Kayu Rengas : Pilihan Terbaik dalam Pembuatan Bar Stools Modern

Kayu Rengas : Pilihan Terbaik dalam Pembuatan Bar Stools Modern

Memiliki rumah mewah dengan area bar sendiri? Bar stools dibutuhkan sebagai pelengkap furniture di bar pribadi Anda. Bar stools adalah jenis kursi yang tinggi dan memiliki bagian untuk menyangga kaki sehingga membantu kaki untuk menjadi lebih nyaman.

Ketinggian and lebarnya kursi jenis ini membuat furniture cocok digunakan pada meja bar yang tinggi. Banyak sekali jenis konstruksi dan material yang digunakan untuk pembuatan bar stools.

Material yang banyak digunakan adalah kayu atau besi. Sedangkan untuk modelnya ada beberapa yang  menggunakan sandaran lengan, badan dan bagian dudukan dapat dinaik turunkan.

Kursi bar memiliki berbagai macam desain mulai dari yang sederhana hingga kompleks dimana ketinggiannya dapat disesuaikan. Kursi dengan ketinggian ekstra atau tingkat rendah yang ekstra merupakan fitur umum yang harus dimiliki.

Beberapa kursi komersial (yang bisa Anda beli langsung di toko) dapat digerakkan memutar. Beberapa bar stools ada yang dipasang paten pada lantai biasanya hanya dilakukan pada bar komersial.

Ketinggian dari kursi bar ini secara umum adalah 76 cm dengan bangku 66 cm yang digunakan sebagai meja dapur. Bangku ekstra memiliki tinggi 90 cm lebih banyak digunakan pada gaya kontemporer. Ketinggian inilah yang mampu menciptakan efek tampilan interior yang modern.

Kayu Rengas : Pilihan Terbaik dalam Pembuatan Bar Stools Modern
bar stools dari kayu

Bangku meja tinggi untuk counter memiliki ketinggian kursu 61 cm dengan perbandingan tinggi kursi makan konvensional adalah 46 cm. Beberapa bar stools memiliki busa poliuretan sebagai bantalan untuk kenyamanan.

Kursi bar yang terbuat dari rotan atau bambu dapat digunakan untuk membuat tiki bar effect. Efek tersebut banyak digunakan sebagai gaya retro dari tahun 1950 an dan 1960 an. Gaya tersebut mengkombinasikan dengan bahan vinyl and krome.

Baca Juga:  Cat Besi Terbaik untuk Menjaga Kursi Teras Bebas dari Karat

Kursi bar yang terbuat dari bahan aluminium biasanya digunakan untuk area yang terbuka. Kursi bar tersebut dianggap lebih baik dan kuat untuk menghadapi kerusakan akibat rayap dan juga jamur.

Namun kini Anda tidak perlu lagi bingung untuk menggunakan jenis kayu yang juga mampu menandingi kemampuan dari alumunium sebagai bahan bar stools. Kayu rengas hadir untuk memenuhi kebutuhan kursi bar yang dapat digunakan di dalam maupun di luar ruangan.

Berbagai gaya bisa Anda ciptakan dengan bantuan dari kayu rengas. Seperti apakah kayu rengas? Bagaimana kayu bisa memberikan tampilan modern pada bar stools? Jika Anda adalah salah satu pengrajin bar stools, material ini bisa dijadikan alternatif bahkan material utama yang wajib dipertimbangkan.

Mengenal Apa itu Kayu Rengas

Kayu rengas merupakan salah satu jenis kayu yang cocok untuk dijadikan furniture seperti bar stools. Tinggi furniture menjadikan konstruksi dan jenis kayu yang digunakan haruslah kuat, setidaknya kuat seperti kayu jati.

Disinilah Anda harus mengetahui bagaimana tingkat kekuatan dari kayu rengas sebagai pengganti kayu jati. Rengas adalah tanaman yang termasuk dalam marga Gluta dan suku Anacardiaceae.

Kayu Rengas : Pilihan Terbaik dalam Pembuatan Bar Stools Modern
pohon rengas

Apa yang dilihat dari tanaman ini adalah hasil kayunya yang indah, mewah dan berkualitas tinggi. Ketika tumbuh menjadi pohon, ketinggiannya bisa mencapai 45 meter dengan batang berbentuk bulat torak yang diameternya cukup besar yaitu lebih dari 1 meter.

Hal yang perlu diperhatikan dari kayu rengas adalah getahnya yang sangat berbahaya dan beracun. Perlu kehati-hatian yang tinggi ketika masuk proses panen. Bobot kayu yang sudah dikeringkan adalah sekitar 590-870 kg/m3 dengan kadar air 15%.

