika menanyakan jenis cat terbaik maka semua merk cat kayu akan memberikan hasil yang terbaik. Namun jika Anda menanyakan manakah cat yang teraman maka hanya ada beberapa produk yang akan direkomendasikan oleh penjual di toko bahan bangunan. Sangat sulit untuk mendapatkan cat kayu teraman khususnya bagi Anda yang ingin melakukan finishing pada kursi minimalis yang akan diletakan di dalam rumah.

Apa yang membuat mencari cat kayu yang aman ini sulit? Faktor bahan kimia yang terkandung dalam cat inilah yang akan menjadi tolak ukur apakah cat aman digunakan atau tidak. Ciri cat yang aman adalah pembuatannya mengikuti regulasi keamanan penggunaan bahan kimia. Ketika sebuah produk mengikuti regulasi tertentu maka bahan dasar resin dan juga logam berat lain akan dibatasi.

Anda akan menemukannya cat tidak mengeluarkan bau, tidak menguning dan juga tidak keras atau membuat gejala penyakit seperti kulit iritasi, mata pedas bahkan membuat Anda batuk dan pusing. Inilah yang harus Anda hindari mengapa menggunakan cat yang tidak aman sangat berbahaya bagi kesehatan lingkungan dan tubuh. Di masa depan jika Anda terlalu banyak menghirup cat yang berbahaya maka akan mudah sel kanker untuk tumbuh.

Bagaimana Anda mendapatkan cat yang aman? Untuk finishing kursi minimalis ini Anda bisa menggunakan cat kayu water based. Cat dengan bahan dasar air akan membuat Anda menjadi lebih mudah mengaplikasikan serta aman. Salah satu produk yang dikatagorikan aman dan ramah lingkungan adalah BioColours.

Mengapa produk BoColours aman digunakan? Produk ini aman karena telah mengikuti reguluas ECHA dan EPA yang mengatur penggunaan logam berat seperti timbal, merkuri dan juga formalin. Ada banyak bahan kimia lainnya yang perlu dibatasi penggunaannya agar tidak menimbulkan polusi udara dalam ruangan.

Baca Juga:  Suplier Cat Kayu Orchid

Cat yang menguap dengan kandungan toxic tinggi pasti menimbulkan aroma yang menyengat. Jika Anda menggunakan cat kayu BioColours tidak perlu khawatir masalah tersebut karena cat kayu BioColours akan tidak akan menimbulkan aroma yang keras dan menyengat bahkan cenderung lebih ringan. Baik ketika Anda menyemprotkan atau ketika lapisan cat mulai mengering.

Cat Kayu BioColours Cocok untuk Kursi Minimalis

Apa Jenis Cat Kursi Minimalis Terbaik dan Teraman?
Permukaan kayu yang kotor belum dicat

Mengapa cat kayu BioColours cocok digunakan untuk kursi minimalis? Anda akan menemukan banyak warna yang tersedia dalam produk BioColours baik itu warna natural maupun warna solid. Pada cat kayu warna natural Anda bisa memilih 20 warna cat kayu yang tersedia. Untuk mendapatkan warna kayu natural ini Anda perlu menggunakan empat lapisan cat yang dimulai dari wood filler, sanding sealer, wood stain dan juga top coat.

Hasil akhir warna natural ada dua macam Anda bisa memilih tampilan gloss atau matte karena keduanya sama-sama cocok digunakan pada gaya minimalis. Warna natural sendiri cocok digunakan pada gaya minimalis karena netral dan akan memberikan suasana alam. Ketika Anda ingin menggunakan lapisan cat ini pastikan warna kayu yang dipilih sesuai dengan warna asli kayu.

Misalnya saja Anda menggunakan material kayu jati maka warna wood stain yang cocok digunakan adalah warna dark teak, redt teak, candy brown atau warna salak brown dan warna cokelat gelap lainnya. Sangat tidak cocok jika Anda memilih warna wood stain yang lebih muda dari warna kayu jati, kecuali Anda memutihkan kayu sebelum memberikan warna.

Selain warna natural kayu Anda bisa memilih warna solid. Pemilihan warna solid untuk finishing kursi minimalis cukup terbatas pada warna-warna yang kalem.  Warna yang banyak dipilih adalah warna putih, warna hitam, warna cooper, warna hijau muda dan juga warna muda atau warna pastel lainnya.

