Peralatan Pemanah Perlu Dirawat

Peralatan Pemanah Perlu Dirawat

 

Tidak hanya tubuh kita yang dirawat, alat olah raga pun juga membutuhkan perawatan ekstra yang tidak boleh dilupakan. Olah raga panahan salah satu jenis olah raga yang banyak diminati warga Indonesia saat ini termasuk Anda adalah olah raga yang menggunakan paralatan dengan perawatan yang rutin.

Anda tidak merawat paralatan dengan rutin maka akan ada banyak kerusakan yang terjadi. Nah untuk itu bagi Anda pemula atau penghobi di bidang panahan selalu perhatikan bagaimana Anda merawat sekaligus menyimpan alat panah.

Ada beberapa jenis bahan yang bisa digunakan untuk melakukan perawatan memanah dan juga beberapa cara agar Anda tidak perlu kesulitan memperbaiki alat panah yang rusak. Pemakaian alat panah yang tepat juga perlu diperhatikan.

Ada beberapa penyebab masalah yang membuat kerusakan mulai dari penyimpanan peralatan, pemakaian dan juga  karena perawatan yang salah. Jika Anda salah dalam melakukan proses penggunaan salah busur dapat patah dan Anda harus membeli yang baru.

Akibat Peralatan Panah yang Tidak Dirawat

Kesalahan dalam proses penggunaan dapat dihindari dengan mempelajari cara menggunakan alat memanah yang tepat. Sedangkan kesalahan dari perawatan dan penyimpanan harus Anda pelajari dari sekarang. Apabila Anda seorang pemula, kesalahan dalam menyimpan seringkali dilakukan sehingga kerusakan tidak dapat dihindari.

Berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh para pemula dari perawatan dan penyimpanan yang salah.

  • Karat

Ada banyak sekali bahan yang digunakan untuk menciptakan busur dan juga anak panah. Ketika Anda tidak menggunakan perawatan yang tepat maka karat akan mudah timbul. Karat ini timbul akibat penyimpanan yang salah di area lembab.

Material seperti aluminium yang sering digunakan karena kemampuannya yang baik dalam kegiatan memanah seringkali berkarat. Karat yang timbul dalam ukuran kecil jika disepelekan akan menjalar ke area lain dan membesar.

Baca Juga:  Merk Bleaching Kayu WA 250, Produk Dengan Bahan Pelarut Air

Busur dan anak panah yang sidah ditumbuhi karat biasanya tidak dapat digunakan kembali dan Anda hanya perlu membeli yang baru.

  • Jamur

Selain karat, jamur juga akan tumbuh. Adanya jamur ini akan membuat kerusakan. Jamur tumbuh seperti karat yaitu pada satu area kecil namun akan membesar di area lainnya. Ketika jamur tumbuh ada beberapa penyebabnya yaitu kelembaban yang terlalu tinggi.

Jamur yang tumbuh paling banyak pada busur dan anak panah yang terbuat dari kayu. Kayu memiliki pori yang masih berfungsi untuk menyerap kelembaban. Kebanyakan anak panah yang digunakan tidak dirawat dengan baik dan disimpan dalam tempat yang lembab.

Banyaknya jamur pada busur dan anak panah akan menciptakan pelapukan dan kerapuhan dalam waktu yang singkat.

  • Keretakan anak panah

Anda akan menggunakan anak panah maka perhatikan apakah terjadi kerusakan dalam pemakaian dan penyimpanan. Keretakan adalah masalah yang seringkali terjadi karena Anda sering menggunakan tanpa perawatan yang tepat. Ketika keratakan muncul maka anak panah tidak akan bekerja dengan maksimal.

Pada saat Anda menggunakan anak panah maka peluncuran anak panah tidak akan memiliki kecepatan yang tepat dan menempuh jarak ketepatan yang baik. Maka Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Keretakan juga dapat terjadi pada busur. Akan sangat berbahaya jika Anda menggunakan bsuur yang retak karena keretakan akan membuat busur patah dan melukai tangan Anda.

  • Tali busur yang aus

Anda tidak dapat menggunakan tali busur yang aus. Tali busur aus adalah salah satu bentuk kerusakan yang akan menghambat kegiatan memanah. Tali busur yang aus akan membuat anak panah tidak melesat dengan baik dan melukai jari Anda.

