Sudahkah Olahraga Memanah Anda Menggunakan Alat Terawat?

Sudahkah Olahraga Memanah Anda Menggunakan Alat Terawat?

Olah raga memanah adalah salahs atu jenis olah raga yang mengandalkan fokus dan konsentrasi tinggi. Jika tidak memanfaatkan peralatan yang baik seringkali para pencinta olah raga ini akan terganggu ketika sedang menggunakannya.

Menghindari hal tersebut tentu saja memilih alat yang berkualitas serta perawatannya harus dilakukan dengan benar. Jika Anda tidak dapat merawat maka kerusakan dan Anda perlu membeli alat yang baru.

Perawatan seringkali menjadi kegiatan yang terlupakan. Padahal jika tidak merawat dan kerusakan timbul Anda sendiri yang akan menyesal. Bagi Anda pemula yang baru saja menekuni olah raga memanah maka ada baiknya mengetahui bagaimana cara memilih alat yang sesuai beserta dengan perawatannya.

Anda yang masih ragu untuk memilih dalam artikel ini akan dituntun untuk mengetahui jenis alat manakah yang tepat dan bagaimana Anda bisa merawatanya.

Memilih Peratalan Memanah yang Bagus

Pemililah alat olah raga memanah ditentukan oleh berapa budget yang Anda miliki serta bagaimana Anda akan menggunakannya. Ukuran dari alat menjadi bagian yang sangat penting. Jangan pernah memilih alat yang terlalu besar daripada yang bisa Anda bawa.

Beban yang berat dari alat akan sangat menganggu, jadi sebaikna pilih alat yang sesuai dengan postur tubuh Anda dan beban yang bisa Anda bawa dengan mudah. Alat yang terlalu berat tentu akan mengganggu konstrasi Anda ketika melakukan panahan.

Ada tiga jenis alat yang perlu Anda miliki dalam olah raga memanah yaitu busur, tali busur dan juga anak panah. Ketiga alat tersebut adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Untuk memilih tiga jenis alat tersebut maka selain ukuran dan beban maka Anda bisa memilih berdasarkan bahan yang digunakan.

Sudahkah Olahraga Memanah Anda Menggunakan Alat Terawat?Bahan yang digunakan untuk membuat busur dan anak panah sangat bervariasi. Bahan fiberglass adalah salah satu jenis bahan yang paling banyak digunakan. Bahan ini memiliki harga yang sangat murah selain itu juga mudah untuk digunakan khususnya para pemula.

Baca Juga:  Menguasai Pasar Rotan Asean dengan Produk Water-based

Namun jika Anda akan menggunakan fiberglass pastikan Anda memiliki kondisi fisik yang baik karena bahan ini cukup berat. Anda mungkin di awal bisa berlatih dengan bobot yang berat dari fiberglass namun jika sudah terlatih sebaiknya ganti dengan alat dengan material lainnya.

Material kedua yang digunakan khususnya pada anak panah adalah aluminium. Bahan aluminium sangat mudah untuk dibawa karena lebih ringan dibandingkan dengan fiberglass. Bahkan banyak atlet panahan yang memilih material aluminium sebagai senjata tempur mereka.

Bagi Anda yang memiliki banyak uang, alat panahan yang terbuat dari aluminium bisa menjadi pilihan. Namun bagi Anda yang ingin menjadi alat panahan lebih ringan dan harga yang lebih murah maka Anda bisa memilih material kayu.

Terakhir dari pemilihan alat panahan adalah kayu. Material kayu adalah material yang sering digunakan orang zaman dahulu ketika berburu dan juga berperang. Nah material kayu inilah yang paling cocok digunakan oleh para penghobi.

Kayu sangat mudah dicari sehingga sangat mudah untuk dibeli atau didapatkan dengan harga yang sangat murah. Ketika digunakan material kayu memiliki bobot untuk anak panah yang ringan dan juga dapat melesat dengan kecepatan tinggi bahkan akurat.

Namun sayangnya material kayu dilarang di beberapa negara lain tidak di Indonesia. Jadi apabil Anda sedang mencari alat panahan yang bagus material kayu bisa menjadi pilihan utama sebelum menggunakan lainnya apalagi jika Anda hanya akan menggunakannya sebagai hobi saja.

