Olahraga Panahan yang Kini Banyak Diminati

Olahraga Panahan yang Kini Banyak Diminati

Siapa yang belum mengenal olah raga panahan? Mungkin bagi sebagian besar oran tidak menganggap bahwa panahan adalah sebuah kegiatan olahraga. Namun panahan dianggap sebuah kegiatan olah raga adalah karena tujuannya yaitu untuk mendapatkan ketepatan dan juga kecepatan. Maka kegiatan ini sering diperlombakan dalam olah raga.

Mengapa muncul kegiatan panahan atau memanah yang sering disebut dengan archery ini? Dahulu kala sejak beribu-ribu tahun lamanya ketika manusia masih berburu, kegiatan memanah dilakukan. Jadi asal mula dari kegiatan memanah adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan berburu.

Kegiatan ini sebenarnya masih banyak dilakukan oleh suku-suku di pedalaman seperti suku pedalaman amazon. Namun di daerah perkotaan kegiatan memanah tidak lagi dilakukan untuk berburu namun dilakukan dalam seni olah raga.

Jika Anda adalah pemula di bidang memanah maka Anda harus sering berlatih dan mengikuti berbagai komunitas memanah yang ada di daerah Anda akan mempermudah meningkatkan kemampuan Anda. Namun jik Anda belum berminat maka pahami dan mengerti apa saja kelebihan dari kegiatan memanah yang menguntungkan.

Manfaat Olahraga Panahan

Siapa bilang kegiatan memanah hanyalah masalah kecepatan dan ketepetan saja? Ada banyak kelebihan yang bisa Anda manfaatkan dari kegiatan memanah. Sekilas olah raga memnah memang tampak membosankan. Namun sebenarnya olah raga ini sangat membutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi dan menantang.

Apa saja manfaat yang akan Anda dapatkan jika bermain dalam olah raga memanah? Temukan berbagai manfaatnya dalam poin berikut ini:

  1. Latihan Kesabaran dan Konsentrasi

Anda akan dituntut untuk membidik jarak yang akurat dan juga jauh maka Anda membutuhkan fokus dan konsentrasi yang sangat tinggi. Maka Anda harus memiliki keduanya jika ingin berhasil dalam cabang olah raga ini. Melatih pschomotoric adalah salah satu cara Anda untuk menguasai bidikan yang tepat dan juga akurat. Antara tubuh dan otak harus sejalan dengan benar. Fokus yang tinggi secara tidak langsung dapat meredam kekhawatiran Anda dan fokus dalam tugas yang sedang dihadapi.

  1. Latihan Kecepatan dan Koordinasi

Anda harus memiliki koordinasi antara tangan dan uga mata sehingga ketrampilan akan tumbuh dan berkembang. Gerakan membidik lalu melepasklan anak panah dengan waktu yang sangat cepat membutuhkan pengamatan mata dan tangan yang terlatih. Bagian cerebellum yang ada pada otak belakang Anda dapat mengiirm sinyal pada otot agar timbul keseimbangan tubuh yang baik. Anda perlu melatih ini agar hasil bidikan baik dari meningkatnya koordinasi dan kecepatan .

  1. Mengingkatnya Percaya Diri

Anda pasti sering melihat di berbagai macam jenis film action yang menggunakan peralatan memanah. Sang tokoh akan terlihat gagah dan menampilkan rasa percaya diri yang sangat tinggi. Nah dalam hal ini orang yang menguasai alat memanah akan memiliki daya tarik tersendiri karena adanya kepercayaan diri yang penuh.

Olahraga Panahan yang Kini Banyak DiminatiBagi Anda yang tidak memiliki rasa percaya diri maka berlatih dengan peralatan memanah akan membantu Anda untuk mendapatkan penampilan yang berbeda yaitu lebih percaya diri

  1. Peningkatan Kekuatan Tubuh

Jika melihat olah raga yang lainnya maka memanah pun juga perlu melakukan pemanasan. Olah raga memanah memang sering dinilai statis, tidak banyak gerakan yang dilakukan namun pemanasan khusus tetap diperlukan. Kelenturan tubuh saat melakukan memanah dibutuhkan jadi Anda tidak dapat menghindarinya.