Baca Juga:  Kenali Lantai Bambu Hingga Perawatannya

Peralatan Pemanah Perlu DirawatTali busur yang aus karena Anda tidak melakukan perawatan dengan bahan yang benar dan secara rutin akan mudah muncul. Sebaik apapun Anda menggunakannya pasti anak panah tidak akan tepat sasaran.

  • Rontoknya bulu sayap

Anak panah memiliki bulu sayap yang berfungsi untuk menciptakan keseimbangan ketika melesat di udara. Tanpa adanya bulu ini maka kecepatan dan ketepatan tidak akan didapatkan. Jika Anda ingin menggunakannya maka pastikan anak panah tidak memiliki bulu yang rontok.

Tapi sayangnya akibat kesalahan dalam penyimpanan bulu anak panah sangat mudah rontok bahkan ketika Anda menggunakannya maka Anda tidak akan berhasil. Jangan sampai salah melakukan penyimpanan jika tidak bulu anak panah Anda akan rontok.

Cara Merawat Peralatan Panahan

Memelihara peralatan panah tidak jauh dari perawatan yang dilakukan secara berkala. Untuk menghindari masalah kerusakan di atas maka Anda perlu melakukan perawatan yang benar. Nah apa saja perawatan yang benar dan harus Anda lakukan secara berkala pada peralatan panah? Berikut ini ulasannya:

  • Menggosok tali busur

Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah pada tali busur. Ketika Anda tidak menggosok tali busur dengan tepat maka keausan dapat terjadi dan Anda tidak dapat melakukan kegiatan memanah. Nah di sini cara untuk menggosok cukup menggunakan bahan beeswax salahs atunya adalah biopolish beeswax.

Bukan semabrang lilin biasa yang digunakan namun harus beeswax karena lilin lebah ini mengandung bahan yang licin dan dapat bertahan secara lama. Anda cukup menggosok tali busur Anda menggunakan Biopolish Beeswax setiap satu minggu sekali atau ketika dirasa sudah aus.

Perawatan secara berkala ini akan mempelancar anak panah untuk digunakan.

  • Menyimpan dalam kondisi kering
Baca Juga:  Melamin VS Pernis Untuk Pintu Utama Hunian Aman dan Raman Lingkungan

Anda akan menggunakan busur dan anak panah lebih banyak di luar ruangan. Mengakibatkan kelembaban dan juga panas bahkan kotoran mudah menempel khususnya pada anak panah. Ketika Anda akan menyimpan lakukan dengan benar dan simpan dalam kondisi kering.

Pastikan sebelum menyimpan Anda menggosok dengan kain lap yang bersih dan juga kering. Lap basah mengandung air yang akan menimbulkan karat maupun jamur. Selain itu pula Anda bisa menggunakan tempat yang tertutup dan kering pastikan tidak ada panas dan juga kelembaban yang masuk di tempat penyimpanan tersebut.

Terlebih pada bulu anak panah. Buatlah tempat khusus yang terbuat dari kulit sehingga tidak akan merontokan bulu anak panah nantinya.

  • Lepaskan tali busur

Anda akan menyimpan busur maka pastikan telah melepas tali busur terutama jika Anda menggunakan alat panah yang terbuat dari kayu. Untuk cara terbaik menyimpan string anda dapat melilitkan string pada salah satu limbs dengan mengaitkan loop string pada salah satu ujung siyah.

Peralatan Pemanah Perlu DirawatAnda perlu melepaskan tali busur dan menyimpannya di tempat yang mudah dicari sehingga ketika Anda akan menggunakan kembali tidak perlu bingung mencarinya. Tali busur perlu dilepas juga karena alasan agar tali tidak putus dan Anda akan bingung ketika akan menggunakannya.

  • Mengganti bagian yang pecah

Jika Anda menemukan keretakan atau kerusakan segera ganti bagian tersebut. Karena keretakan sama seperti jamur akan bertambah besar jika dibiarkan bahkan masih Anda gunakan. Maka lebih mudah jika di awal Anda menggunakan busur yang dapat dibongkar pasang.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X