kerai kayu dan bambu untuk menghalau sinar matahari

Kelebihan Kerai Kayu untuk Menghalau Cahaya Matahari

Kerai atau tirai kayu menjadi salah satu cara menghalau cahaya matahari langsung masuk ke dalam ruangan. Banyak kelebihan ketika Anda menggunakan kerai kayu.

Untuk menghalau cahaya matahari langsung masuk ke dalam ruangan, dibutuhkan tirai/kerai. Salah satunya adalah kerai yang terbuat dari kayu. Ya, kerai tidak hanya dari bambu melainkan juga dibuat dari kayu. Tentu saja melalui proses pemotongan menjadi lembaran yang tipis sehingga dapat digulung dengan mudah.

Seperti yang diketahui bahwa tampilan kayu selalu fokus pada seratnya. Dan serat pada kayu tidak selalu sama tergantung dari jenis kayu yang digunakan. Anda dapat menggunakan jenis kayu meranti, kayu jati, kayu mahoni ataupun sonokeling jika menginginkan hasil tampilan yang estetik.

Kerai dari kayu memang menarik jika digunakan untuk interior. Terlebih kerai kayu ini sangat cocok untuk menciptakan nuansa kontemporer pada ruangan. Ruangan yang minimalis juga tidak kalah menarik ketika menggunakan kerai dari kayu tersebut.

Kelebihan Kerai Kayu Untuk Dalam Ruangan

kerai dari kayu dan bambu

Tirai atau kerai memang memiliki fungsi yang sama yakni menghalau sinar matahari masuk langsung ke dalam ruangan. Kerai juga dapat memberikan privasi pada ruangan sehingga penghuni rumah akan merasa lebih nyaman.

Terdapat banyak model kerai dan untuk kerai kayu juga memiliki keistimewaan dibandingkan dengan kerai lainnya. Seperti apakah keistimewaan dari kerai kayu?

  • Ditempatkan pada Ruangan Secara Fleksibel

Penggunaan kerai kayu sangat cocok jika diterapkan pada jendela, baik di dalam atau pun di luar ruangan sebab material kayu yang kokoh dan kuat sehingga tahan terhadap cuaca. Terlebih jika kayu yang digunakan memang memiliki sifat yang tahan terhadap perubahan cuaca.

  • Menciptakan Ruangan yang Lebih Privasi

Penggunaan kerai dari kayu juga akan memberikan ruang lebih privasi sebab kerai tersebut dapat dibuka atau ditutup pada panel-panelnya sehingga Anda tidak perlu menggulungnya seperti halnya kerai bambu.

  • Penggunaan yang Mudah

Kerai kayu umumnya memiliki dua macam alat yakni tali dan tongkat. Tali ini bertujuan untuk menaik-turunkan kerai sedangkan benda yang seperti tongkat kecil tersebut berguna untuk menutup-buka panel kerai dengan cara memutar ke sisi kanan atau kiri.

Untuk mengunci kerai agar tidak turun maka tali dijepitkan pada celah di antara tali penahan dan gulungan tersebut. Jika ingin menurunkan kerai, turunkan secara perlahan dan pestikan sisi bawah sejajar.

Meskipun kerai kayu ini memiliki kelebihan yang baik digunakan untuk ruangan namun ada hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan yakni perawatannya. Untuk perawatannya terdapat dua hal yang perlu diperhatikan, yakni pada bagian kayunya dan juga pada proses penggunaannya.

Untuk perawatan kerai bagian kayunya maka cukup dilap secara rutin sehingga permukaan kerai tidak menumpuk debu. Sedangkan untuk penggunaannya, cukup rawan rusak apabila kerai tersebut tidak bekerja dengan baik. Umumnya, masalah kerusakan terjadi pada alat untuk membuka atau menutup kerai tersebut.

Cara memperbaikinya dilakukan pada filternya. Anda perlu melepas semua bagian kecuali pemegang untuk memutar kerai agar tertutup dan terbuka. Renggangkan pada rel pemutarnya sehingga filter yang rusak dapat dikeluarkan. Jika perlu, Anda dapat mengganti filter tersebut dengan yang baru.

Proses Mewarnai Kerai Kayu dengan Biovarnish

Jika Anda sedang membuat proyek kerai kayu maka harus melalui proses pengecatan. Fungsinya adalah untuk meningkatkan nilai estetika kerai. Selain itu, cat juga dapat menjaga bagian luar kayu dari kerusakan langsung seperti akibat debu.

Oleh karena kerai ini digunakan untuk dalam ruangan, sebaiknya menggunakan cat yang tidak mengeluarkan bau yang menyengat. Anda dapat menggunakan cat water based yang notabene tidak menimbulkan bau yang menyengat ketika atau setelah diaplikasikan.

Cat water based yang direkomendasikan untuk finishing pada kerai kayu adalah Biovarnish. Penggunaan Biovarnish ini sangat direkomendasikan baik untuk industrikecil atau pun dalam skala besar. Bahkan juga dapat dilakukan oleh seorang yang masih awam dalam mengecat kayu.

Jika Anda memilih kerai kayu maka perhatikan kembali perawatannya yang benar. Selain itu, gunakan dengan perlahan agar kerai kayu tidak nyalip dan tetap berfungsi dengan baik. Pastikan selalu membersihkan kerai kayu agar debu yang menempel pada permukaan kerai terlalu tebal. Sebab, debu juga cukup sulit dibersihkan dan mengganggu tampilan kayu.

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan cat water based dari Biovarnish, dapat langsung menghubungi Kami melalui email di [email protected]. Atau dapat juga menghubungi melalui kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini. Untuk pembelian produk Biovarnish, dapat juga bisa mendapatkan melalui marketplace pada link di bawah ini.

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

Shopee: https://shopee.co.id/Biovarnish.official

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X