furniture outdoor yang diberi cat Biovarnish dan Biothane

5 Tips Memilih Furniture Outdoor untuk Rumah

Ketika berniat merenovasi tampilan rumah, mungkin Anda memerlukan furniture untuk kebutuhan. Misalnya furniture outdoor untuk teras, taman atau rooftop yang berbeda dengan furniture indoor.

Furniture indoor secara umum didesain dengan material yang kokoh namun tidak dilapisi cat yang weather resistance. Furniture indoor tidak terpapar sinar matahari atau pun air hujan. Oleh karena itu, furniture outdoor sangat penting untuk dilapisi cat dengan fitur weather resistance tersebut.

Masalah cuaca adalah masalah klasik yang sering menyebabkan furniture cepat rusak. Meskipun terdapat material serat alam yang tahan cuaca yakni kayu namun tidak semua jenis kayu juga tahan terhadap perubahan cuaca. Hanya beberapa jenis kayu yang memiliki karakterisitik semacam itu.

5 Tips Memilih Furniture Outdoor

Seperti yang diketahui bahwa banyak furniture yang dipasarkan di toko mebel atau home care. Walau masih banyak yang salah dalam memilih terlebih jika orang tersebut masih awam terhadap furniture dan sejenisnya.

furniture indoor yang ditempatkan di area outdoor

Furniture outdoor menggunakan berbagai material seperti kayu, rotan sintetis, besi atau menggunakan sofa. Namun, hal tersebut harus diketahui cara pemilihan yang benar. Berikut 5 tips memilih furniture outdoor yang benar.

  1. Kualitas Material

Seperti yang telah disinggung di atas bahwa hal yang paling penting untuk diperhatikan ketika memilih furniture outdoor adalah material yang digunakan. Furniture outdoor selalu bersinggungan dengan perubahan cuaca sehingga material yang digunakan dapat juga dipengaruhi perubahan cuaca tersebut.

Secara umum, furniture yang menggunakan material kayu solid, stainless steel dan rotan sintetis adalah pilihan terbaik. Tiga jenis material tersebut tahan terhadap perubahan cuaca dan tidak mudah rusak. Dengan demikian, Anda dapat menggunakan furniture outdoor tersebut lebih lama dengan perawatan yang juga lebih mudah.

  1. Bahan Finishing yang Digunakan
Baca Juga:  Tips dan Trik Menggunakan Kuas Saat Mengecat Kayu

Dalam beberapa pembahasan di atas juga menyinggung finishing pada furniture khusus outdoor. Tidak semua jenis cat memberikan perlindungan yang baik pada furniture khusus outdoor.

Gunakan cat kayu yang memiliki hardener atau keunggulan weather resistance sehingga cat tersebut mampu melindungi kayu dengan optimal. Cat kayu yang punya keungulan tersebut akan membuat kayu lebih tahan lama, tahan terhadap perubahan cuaca serta tidak mudah tergores.

  1. Sesuaikan Warna Rumah

Nah, jika Anda memilih furniture dengan warna solid, pastikan warna tersebut kontras dengan warna rumah Anda. Gunakan warna yang cerah agar menampilkan kesan ceria.

Namun, jika Anda tidak ingin menggunakan warna solid, tidak ada salahnya untuk menerapkan warna-warna natural seperti warna kayu. Warna tersebut justru kontras dengan nuansa dan warna rumah.

  1. Perawatan yang Mudah

Furniture yang mudah untuk dirawat akan lebih tahan lama dan tidak merepotkan penghuni rumah. Seperti halnya jika kayu telah dilapisi cat kayu dengan keunggulan weather resistance, cat kayu akan lebih mudah untuk dirawat. Anda hanya cukup membersihkan furniture dari debu dan kotoran secara rutin serta sebulan sekali mengoleskan bahan poles kayu agar tampilan cat tetap cemerlang.

Alangkah baiknya untuk tidak menggunakan material seperti kain pada furniture outdoor. Seringkali orang memilih menggunakan sofa atau bean bag untuk outdoor, padahal bean bag seharusnya selalu diletakkan di luar. Anda harus segera memasukkannya kembali apabila furniture tersebut sudah tidak lagi digunakan.

  1. Furniture Knock Down

Untuk lebih hemat tempat serta lebih efisien, Anda dapat menggunakan furniture outdoor seperti furniture knock down. Furniture ini jauh lebih praktis karena Anda dapat melipatnya atau dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga:  Apakah Finishing Terbaik untuk Kayu Sengon?

Furniture knock down juga lebih mudah untuk dipindahkan sehingga memudahkan Anda ketika bosan dan harus menata bagian outdoor rumah Anda.

Finishing yang Tepat untuk Furniture Outdoor

Pada beberapa poin tips pemilihan furniture outdoor di atas dijelaskan bahwa hal yang penting untuk diperhatikan adalah bahan finishing yang digunakan. Untuk finishing pada furniture outdoor, dibutuhkan cat kayu yang tahan air dan tahan cuaca. Akan lebih optimal apabila menggunakan cat kayu yang telah dicampur dengan hardener sehingga furniture tersebut terlindungi dengan baik.

Salah satu cat kayu dengan hardener yang berkualitas dan ramah lingkungan adalah Biothane 2K. Cat tersebut sangat cocok untuk finishing pada furniture outdoor. Kandungannya yang ramah lingkungan sangat aman jika digunakan untuk furniture outdoor. Cat Biothane 2K juga tidak mengeluarkan zat beracun yang dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Selain menggunakan Biothane 2K, penggunaa Biovarnish Series yang notabene cat tersebut juga tergolong cat yang ramah lingkungan juga sangat disarankan sebagai paduan dari Biothane 2K. Tahapan aplikasi Biovarnish ini dilakukan pada bagian awal sebelum furniture outdoor diberi lapisan cat terakhir dari Biothane ini.

Keunggulan lain dari proses aplikasi Biovarnish dan Biothane ini adalah Anda tidak perlu mengeringkan cat yang sudah melapisi kayu di bawah sinar matahari. Meski tanpa sinar matahari, kedua produk cat tersebut tetap kering. Setelah proses aplikasi selama sehari saja, furniture yang sudah dicat kayu tersebut sudah bisa digunakan.

Tahap finishing ini sangat penting untuk menjaga kualitas furniture dapat tahan lama digunakan. Selain tahan lama, cat Biothane dan Biovarnish juga akan memperindah outdoor rumah Anda dengan tampilan natural kayu yang menyesuaikan dengan tampilan rumah Anda.

Baca Juga:  5 Jenis Ukir Mebel Jepara untuk Ciptakan Ruang Lebih Estetik

Untuk membeli produk finishing Biothane 2K dan Biovarnish, silahkan untuk menghubungi kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini. Jika ingin order lebih cepat, Anda bisa melakukan order melalui marketplace di bawah ini:

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

Shopee: https://shopee.co.id/biovarnish.official

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X