Ini Dia Rahasia Meja Kayu Solid Memiliki Tampilan Menarik

Ini Dia Rahasia Meja Kayu Solid Memiliki Tampilan Menarik

Kayu solid banyak dipilih karena banyak alasan. Anda yang tidak menyukai kayu buatan dapat memilih kayu solid untuk pembuatan meja yang lebih luas. Maksudnya adalah Anda bisa mendapatkan meja kayu yang lebih tahan lama dan lebih fleksibel penggunaannya di mana saja. Jika Anda kesulitan untuk memilih kayu solid maka Anda bisa mengecek terlebih dahulu manakah jenis kayu solid yang terbaik.

Selain sebagai kayu yang lebih fleksibel digunakan berikut ini beberapa keuntungan lainnya yang bisa Anda gunakan ketika Anda memilih meja yang terbuat dari kayu solid.

  1. Serat
Ini Dia Rahasia Meja Kayu Solid Memiliki Tampilan Menarik
tampilan mewah serat kayu jati

Terkenal karena memiliki tampilan serat yang sangat menarik, Anda bisa mendapatkan kayu solid dengan serat unik untuk digunakan pada berbagai macam gaya. Anda yang ingin mendapatkan hasil warna natural cukup memberikan tampilan dari pernis atau plitur kayu saja.

  1. Furnitur outdoor

Anda bisa menggunakan meja kayu solid sebagai furnitur kayu outdoor. Namun Anda juga harus memilih dengan benar manakah jenis kayu solid yang berkualitas untuk digunakan di outdoor. Setidaknya Anda bisa memilih kayu jati sebagai material utama.

  1. Harga

Masalah harga dari kayu solid sangat relatif. Kayu solid hadir dari berbagai macam harga tergantung dari kualitasnya. Jika Anda ingin membeli kayu dengan kualitas menengah namun tetap tahan lama Anda bisa memilih jenis kayu seperti kayu kelapa.

  1. Pembuatannya

Membuat kayu solid lebih mudah dibandingkan kayu buatan. Anda tidak perlu takut akan lapisan lem yang rusak karena kayu berbentuk kayu utuh. Anda pun bisa menambahkan ukiran sebagai penambah nilai seni pada meja yang akan digunakan.

Kelebihan dari kayu solid di atas tentunya akan dimiliki Anda jika Anda telah memilih kayu yang sesuai. Selain pemilihan kayu, salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan juga adalah penampilan akhir dari meja kayu solid. Mengapa penampilan menjadi begitu penting dan bagaimana cara Anda untuk mendapatkan penampilan dari furnitur meja yang maksimal? Anda akan menemukan rahasianya dalam artikel ini.

Baca Juga:  Temukan Cara Mendempul Kusen Kayu Keropos

Apa Jenis Cat Penunjang Tampilan Pada Meja?

Jika Anda ingin mendapatkan meja dengan tampilan menarik maka Anda perlu mencari apakah jenis cat yang dapat digunakan khususnya jika Anda sudah ingin mendapatkan hasil natural. Finishing natural akan memperlihatkan warna kayu asli, jika warna asli kayu ditunjukan maka proses finishing menjadi sangat penting.

Dimulai dari pemilihan cat, pengamplasan, cara finishing dan pengeringan akan menentukan apakah meja kayu solid telah difinishing dengan maksimal. Permukaan kayu yang diamplas halus akan menimbulkan finishing yang rata dan nyaman disentuh kulit. Sedangkan untuk tampilan warna yang tahan lama naturalnya ditentukan oleh pemilihan bahan cat.

Kebanyakan pabrik di Indonesia bahan cat yang digunakan telah berubah menjadi cat kayu water based. Alasan utamanya adalah memberikan hasil finishing yang sungguh-sungguh transparan. Kandungan airlah yang menyebabkan efek ini terjadi. Anda tidak akan melihat efek mengungi seperti yang terjadi pada furnitur meja kayu solid yang difinishing menggunakan bahan cat dengan thinner. Hasil yang memukau ini sering digunakan oleh pabrik furnitur yang dikirim ke luar negeri.

