Ini Dia Cara Merawat Lantai Kayu Mengkilap Paling Cepat

Ini Dia Cara Merawat Lantai Kayu Mengkilap Paling Cepat

Merawat lantai kayu adalah kewajiban pemilik rumah di negara tropis seperti di Indonesia. Jika Anda tidak menggunakan perawatan yang tepat maka kerusakan pada lantai cepat terjadi. Tidak seperti di negara empat musim, di negara tropis tingkat kelembaban sangat tinggi. Masalah cuaca ini tidak menguntungkan jenis kayu apapun yang digunakan sebagai lantai rumah. Jika Anda tidak ingin menjadikan ini masalah maka lakukan perawatan.

Merawat kayu akan memberikan beberapa keuntungan diantaranya adalah keawetan lantai kayu hingga berpuluh-puluh tahun kemudian dan penampilannya yang mengkilap. Ada cara atau trik tertentu yang bisa Anda lakukan untuk mengjaga kilap pada lantai kayu. Bahkan penggunaan beberapa produk poles kayu diharuskan.

Baca Juga : cara menghilangkan noda cat pada sepatu

Namun sebelum masuk lebih dalam sebaiknya Anda pelajari dan ikuti bagaimana langkah yang tepat dalam perawatan lantai kayu terlebih dahulu. Kayu membuat tampilan besar sebagai bahan home furnishing. Kami melihat para penggemar desain interior mengecat logam demi efek kayu yang lebih menenangkan, kami melihat rumah tangga memasang tirai bambu untuk mendinginkan rumah mereka di pertengahan musim panas, dan kami melihat semakin banyak orang merobek karpet dan memperbaiki kayu alami yang indah di bawahnya.

Pertanyaannya, apakah Anda tahu cara merawat furnitur kayu? Apakah Anda tahu cara membersihkan lantai kayu? Panduan ini menjelaskan dengan tepat apa yang perlu Anda ketahui tentang membersihkan lantai kayu, termasuk berbagai metode dan produk yang digunakan untuk berbagai jenis kayu yang berbeda.

Membersihkan Lantai Kayu yang Sudah Difinishing

Sebagian besar lantai kayu modern telah difinishing, yang berarti dilapisi oleh lapisan cat, menggunakan sealant yang melindungi kayu di bawahnya. Uretan, poliuretan dan poliakrilat adalah sealant umum karena keduanya tahan noda dan tahan air.

Menjadi tahan air, ini berarti Anda dapat dengan mudah membersihkan lantai kayu Anda menggunakan air yang dicampur dengan sabun yang menghasilkan busa, seperti cairan pencuci piring atau deterjen pencuci ringan. Hati-hati menggunakan terlalu banyak air. Beberapa lantai sudah difinishing, artinya papan lantai disegel sebelum dipasang ke rumah Anda.

Ini meninggalkan retakan yang belum selesai antara papan lantai yang tidak kebal terhadap efek air. Ketika menggunakan sabun dan air, pastikan Anda memeras pel Anda jadi itu hanya lembab untuk disentuh untuk mencegah kejenuhan Anda ingin menggunakan sedikit cairan.

Cara Membersihkan Lantai Kayu yang Belum Difinishing

Tampilan yang tidak mengkilap pada lantai yang Anda miliki dengan lantai kayu keras yang belum difinishing atau ringan adalah bahwa permukaan lantai adalah matte, bukan glossy. Sangat sedikit lantai kayu saat ini yang belum selesai, tetapi jika Anda tinggal di rumah bergaya lama yang belum dipugar, maka Anda mungkin masih berjalan di lantai yang belumdicat, membuatnya penting bagi Anda untuk mengetahui cara membersihkan papan lantai kayu tanpa air.

Ini Dia Cara Merawat Lantai Kayu Mengkilap Paling CepatMembersihkan jenis lantai ini dengan air bukanlah pilihan yang layak karena cairan dapat dengan mudah meresap ke dalam kayu, melemahkan serat, menyebabkan tanda air muncul, dan bahkan mendorong pertumbuhan jamur dan lumut. Selain itu, setiap kotoran atau goresan harus dilakukan. dirawat dengan wax lantai khusus. Gunakan bola dari wol baja untuk menggosok dengan lembut sedikit wax lantai ke area bernoda sampai tanda tidak lagi terlihat. Cobalah untuk tidak menggunakan terlalu banyak wax, namun, karena terlalu padat dapat menyebabkan perubahan warna.

