Menggunakan Cat Kayu Jendela Biovarnish untuk Menghemat Waktu

Menggunakan Cat Kayu Jendela Biovarnish untuk Menghemat Waktu

Pengecatan jendela biasanya memakan banyak waktu dan inilah yang membuat banyak pemilik rumah untuk memperbaharui tampilan jendela. Bagaimana cara untuk bisa menghemat waktu finishing jendela?

Tingkat kesulitan finishing jendela yang sudah terpasang terdapat pada bentuknya. Jendela memiliki bentuk kerangka dengan kaca yang sangat mudah kotor terkena cat. Pengecatan yang tidak rapi akan membutuhkan waktu lebih untuk merapikannya kembali.

Belum lagi posisi jendela yang cukup sulit untuk dijangkau apabila Anda memiliki teralis di rumah. Penggunaan cat yang terlalu lama kering akan menghambat laju Anda melakukan proses finishing.

Cat kayu jendela Biovarnish, patut digunakan untuk mengatasi masalah Anda dalam finishing jendela. Anda tidak perlu lagi membuang banyak waktu untuk finishing, dalam beberapa jam cat akan mengering sempurna.

Cat kayu Biovarnish adalah pengganti pernis konvensional yang terbuat dari minyak. Anda bisa menggunakan kuas untuk semua proses aplikasi. Tidak perlu khawatir dengan hasil yang brush mark atau tidak rapi, tampilannya justru sangat halus.

Anda bisa mengaplikasikan cat dari posisi manapun dan menggunakan berbagai ukuran kuas untuk menjangkau area yang sulit. Banyak sekali pilihan warna yang bisa Anda dapatkan dari Biovarnish wood stain.

Pilihan warna natural akan membuat jendela Anda lebih menarik. Soal ketahanan jangan diragukan. Cat Biovarnish dilengkapi dengan ketahanan panas atau hujan. Perubahan cuaca bisa tidak akan mengurangi hasil tampilan setelah di finishing.

Tidak perlu takut lagi akan jendela yang mudah luntur warnanya. Anda bisa mendapatkan semua keunggulan dari Biovarnish jika melakukan dengan cara yang tepat.

Persiapan Finishing Jendela Kayu

Finishing yang tepat akan membantu Anda untuk mendapatkan hasil finishing yang rata, rapi dan juga halus. Anda akan mendapatkannya dengan persiapan yang matang. Finishing jendela bisa menjadi masalah apabila Anda tidak mempersiapkan permukaan kayu yang bersih dan rata.

Baca Juga:  Cat Mainan Kayu Water Based Tetap yang Terbaik

Ada beberapa persiapan penting dan mudah dilakukan antara lain sebagai berikut ini:

  • Bersihkan dan scrape jendela

Sangat penting untuk membersihkan jendela baik dari bagian kaca dan rangka jendela. Gunakan scrape untuk menghilangkan kotoran menempel kuat. Jendela harus dibersihkan agar lapisan cat baru akan bertahan lebih lama.

Menggunakan Cat Kayu Jendela Biovarnish untuk Menghemat Waktu
Menghilangkan kotoran pada kaca menggunakan scrape

Anda juga perlu menghilangkan lapisan cat lama pada kerangka jendela. Gunakan pembersih kaca jendela dan bahan kimia khusus untuk membersihkan lapisan cat lama. Pastikan jendela kering sebelum di finishing.

  • Lepas engsel

Cara kerja mengecat jendela paling cepat adalah dengan memisahkan kerangka dari kusen. Yaitu melepaskan pengait jendela berupa engsel. Anda bisa mengerjakan pengecatan dengan rapi di ruang kerja.

Simpan engsel tersebut untuk digunakan kembali setelah jendela selesai dicat.

  • Pengamplasan

Anda tidak mungkin melepaskan kaca dari rangka kayu jendela. Namun Anda tetap harus melakukan pengamplasan. Kertas amplas dapat menimbulkan goresan pada kaca ketika mengamplas rangka.

Anda harus ekstra hati-hati pada saat proses pengamplasan ini. Hindari menggunakan sander listrik yang sulit untuk dikontrol. Lakukan pengamplasan secara manual tanpa menimbulkan goresan pada kaca.

  • Lepas semua perangkat keras

Selain engsel, mungkin Anda akan menemukan beberapa hiasan dari logam lainnya pada kerangka jendela. Lepaskan semua perangkat keras yang masih menempel karena Anda akan mengecat pada bagian tersebut.