Perawatan Alat Olahraga Memanah

Jika Anda memutuskan peralatan olah raga panahan yang digunakan adalah kayu maka Anda perlu melakukan perawatan yang tepat. Walaupun sebenarnya alat panahan lain seperti aluminium dan fiberglass juga membutuhkan perawatan agar tidak mudah berkarat dan rusak.

Baca Juga:  Tiga Langkah Mudah Dalam Finishing Food Grade

Perawatan alat panah yang terbuat dari kayu lebih khusus mulai dari penyimpanan hingga bagaimana Anda merawat dengan cara memoles bahkan melakukan finishing sebelum digunakan. Alat panahan perlu disimpan dengan cara berikut ini:

  1. Bakcpack Case

Anda bisa memilih alat takedown recurve yaitu peralatan panahan yang dapat di bongkar pasang. Peralatan ini membutuhkan tempat penyimapanan backpack case yang merupakan tempat penyimpaan yang mudah untuk dibawa. Sifatnya portable dan tahan lama bahkan mudah untuk digunakan. Anda bisa membawanya kemana saja tanpa takut rusak.

  1. Softcase

Tempat penyimpanan busur dan anak panah ini memiliki lapisan busa yang berkualitas. Bentuknya tergantung dengan jenis busur yang Anda miliki. Bentuk dari soft case ini bisa terpisah dari anak panah maupun menjadi satu tergantung Anda yang ingin menggunakannya.

  1. Hardcase

Tempat ini adalah pilihan yang paling bagus untuk menyimpan busur dan anak panah. Biasanya terbuat dari bahan plastik yang memiliki kepadatan sangat tinggi dan dapat menahan beban dengan tumpukan benda di atasnya.

Kini Anda sudah mengetahui dimana Anda harus menyimpan peralatan panah dari busur dan anak panah Anda. Pilih tempat penyimapanan yang sesuai. Selain tempat penyimpanan Anda perlu melakukan perawatan.

Perawatan yang dibutuhkan untuk busur, tali busur hingga anak panah sangat berbeda. Anda perlu menyesuaikan peralatan yang Anda miliki. Berikut ini beberapa tips atau cara perawatan alat olah raga memanah yang Anda tekuni.

  • Perawatan busur

Untuk merawat busur ini Anda perlu menyimpan dengan benar. Dimana Anda bisa menyimpannya? Simpanlah busur selalu di tempat yang tidak terkena panas atau dingin terlalu lama seperti di dalam mobil. Akibat suhu tersebut maka akan menimbulkan efek twist atau melinditr yang membuat busur dan string tidak enter lagi.

Baca Juga:  Tips dan Trik Mengecat Furniture Kayu Jati Belanda Mudah

Sudahkah Olahraga Memanah Anda Menggunakan Alat Terawat?Selain penyimpanan tersebut Anda juga tidak bileh menyandarkan busur berdiri terlalu lama. Kerusakan yang sama akan Anda dapatkan. Letakan busur di dalam rak busur yang dapat menipang busur dengan baik sekaligus sebagai ajang pamer.

Pada bagian kulit pembungkus sebaiknya gunakan produk perawatan kulit asli seperti Biopolish Leather care. Cara aplikasi produk ini cukup mudah yaitu dengan dileskan secara merata menggunakan kain lap. Selain aman juga akan membuat penampilan kulit tampak lebih mengilap dan seperti baru.

  • Tali busur

Perawatan tali busur sangat vital agar mempermudah dan menjaga agar tali tetap lentur dan center ketika digunakan. Perawatan ini perlu menggunakan bahan lilin lebah. Cara yang salah untuk merawat tali busur adalah dengan prafin.

Penggunaan parafin pada tali busur justru hanya akan membuat semakin usang atau aus. Jika tali busur berubah menjadi aus maka tidak ada kelenturan. Sebaliknya jika Anda menggunakan perawatan dengan lilin lebah seperti produk Biopolish beeswax maka Anda akan mendapatkan tali busur terawat dengan baik.

Anda bisa mengaplikasikan Biopolish Beeswax setiap satu minggu sekali maka perawatan akan berjalan dengan baik terlebih lagi jika Anda melakukan kegiatan memanah dalam waktu sering.

  • Anak panah

Perawatan anak panah ini dilakukan sama seperti tali busur yaitu menggunakan beeswax agar anak panah tidak rusak dalam waktu dekat. Beeswax Biopolish akan memberikan perlindungan pada lapisan coating agar tampak selalu mengkilap dan menhan goresan bahkan akan menghindari dari timbulnya jamur dan juga rayap.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X