Baca Juga:  Kenali Cat Ramah Lingkungan, Cat Orchid Water Based Enamel Paint

Pemilihan warna pastel atau warna muda lainnya akan memberikan ruangan menjadi lebih simpel dan terang. Anda bisa memadukanya pada ruangan yang berwarna terang. Pemberian warna solid dari cat kayu BioColours ini perlu menutup warna kayu dan serat kayu asli. Di sini ada empat produk yang secara berurutan harus diaplikasikan.

Apa Jenis Cat Kursi Minimalis Terbaik dan Teraman?
Seseorang mengecat dengan cat warna putih

Dimulai dengan aplikasi wood putty, kemudian aplikasi primer coat, BioColours Bioduco dan terkahir adalah top coat. Pada lapisan akhir top coat Anda juga bisa memilih tampilan gloss atau tampilan matte. Apabila Anda ingin mendapatkan furnitur yang mudah dibersihkan maka pilihlah furnitur yang menggunakan tampilan gloss.

Pemilihan gloss pada kursi kayu minimalis bukan karena tanpa sebab. Gloss akan memberikan tampilan kilau yang menutupi kekurangan kayu. Misalnya saja terjadi goresan pada permukaan kursi maka tampilan goresan tidak akan terlalu terlihat. Berbeda dengan tampilan matte yang akan sangat mudah terlihat apabila kotor dan muncul goresan.

Bagaimana Pengerjaan Cat Kayu BioColours Series Natural?

Sebelum Anda mencoba untuk mengaplikasikan cat kayu BioColours warna solid pelajari bagaimana Anda mendapatkan hasil natural. Menggunakan cat warna natural tentu lebih mudah karena Anda hanya membutuhkan tampilan  transparan. Untuk memulai, siapkan permukaan kursi yang akan dicat terlebih dahulu.

Persiapan ini dimulai dengan pengamplasan untuk membuka pori kayu. Gunakan hand sander untuk hasil yang maksimal. Anda juga perlu mengamplas pada bagian siku kursi yang sulit terjangkau. Jangan ragu untuk membalik kursi untuk mengamplas pada bagian bawah. Hilangkan debu amplas dengan segera agar tidak melekat ketika cat masih basah.

Apa Jenis Cat Kursi Minimalis Terbaik dan Teraman?
mengecat cat warna natural dengan alat semprot

Gunakan wood filler pada seluruh permukaan kursi dengan pisau palet. Oleskan sambil ditekan secara merata dan tunggu kering. Setelah kering lanjutkan pengamplasan dengan hand sander menggunakan kertas amplas 240. Amplaslah hingga permukaan kursi menjadi halus dan warna serat kayu terlihat.

Baca Juga:  Cat Mainan Kayu Aman dan Ramah Lingkungan: Penting tapi Tak Cukup!

Lanjutkan dengan aplikasi sanding sealer. Campurkan sanding sealer dengan air dan aduk rata, masukan ke dalam tabung alat semprot dan atur apakah cat yang keluar dari alat semprot sesuai dengan yang diinginkan. Lanjutkan dengan aplikasi ke seluruh permukaan kursi kayu. Biarkan kering, sebaiknya Anda mengantung kursi agar lebih mudah mencapai seluruh area bahkan bagian bawah kursi.

contoh produk BioColours series

Tunggu kering dan lanjutkan dengan pengamplasan halus amplas 400. Selanjutnya aplikasikan BioColours wood stain yang sudah dicampur dengan air. Aduk rata campuran cat dengan perbandingan 2 bahan : 1 air. Semprotkan wood stain secara merata ke seluruh permukaan kursi kayu. Jika sudah kering amplas dengan cara yang sama seperti sebelumnya.

Apabila warna kursi belum mantab maka Anda bisa mengaplikasikan wood stain hingga dua atau tiga kali, namun ingat semakin banyak lapisan cat yang Anda gunakan maka akan semakin gelap warna yang dihasilkan.

Langah terakhir adalah aplikasi top coat. Gunakan top coat yang sudah dicampur dengan air kemudian aduk rata. Semprotkan ke seluruh permukaan kursi kayu kemudian tunggu kering lapisan ini. Anda membutuhkan waktu kurang lebih 24 jam agar lapisan top coat ini mengering sempurna sebelum kursi digunakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X