Kapan Menggunakan Wood Filler dan Wood Putty?

Meski sama-sama termasuk base coat dan memiliki fungsi mengisi pori-pori kayu, namun terdapat perbedaan antara wood putty dan wood filler yang signifikan. Kapan saat yang tepat bagi Anda untuk menggunakan wood filler dan wood putty? Simak penjelasannya di bawah ini.

Kapan menggunakan wood filler dan wood putty? Sesuaikan dengan kebutuhan Anda karena perbedaan antara wood putty dan wood filler mempengaruhi hasil finishingnya.
Kapan menggunakan wood filler dan wood putty? Sesuaikan dengan kebutuhan Anda karena perbedaan antara wood putty dan wood filler mempengaruhi hasil finishingnya.

Proses finishing kayu adalah proses yang melibatkan banyak langkah dan bahan. Salah satu bahan yang umum digunakan dalam proses finishing kayu adalah base coat. Base coat merupakan bahan yang diaplikasikan pertama kali dalam finishing kayu. Bahan ini berfungsi untuk menyiapkan kayu untuk tahap finishing selanjutnya.

Baca Juga : cara menggunakan wood filler biovarnish

Di pasaran sendiri, telah tersedia berbagai macam produk base coat yang bisa digunakan. Secara umum, terdapat dua jenis produk base coat berdasarkan formula dan penggunaannya, yakni wood putty dan wood filler. Meskipun sama-sama termasuk sebagai base coat, namun keduanya tetap berbeda. Perbedaan antara wood putty dan wood filler pun menyebabkan penggunaannya tidak bisa disamakan.

Baca Juga : ini dia cara mendempul kayu yang efisien

Ini Dia Perbedaan antara Wood Putty dan Wood Filler

Berikut ini perbedaan antara wood putty dan wood filler dalam hal tujuan finishingnya:

Gunakan Wood Putty Ketika:

Gunakan wood putty saat Anda menginginkan hasil akhir finishing warna solid dan close pore (pori-pori kayu tertutup). Manfaat dempul kayu wood putty ini bukan hanya akan menutup lubang dan kerusakan tekstur kayu, namun juga bisa menyembunyikan warna asli kayu. Wood putty akan membentuk lapisan di atas permukaan kayu sehingga kerusakan dan warna kayu tertutupi dengan baik. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk mengatasi warna kayu yang tidak seragam yang menyebabkan hasil akhir finishing berbeda-beda.

Baca Juga : ini dia beda wood filler dan wood putty

Gunakan Wood Filler Ketika:

Gunakan wood filler saat Anda menginginkan hasil akhir finishing warna natural dengan keindahan alami kayu yang masih nampak. Base coat ini mampu mengisi pori-pori kayu tanpa menyembunyikan tampilan serat alami kayu di bawahnya.

Namun, produk ini tidak efektif digunakan untuk mengatasi kerusakan tekstur kayu yang besar sebagaimana wood putty. Wood filler juga tidak membentuk lapisan di atas permukaan kayu seperti wood putty.

Agar kualitas hasil finishing dengan wood filler benar-benar close pore dan bisa memperbaiki kerusakan tekstur yang besar, Anda bisa menambahkan bahan sanding sealer di atasnya.

Biocolours Wood Putty dan Biocolours Wood Filler

Kami merekomendasikan Anda menggunakan Biocolours Wood Filler untuk produk wood filler dan Biocolours wood putty untuk produk dempul kayu. Keduanya kami rekomendasikan karena baik Biocolours Wood Filler maupun Biocolours wood putty memiliki kualitas yang baik dan tergolong sebagai produk water based (berpelarut air). Produk water based secara umum lebih unggul dalam hal kualitas dan keamanan dibanding produk solvent based. Kedua produk tersebut pun juga telah diformulasikan menggunakan standar keamanan dari US-EPA dan ECHA, dua lembaga di Amerika Serikat dan Eropa mengenai standar keamanan suatu produk.

Biocolours Wood Filler adalah produk dempul kayu dengan pelarut air yang mampu menutup pori dengan sempurna dan bisa disemprotkan.
Biocolours Wood Filler

Wood Putty merupakan produk dempul kayu water based yang efektif menutup cacat dan warna kayu. Untuk informasi dan pemesanan, silahkan hubungi Customer Care kami di +62.274.388.301 dan email di info.bioindustries@gmail.com.
Wood Putty

<

p style="text-align: center;">Untuk informasi dan pemesanan, silahkan hubungi Customer Care kami di +62.274.388.301 dan email di [email protected]

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X