Pada saat menarik busur maka Anda dapat menekankan kekuatan otot pada tangan dan dada, bahu serta punggung. Sama halnya ketika Anda melakukan kegiatan mengangkat beban maka Anda perlu melakukan pemanasan untuk kekuatan ini. Sebarapa lama Anda melakukan pemanasan akan menentukan seberapa kuat Anda melatih otot Anda.

  1. Meningkatkan pertumbuhan anak

Bagi Anda yang memiliki anak dan ingin tumbuh kembangnya cepat maka gunakan olah raga memanah ini sebagai medianya. Seperti yang telah diungkapkan bahwa fokus dan juga kekuatan akan didapatkan. Fungsi tersebut akan mempermudah anak Anda tubuh dan berkembang.

Jika Anda ingin anak Anda dapat fokus belajar maka olah raga memanah dapat meningkatnya. Sedangkan pelataihan otot akan membuat kekuatan fisik dari anak Anda juga semakin meningkat. Bahkan untuk bagian kepercayaan diri akan meningkatkan mental anak Anda.

  1. Murah

Apabila Anda melihat atlet dari olah raga memanah maka Anda akan melihatnya sebagai olah raga yang mahal. Alat yang digunakan pasti mahal dan juga berat. Persepsi Anda belum terbukti karena pada kenyataannya jika Anda ingin melakukan olah raga ini tidak memerlukan budget yang tinggi.

Kegiatan olah raga memanah justru terbilang sangat murah. Yang Anda perlukan hanyalah beberapa alat seperti busur dan anak panah. Ada berbagai macam bahan yang digunakan untuk membuatnya. Anda bisa menciptakan busur dan anak panah sendiri yang terbuat dari kayu. Bahkan Anda bisa merawatnya dengan mudah dan tidak mahal.

Dimana Anda bisa berlatih? Anda bisa melakukan kegiatan memanah dimana saja. Saat ini banyak sekali komunitas memanah di Indonesia yang bisa diikuti. Kegiatan memanah bisa Anda lakukan berasama dengan komunitas sekaligus memperlancar kemampuan Anda untuk melakukan olah raga yang satu ini.

Peralatan Olahraga Panahan

Sebelum memulai kegiatan memanakh maka Anda harus mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan tentu saja selain pakaian. Untuk melakukan olah raga memanah Anda hanya perlu menyiapkan alat memanah yaitu busur dan tali busur serta anak panah.

Olahraga Panahan yang Kini Banyak DiminatiKetiga alat tersebut wajib dimiliki ketika Anda akan melakukan kegiatan memanah. Tenang saja alat tersebut dapat Anda gunakan dalam waktu yang sangat lama jika Anda memilih material dengan tepat dan melakukan perawatan.

Salah satu bahan dari alat memanah yang digunakan tidak lain adalah kayu. Material kayu adalah material yang telah dikenal sejak zaman digunakan untuk berburu hingga saat ini. Busur dan anak panah yang terbuat dari kayu bahkan lebih mudah untuk dirawat.

Kelebihan dari busur dan anak panah jenis ini adalah kestabilan ketika digunakan. Kayu mudah untuk melengkung untuk busur sedangkan ketika digunakan sebagai anak panah memiliki kecepatan dan kelenturan yang stabil.

Material kayu yang digunakan sebagai busur dan juga panah perlu Anda rawat hanya dengan bahan poles kayu. Seperti ketika Anda sedang memoles furnitur, busur dan anak panah perlu dipoles dengan bahan yang sama yaitu Biopolish.

Produk Biopolish adalah produk yang bisa Anda gunakan dengan mudah dan juga dengan cepat. Anda cukup menggunakan kain katun yang bersih dan kering. Ambil sedikit Biopolish kemudian oleskan secara merata ke seluruh permukaan kayu. Anda cukup mengoleskan tipis-tipis saja secara merata.

Tunggu permukaan mengering dan poles lagi dengan kain yang bersih agar Biopolish benar-benar meresap ke dalam permukaan kayu. Kegiatan memoles ini bisa Anda lakukan dengan rutin untuk menjaga busur dan anak panah tidak ditumbuhi jamur.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X