Sudah Tahu Perawatan Meja Kayu Cafe Agar Tahan Lama?

Sudah Tahu Perawatan Meja Kayu Cafe Agar Tahan Lama?

Melakukan perawatan pada furniture adalah hal yang wajb dilakukan oleh pemilik restoran atau kafe. Semua furnitur yang digunakan akan cept rusak apabila tidak memperhatikan perawatannya sejak saat ini. Anda mungkin akan segera melihat rayap atau jamur yang timbul. Nah ketika muncul rayap maka akan cepat merusak furnitur.

Begitu pula dengan jamur, jika Anda menemukan jamur pada meja kayu cafe maka Anda akan melihat bahwa tampilan furnitur akan menurun. Maka sangat diperhatikan jika Anda akan memilih furnitur kayu sebagai peralatan yang digunakan dalam sebuah cafe.

Apa sih yang perlu Anda perhatikan dan hindari dari semua perabotan kayu yang ada di kafe? selain jamur dan juga apakah ada masalah lain yang akan menyerang furnitur sehingga memerlukan perawatan secara rutin? Tentu saja, beberapa jenis kerusakan yang timbul pada meja kayu bisa disebabkan alasan berikut ini:

  1. Goresan

Meja yang sering digunakan tentu akan mudah tergores karena sering digunakan. Goresan dari gelas dan piring, pengunjung yang iseng dan mencorat coret meja akan membuat meja tampak kotor. Meja yang kotor tentu akan menurunkan citra dari cafe Anda.

  1. Noda
Sudah Tahu Perawatan Meja Kayu Cafe Agar Tahan Lama?
contoh noda gelas karena panas pada permukaan kayu

Ada berbagai macam noda yang timbul karena tumpahan air atau cairan minuman lainnya. Anda tidak bisa menghindari adanya tumpahan karena kesalahan pengunjung. Jadi Anda perlu membuat meja yang kuat dari tumpahan air atau benda cair lainnya.

  1. Tampilan meja berkabut

Adanya tampilan meja yang berkabut ini bisa diakibatkan meletakan gelas berisi air panas atau air dingin terlalu lama. Biasanya ini muncul karena lapisan cat yang tidak berkualitas dan tidak memiliki ketahanan yang baik dari panas dan dingin. Bekas bulatan gelas atau piring berbentukl bulat dan berwarna putih akan meninggalkan noda yang sulit untuk dihilangkan.

  1. Rokok
Baca Juga:  Pabrik cat kayu terbaik BioVarnish Cocok Untuk Finishing Nacas

Top table juga akan rusak karena panas dari rokok. Bekas kerusakan akbat rokok sendiri karena kelalaian pemilik dan pengunjung kafe. Rokok akan langsung merusak lapisan coating bahkan bisa menembus ke permukaan kayu. Kerusakan akibat rokok tentu akan sulit dihilangkan dan butuh waktu lama untuk membersihkann.

Sangat banyak kerusakan pada meja cafe dari kayu yang tidak Anda sadari. Untuk menghindarinya maka Anda perlu melakukan perawatan. Maka ketika meja kayu Anda terlihat bersih dan bebas kotoran pengunjung akan lebih nyaman bahkan untuk merusak atau mencorat coret membuat mereka sungkan.

Perawatan yang Dibutuhkan Meja Kayu Cafe

Anda akan melakukan perawatan maka Anda perlu mengetahui kapan Anda harus melakukannya. Selain menggunakan produk waktu yang tepat untuk perawatan akan membantu Anda menjaga penampilan furnitur kayu tetap baik. Nah apa kapan saja Anda perlu melakukan perawatan ikuti petunjuknya berikut ini:

  1. Perawatan harian

Anda perlu melakukan perawatan harian. Perawatan ini dilakukan setiap hari pada awal buka cafe dan closing. Bahkan setelah pengunjung menggunakan meja Anda harus segera membersihkannya. Jika terdapat tumpahan minuman atau makanan segera bersihkan. Meja kayu akan segera menyerap tumpahan tersebut jika Anda tidak menggunakan lapisan coating sedangkan jika menggunakan lapisan coating Anda akan melihat bekas air yang tumpah.

Lakukan pembersihan menggunakan lap mikrofiber yang telah dibasahi air dan diperas. Sebaiknya jangan menggunakan bahan kimia apapun karena bahan kimia yang salah dapat merusak dan juga dapat membuat lapisan cat mengelupas. Bersihkan juga debu yang dapat menyumpat permukaan kayu.

