Aplikasi Biovarnish Wood Filler Untuk Finishing Spray System

biocolours-wood-fillerDempul yang cepat kering merupakan salah satu varian finishing yang efektif , maka gunakan  Biovarnish Wood Filler yang lebih aman.

Menangani finishing furniture yang cepat dan cepat kering, tentu memerlukan pemilahan cat yang tepat. Tidak hanya berasal dari material yang digunakan melainkan juga metode juga mempengaruhi hasil yang cepat. Untuk hasil yang cepat, biasanya mengunakan metode spray saat finishing.

Metode spray dapat digunakan untuk tampilan hasil akhir close pore maupun open pore. Untuk hasil akhir close pore, gunakan varian Biovarnish Wood Filler agar permukaan kayu tertutup sempurna.

Tampilan Hasil Akhir Close Pore Dengan Biovarnish Wood Filler

Varian Biovarnish merupakan varian wood stain spray system yang berbahan dasar water based. Agar mempermudah pengaplikasian Biovarnish Wood Filler, berikut cara yang tepat:

  1. Persiapkan media, pastikan media benar-benar bersih. Alangkah baiknya ampelas terlebih dahulu permukaan kayu untuk menghilangkan kotoran serta meratakan permukaan kayu agar mudah difinishing.
  2. Gunakan Biovarnish Wood Filler untuk menutup pori-pori kayu serta meratakan warna sehingga warna saat difinishing dapat seragam. Aplikasikan Biovarnish Wood filler dengan menggunakan scrap searah dengan serat kayu. Tunggu hingga kering ±20 menit. Setelah mengering ampelas kembali agar merata.
  3. Aplikasikan sanding Sealer. Campurkan air agar tidak terlalu kental, kemudian aplikasikan sanding sealer dengan spray system ke seluruh permukaan kayu. Tunggu hingga kering ±60 menit. Kemudian ampelas halus permukaan yang sudah di sanding sealer.
  4. Aplikasikan Wood Stain Indoor ke seluruh permukaan media. Agar menurunkan kepekatan warna wood stain, alangkah baiknya campurkan air bersih dan kemudian aduk hingga homogen. Kemudian aplikasikan ke media dengamn system spray ke seluruh permukaan media. Tunggu hingga benar-benar kering, selama dikeringkan disarankan tidak dikeringkan di bawah matahai langsung agar warna dapat merata dengan sempurna.
  5. Untuk hasil optimal, aplikasikanBoovarnish clear coat untuk tampilan death matt, matt maupun doft. Campurkan air agar tidak terlalu kental ketika diaplikasikan dengan spray. Aduk hingga homogeny kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan media. Tunggu hingga kering, disarankan tidak dikeringkan di bawah matahari lanngsung atau di oven dengan suhu ≥32°C.

Biovarnish Wood Filler merupakan dempul kayu yang cocok digunakan untuk segala macam media dengan hasil akhir close pore. Wood filler water based ini lebih cepat kering dan mudah untuk diampelas sehingga lebih efektif digunakan sebagai pelapis media sebelum dicoating.

Tips Menggunakan Wood Filler agar Hasil Sempurna

Tahapan di atas adalah proses secara keseluruhan untuk hasil finishing close pore. Tapi khusus untuk aplikasi wood filler, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Karena wood filler akan menghasilkan tampilan natural, maka proses aplikasinya bisa tergolong berbeda. 

Wood filler memiliki dua fungsi utama, pertama adalah menutup pori kayu untuk hasil close pore. Kedua adalah memperbaiki beberapa cacat ringan pada permukaan kayu, contohnya saja goresan. Karena jika permukaan tersebut tidak tertutup maka hasil finishingnya tidak rapi. 

Oleh karena itu, sebaiknya ikuti beberapa tips berikut ini supaya hasil finishing dari kayu bisa lebih halus dengan wood filler. 