Mengetahui cara membersihkan lantai kayu adalah hal yang penting, tetapi mengetahui cara membersihkannya juga sama pentingnya. Ada beberapa hal yang harus dilakukan sangat pasti dan tidak dalam hal membersihkan lantai kayu. Berikut beberapa yang perlu diingat.

  • Bersihkan semua genangan air yang tumpah air dalam jumlah besar dapat meresap ke kayu yang belum selesai dan di antara retakan kayu yang sudah jadi, mendorong pembusukan.
  • Buka semua jendela di rumah Anda untuk membantu lantai lebih cepat kering setelah dibersihkan. Jika Anda memiliki penggemar alas, tempatkan di dekatnya untuk menghilangkan kelembaban berlebih dari udara.
  • Jangan gunakan wax biasa untuk memoles lantai Anda setelah dibersihkan kecuali jika Anda ingin mengubah rumah Anda menjadi gelanggang es.
  • Jangan memakai sepatu saat Anda membersihkan lantai kayu Anda sebagai jejak jumlah kotoran yang menempel di telapak kaki hanya akan membatalkan semua kerja keras Anda. Sebaliknya, kenakan kaus kaki atau bersihkan sandal bersol lembut.

Ketika lantai kayu dirawat dengan benar, mereka hanya perlu membersihkannya paling lama dua kali setahun. Di antara pembersihan mendalam ini, Anda dapat membantu menjaga lantai Anda terlihat terbaik dengan melindungi mereka dari kotoran berlebih, dan meminimalkan risiko goresan. Begini caranya:

  • Vakum secara teratur menggunakan lampiran sikat yang lembut. Potongan kecil pasir dari sepatu dapat mengikis permukaan lantai kayu, menyebabkan mereka terlihat tergores dan kotor, jadi cobalah untuk menjaga lantai sebersih mungkin.
  • Taruh karpet atau keset di pintu masuk ke setiap ruangan dengan lantai kayu keras. Menyeka sepatu Anda di keset bisa menghilangkan banyak kotoran dan kotoran yang melekat pada sol, mengurangi jumlah yang ditransfer ke lantai kayu keras.
  • Pasang barang-barang furnitur di atas pelindung lantai karet untuk mengangkatnya dari permukaan kayu. Karet lembut tidak akan mengikis lantai, tetapi tetap akan memberikan permukaan yang solid untuk furnitur untuk diduduki.

Menggunakan wax dan perawatan yang baik adalah salah satu membuat lantai kayu Anda tetap mengkilap baik itu lantai kayu yang belum difinishing. Namun apakah mungkin untuk tetap memberikan wax pada lantai kayu yang telah difinishing? Jawabannya adalah sangat mungkin hanya saja Anda perlu menggunakan produk wax yang tepat.

Mengaplikasikan wax pada lantai kayu yang telah dilapisi cat akan membuatnya licin sama halnya dengan memberikan lapisan wax yang terlalu banyak. Namun jika Anda menggunakan produk Biopolish Beeswax pada lantai atau Biopolish Linseed Oil pada lantai Anda tidak perlu kahwatir tentang masalah tersebut.

Ini Dia Cara Merawat Lantai Kayu Mengkilap Paling CepatProduk ini akan memberikan kesan dan tampilan mengkilap yang tahan lama. Hanya saja pengapliksaiannya harus rutin. Tidak masalah selama Anda memiliki alat buffer untuk proses aplikasiinya. Bahkan kini Anda bisa menyewa buffer tdi tempat persewaan untuk merawat lantai kayu.

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan selain tampilan mengkilap, lantai kayu yang telah difinishing atau tidak akan mendapat perlindungan ekstra yang membuat kayu bisa bertahan lebih lama. Kuncinya Anda harus menerapkan Biopolish Beeswax atau Linseed Oil tipis saja dan tidak terlalu banyak karena akana menimbulkan jamur akibat lapisan minyak yang terlalu banyak.

Jika menggunakannya pada lantai Anda hanya perlu mengulanginya setiap satu bulan sekali. Diyakini ketika Anda melakukan setiap satu bulan sekali kegiatan ini tidak akan menjadi berat terutama pada area lantai yang sering digunakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X