  1. Perawatan mingguan
Sudah Tahu Perawatan Meja Kayu Cafe Agar Tahan Lama?
seorang laki-laki mengelap meja kayu.

Anda perlu melakukan perawatan mingguan dimana Anda perlu menggunakan beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan noda. Dalam satu minggu pasti akan terdapat noda yang muncul pada meja terutama bagian atas yang digunakan. Anda per;lu mengetahui jenis kerusakan dan melakukan pembersihan setiap satu minggu sekali.

Baca Juga:  Aplikasi Biovarnish Wood Filler Untuk Finishing Spray System

Bahkan meja kayu bisa menimbulkan bau karena dalam perawatan harian Anda tidak sempat untuk membersihkan sevara langsung air yang tumpah di atasnya. Nah dalam tugas mingguan ini Anda wajib mencari solusi untuk menghilangkan kotoran dan bau yang muncul.

  1. Perawatan bulanan

Anda juga perlu melakukan perawatan bulanan agar penampilan tetap baik. Jika Anda tidak melakukan perawatan bulanan ini maka sebaik apapun Anda membersihkan meja kayu tampilannya suatu saat akan memudar. Anda akan membersihkan permukaan meja setiap harinya maka Anda perlu memberikan lapisan perlindung setiap bulannya. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan produk poles kayu yang aman digunakan pada meja kayu cafe.

Produ-Produk Perawatan Meja Kayu

Jika perawatan setiap hari, mingguan dan bulanan Anda harus Anda jalankan maka selanjutnya Anda harus mencari produk apa yang akan Anda gunakan. Dalam pembersihan sehari-hari apakah jenis produk yang digunakan untuk membersihkan. Tergantung dengan jenis finishing yang dilakukan pada meja kayu maka Anda harus menyesuaikan semua jenis produk pembersih yang digunakan.

Lalu apa saja jenis produk atau bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan meja? Berikut ini bahan-bahannya:

  • Pasta gigi dan baking soda

Untuk membersihkan secara mingguan pada jenis noda bekas gelas panas yang memutih Anda bisa menggunakan campuran baking soda dan pasta gigi. Larutan dari bahan-bahan ini cenderung aman sehingg Anda bisa menggunakannya. Oleskan campuran bahan pada noda yang muncul dan gosok secara perlahan hingga noda tersebut hilang.

  • Bekas air

Noda bekas air yang tidak segera dihilangkan akan menimbulkan garis warna kehitaman. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan cuka dapur yang dibasahi pada kain. Usapkan pada bagian meja yang terkena noda hingga perlahan hilang.

  • Mayonese
Baca Juga:  Tips Memilih Plitur Kayu Jati Terbaik

Untuk bekas pulpen atau alat tulis Anda bisa membersihkannya menggunakan mayonese. Aplikasikan mayones pada area yang kotor diamkan beberapa saat kemudian bersihkan menggunakan kain. Anda juga bisa menggunakan buffing.

  • Biopolish Beeswax
Sudah Tahu Perawatan Meja Kayu Cafe Agar Tahan Lama?
produk biopolish

Sebagai perawatan setiap minggu Anda perlu menggunakan produk poles kayu. Jika digunakan pada top table cafe maka Anda membutuhkan produk poles kayu yang aman apabila digunakan pada meja yang akan diletakan makanan. Biopolish Beeswax adalah produk yang aman digunakan terutama ketika terkena makanan.

Proses aplikasinya pun sangat mudah Anda hanya perlu mengoleskan tipis-tipis sambil ditekan ke seluruh permukaan kayu. Anda bisa melakukannya dengan cara perlahan dan tipis, jangan mengaplikasikan terlalu tebal karena akan mengakibatkan timbulnya jamur. Menggunakan Biopolish beeswax akan memberikan tampilan meja tampil baru.

Sangat mudah bukan melakukan perawatan pada meja kayu cafe? Jika Anda ingin mendapatkan meja cafe yang tahan lama bahkan hingga bertahun-tahun maka perawatan setiap hari harus diperhatikan. Jangan tinggalkan noda pada meja kayu terlalu lama karena semakin lama akan semakin sulit Anda menghilangkannya.

Jika sebuah meja kayu cafe sudah terlihat rusak dalam setahun atau dua tahun Anda bisa melapisi ulang dengan cat kayu yang baru. Tanpa harus Anda membeli meja yang baru.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X