  • Memilih alat yang tepat

Alat untuk mengaplikasikan wood filler sangat beragam sesuai dengan jenis kerusakan atau permukaan kayu yang hendak di finishing. Untuk permukaan kayu yang rata dan halus, alat yang digunakan sebaiknya kain katun kering yang dicelupkan pada wood filler yang sudah dilapisi dengan kain. 

Pada proses pengaplikasiannya, kain cukup diusapkan sambil ditekan agar bahan meresap ke dalam pori kayu. Tapi jika Anda ingin menutup beberapa tekstur yang rusak maka Anda bisa langsung mengaplikasikannya dengan scrape. 

  • Jangan lupa encerkan dengan air

Wood filler berbentuk pasta yang sedikit cair, supaya mudah untuk diaplikasikan perlu dilarutkan dengan air. Khususnya jika Anda ingin menutup pori kayu saja. Pada permukaan kayu yang rata dan memiliki pori kecil, wood filler yang sedikit encer memudahkan proses aplikasinya.

  • Proses pengeringan

Wood filler Biovarnish berbeda dengan produk lainnya. Karena menggunakan air, maka pelarut yang digunakan juga sama. Proses pengeringannya pun sedikit berbeda, karena produk ini membutuhkan pengeringan tanpa dijemur. 

Walaupun tidak dijemur, wood filler akan mengering dengan sempurna. Selain itu proses pengeringannya juga lebih cepat. Waktu kering yang dibutuhkan adalah 20 menit. Baik itu wood filler yang dilarutkan air dan tidak. 

  • Jangan lupa mengamplas

Sebelum mengaplikasikan Biovarnish wood filler, Anda harus mengamplas terlebih dahulu permukaan kayu. Pengamplasan ini dibutuhkan agar wood filler mudah masuk ke dalam pori kayu. Tujuan pengamplasan juga menghaluskan permukaan kayu supaya hasilnya rapi. 

Ketika mengamplas Anda akan menemukan beberapa jenis kotoran yang biasanya melekat dengan keras. Untuk menghilangkannya bisa menggunakan cutter atau pisau, tapi pastikan hasilnya rapi dan tidak menciptakan goresan di permukaan kayu. 

  • Jangan lupa memilih warna yang tepat

Salah memilih warna filler juga akan mempengaruhi hasil finishing. Biovarnish menyediakan empat warna pilihan yaitu jati, ramin, mahoni dan sungkai. Untuk kayu-kayu yang ingin dilapisi dengan warna kayu jati dan yang mirip Anda perlu menggunakan wood filler jati. 

Namun jika kayu yang difinishing hendak diberikan warna terang maka pilihan warna yang menarik adalah warna ramin atau sungkai. Sedangkan jika ingin mendapatkan warna kayu yang kemerahan bisa menggunakan warna mahoni. 

  • Mengamplas permukaan wood filler yang kering

Tips terakhir adalah cara mengamplas wood filler yang sudah kering harus diperhatikan. Pertama untuk mengamplas Anda harus menggunakan amplas nomor 240. Kedua, arah pengamplasan sebaiknya searah dengan serat kayu supaya hasilnya halus. 

Ketiga, apabila wood filler belum rata atau hasilnya masih melengkung sebaiknya ulangi pengapliasiannya sekali lagi. Wood filler harus menghasilkan permukaan kayu yang rata supaya hasil pengecatan nantinya lebih rapi

Tertarik menggunakan Biovarnish Wood Filler atau varian BioColours? Segera hubungi Customer Service Bio Industries via telp ke no.  0822-2026-5056 atau WA ke no. 0878-3934-6433 untuk pemesanan atau informasi lebih lanjut. Atau kunjungi langsung knator Bio Industries di Jl. Sidikan No. 94, Yogyakarta.

Pastikan memilih wood filler yang cocok untuk kebutuhan finishing Anda. Untuk lebih aman dan ramah lingkungan, Anda dapat menggunakan varian Biovarnish di atas salah satunya Biovarnish Wood Filler.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X