Cat water based menjadi pilihan utama bukan karena masalah warna saja namun ada  beberapa kelebihan yang akan Anda dapatkan seperi sebagai berikut ini:

  1. Kecepatan kering

Cobalah untuk membandingkan kecepatan kering cat kayu water based dan cat kayu solvent di dalam ruangan. Maka Anda akan melihat hasilnya yaitu cat water based lebih cepat kering. Cat solvent menggantungkan proses penguapan dengan panas matahari. Bahkan ada beberapa jenis panas matahari tertentu yang dibutuhkan untuk penguapan sempurna. Jika panas tidak menguapkan bahan cat solvent dengan sempurna hasil finishing justru akan tampak putih.

Baca Juga:  5 Ciri Dempul Kayu Cepat Kering, Agar Tidak Salah Memilih Sebelum Membeli

Sedangkan jika Anda menggunakan cat kayu water based, panas matahari bukan syarat utama agar air mudah menguap. Justru tanpa panas matahari dan hanya sirkulasi udara yang baiklah yang dibutuhkan. Anda yang mengalami masalah untuk finishing cepat dapat menyelesaikannya dengan cat water based ini.

  1. Proses aplikasi
Ini Dia Rahasia Meja Kayu Solid Memiliki Tampilan Menarik
proses aplikasi cat water based dengan kuas.

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk aplikasi namun tidak semuanya sempurna. Contohnya saja proses aplikasi dengan kuas, tidak semua cat akan memberikan hasil finishing yang ebbas brush mark dengan kuas. Atau aplikasi dengan alat semprot, tidak semua aplikasi dengan alat semprot bebas sagging. Nah inilah yang menguntungkan bagi Anda jika menggunakan cat water based.

Penggunaan cat water based sangat fleksibel Anda bisa mengaplikasikannya dengan alat semprot, kuas dan bahkan dengan teknik di lap. Anda tidak mengalami gangguan dengan hasilnya karena cat akan menempel dengan rata dan halus. Jadi jika Anda hanya memiliki kuas, pilihlah cat water based.

  1. Tidak berbau bebas toxic

Anda yang tidak ingin terganggu aktivitas mengecat dari bau gas yang keras berasal dari cat bisa memilih cat water based. Cat solvent sangat terkenal dari bahan yang keras yaitu logam berat. Bahan ini akan mengeluarkan bau ketika cat diaplikasikan dan penguapan atau pengeringan terjadi. Apabila Anda menggunakan cat dengan pelarut thinner maka resiko terserang penyakit akan sangat tinggi.

Berbeda dengan cat water based yang bebas kandungan toxic, membuatnya tidak menimbulkan bau menyengat dan mengganggu kesehatan penggunanya. Maka jika Anda adalah para DIY yang ingin mengecat meja kayu solid di dekat keluarga bahkan anak-anak maka cat water based solusinya.

Lalu merk cat water based apakah yang bisa digunakan dengan hasil maksimal bahkan hanya menggunakan kuas saja? Jika Anda ingin menggunakan cat kayu water based maka Anda bisa mencoba menggunakan cat water based Biovarnish. Produk Biovarnish series ini yang paling banyak digunakan dan dicari.

Baca Juga:  Jual Wood Filler Water Based di Indonesia

Dalam tingkat DIY beragam masyarakat mencobanya bahkan ibu rumah tangga sekalipun. Pengalaman mengecat yang kurang akan menjadi masalah jika Anda tidak menggunakan cat Biovarnish seperti aplikasi sulit bahkan hasil yang tidak maksimal seperti bekas brush mark.

Namun jika Anda menggunakan Biovarnish series dari wood filler, wood stain hingga clear coat hasilnya dijamin maksimal. Tidak ada bekas brush mark dan sapuan kuas akan sangat ringan. Anda tidak perlu melakukan proses pengeringan dan jika cat terkena kulit Anda bisa membersihkannya hanya dengan air saja.

Cat kayu water based akan meningkatkan penampilan meja kayu sold di rumah Anda dengan memilih warna wood stain yang tepat. Terdapat 20 pilihan warna wood stain yang bisa Anda pilih dan disesuaikan dengan warna kayu solid yang dimiliki. Jika Anda tidak ingin menggunakan warna dari wood stain dan ingin mendapatkan hasil finishing benar-benar transparan, alternatif bisa menggunakan sanding sealer.

Anda juga bisa menggunakan BioColours sanding sealer kemudian diberikan lapisan akhir dengan Biovarnish clear coat. Anda bisa mendapatkan tampilan transparan hanya dengan dua lapisan cat ini.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X