Warna dari kayu terasnya adalah merah atau merah darah yang bisa berubah menjadi merah gelap hingga coklat. Sedangkan warna kayu gubalnya adalah keabu-abuan dan kekuningan atau coklat merah jambu.

Baca Juga:  Tiga Langkah Mudah Dalam Finishing Food Grade

Bentuk dari seratnya adalah berpadu dengan permukaan yang halus hingga kasar sedang. Ketika Anda meraba kesan kasar bisa langsung terasa. Penyusutan kayu yang rendah inilah yang sangat menguntungkan. Pada saat kadar air mencapai 15% bisa disusutkan lagi hingga 1% sebelum masuk ke pengolahan.

Tingkat keawetan dari kayu ini sedang namun setelah masuk ke dalam tahapan pengawetan kayu rengas bisa lebih awet lagi. Ada banyak sekali manfaat dari kayu rengas selain juga digunakan sebagai pembuatan furniture.

Getah kayunya menjadi bahan utama pembuatan pernis kayu tradisional. Warna kayunya yang kemerahan mirip sekali dengan kayu mahoni namun sifat kayunya yang lebih kuat membuat kayu rengas lebih banyak dipilih.

Kayu Rengas : Pilihan Terbaik dalam Pembuatan Bar Stools Modern
log kayu rengas

Bar stools yang dibuat dari kayu rengas akan menghasilkan konstruksi yang lebih kuat. Mudahnya kayu untuk dipotong akan mempercepat proses pembuatan kursi bar. Ditambah lagi Anda hanya perlu melakukan pengawetan sekali sebelum proses finishing dimulai.

Proses pengawetan bar stools dari kayu rengas dimulai dari aplikasi BioCide Insecticide dan BioCide SFP. Obat pengawetan hanya perlu dilarutkan dengan air kemudian dikuaskan pada bar stools yang belum di finishing.

Lanjutkan dengan proses penjemuran hingga bar stools kering. Setelah proses pengeringan selesai maka obat akan melindungi furniture dari dalam, artinya Anda akan mendapatkan ketahanan lebih baik. Khususnya pada bar stools yang diletakan di luar ruangan.

Finishing Bar Stools yang Tepat

Apakah finishing atau pengecatan yang sebaiknya dilakukan pada bar stools dari kayu rengas? Anda perlu menggunakan cat kayu yang juga memiliki bahan pengawet kayu dan perlindungan terhadap panas dan air.

Cat yang disarankan untuk digunakan adalah Biovarnish series. Cat ini akan membentuk lapisan coating yang kuat baik untuk bar stools dalam ruangan atau luar ruangan. Anda yang ingin mengaplikasikan cat pada bar stools sendiri dipermudah dengan proses aplikasi hanya menggunakan kuas.

Baca Juga:  Kenali Material Bangunan MDF, Kelebihan dan Kekurangannya

Biovarnish akan memberikan nuansa warna natural yang modern, cocok untuk kayu rengas yang memiliki warna kemerahan. Bahkan Anda bisa meniru warna kayu mahoni yang tersedia dalam produk Biovarnish wood stain.

Kayu Rengas : Pilihan Terbaik dalam Pembuatan Bar Stools Modern
Paket Biovarnish wood filler, wood stain dan clear coat

Tambahan perlindungan dan tampilan diberikan oleh Biovarnish clear coat. Cat gloss ini akan menahan furniture dari goresan dan kerusakan lainnya. Tampilan mengkilap cocok untuk meningkatkan kesan modern pada area bar Anda.

Ada tiga produk yang perlu Anda aplikasikan, berikut ini produk apa saja yang diaplikasikan beserta cara penggunaannya.

  • Amplas bar stools dengan amplas hingga permukaan kayunya berubah menjadi lebih halus. Bersihkan debu amplas dengan kain.
  • Aplikasikan merata Biovarnish wood filler yang sudah diencerkan dengan air. Usapkan sambil ditekan ke seluruh permukaan kayu. Tunggu kering kemudian amplas hingga warna dan serat kayu rengas terlihat.
  • Campurkan Biovarnish wood stain sesuai dengan warna yang diinginkan dengan air. Aduk rata hingga tidak ada larutan cat yang mengendap. Kuaskan cat searah serat kayu merata. Tunggu lapisan kering kemudian amplas ambang.
  • Campurkan Biovarnish clear coat gloss dengan air, aduk merata kemudian kuaskan searah serat kayu. Proses kering lapisan akhir membutuhkan waktu semalaman atau kurang lebih 24 jam.

Anda bisa langsung hasil finishing natural yang transparan. Lapisan coating yang kuat telah terbentuk dan dapat bertahan selama beberapa tahun ke depan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X