  • Hindari mengecat pada bagian yang bersentuhan dengan kusen

Anda pasti mengetahui bagian mana saja yang akan bersentuhan langsung dengan kusen jendela. Hindari untuk mengecat pada bagian tersebut. Cat akan memberikan lapisan coating yang tebal sehingga ketika bergesekan dengan kusen akan membuat jendela sulit itutu.

Selain itu juga lapisan coating akan mudah rusak mempengaruhi lapisan cat pada bagian lainnya.

  • Tidak perlu menggunakan masking tape
Baca Juga:  3 Macam Material Kusen Untuk Hunian Rumah Minimalis

Kebanyakan pemula akan menempelkan masking tape agar kaca jendela tidak kotor dan terkena cipratan cat. Anda tidak perlu melakukannya karena akan membuang waktu terlalu lama.

Anda bisa bekerja mengecat dengan kuas sesuai alur serat dan bentuk dari kuas. Sangat mudah melakukannya. Sedangkan untuk cat yang mengenai kaca jendela akan mudah dibersihkan. Anda akan menggunakan Biovarnish. ketika cat mengenai kaca Anda bisa menghilangkannya dengan mudah menggunakan scrape dan kain basah.

  • Jenis kuas yang digunakan

Persiapan tidak hanya berhubungan dengan substrat kayu atau jendela saja. Anda juga harus mempersiapkan alat untuk mengecat dalam hal ini adalah kuas. Cat Biovarnish yang dapat diaplikasikan dengan kuas harus menggunakan kuas nilon.

Kuas yang digunakan tersebut tidak boleh meresap air dan memiliki bulu yang halus. Disarankan untuk Anda membeli kuas baru dengan harga yang mahal. Kuas mahal akan menjamin hasil finishing yang halus.

Cara Aplikasi Cat Biovarnish pada Jendela di Rumah

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan finishing jendela juga perlu diperhatikan. Walaupun cat Biovarnish adalah jenis cat yang cepat kering namun sebaiknya Anda mengaplikasikannya di pagi hari.

Anda pasti ingin segera memasang kembali jendela Anda setelah cat mengering. Anda juga harus menghindari jendela terbuka semalaman agar tidak terjadi perampokan di dalam rumah. Maka waktu yang tepat adalah di pagi hari dan Anda bisa memasang jendela kembali di sore hari.

Menggunakan Cat Kayu Jendela Biovarnish untuk Menghemat Waktu

Jendela sudah siap untuk dicat ulang. Anda selanjutnya hanya perlu melakukan persiapan seperti menggunakan masker. Siapkan juga peralatan sederhana berikut ini:

  • Amplas alumunium oxide nomor 240 dan 400
  • Gelas plastik
  • Kuas nilon
  • Kain
  • Scrape
  • Air

Bahan yang akan digunakan adalah Biovarnish wood filler, wood stain dan clear coat. Jangan lupa untuk memilih warna sesuai dengan hasil yang Anda inginkan. Apabila semua sudah tersedia, ikut beberapa langkah berikut ini:

  1. Campurkan Biovarnish wood filler dengan sedikit air hingga encer. Gunakan kain untuk meratakan ke seluruh kerangka jendela sambil diusap dan ditekan. Tunggu hingga kering kemudian diamplas dengan amplas 240. Bersihkan debu amplas.
  2. Campurkan Biovarnish wood stain dengan air dalam gelas plastik. Sapuan kuas yang sudah terkena wood stain ke seluruh [permukaan kayu. Dilakukan searah serta. Aplikasikan kuas secara vertikal agar tidak mengenai kaca.
  3. Tunggu lapisan wood stain mengering kemudian lanjutkan dengan amplas 400. pengamplasan dilakukan dengan ambang. Jika warna kurang sesuai lanjutkan dengan aplikasi yang sama.
  4. Jika terdapat banyak cipratan cat pada kaca, segera bersihkan dengan pisau scrape. Gunakan kain yang dibasahi air untuk membersihkan noda yang cukup keras guna melunakan.
  5. Campurkan Biovarnish clear coat dengan air dalam gelas plastik. Aduk merata kemudian masukan cat ke permukaan jendela dengan cara yang sama. Tunggu lapisan cat mengering selama 3 jam baru bisa dipasang kembali.
Baca Juga:  Cat Kayu Warna Gloss Mempercantik Aquarium

Setiap Anda melihat percikan cat yang mengenai kaca sebaiknya segera bersihkan dengan kain yang dibasahi. Jika sapuan tidak sengaja terkena kaca bersihkan segera dengan hati-hati.

Anda juga bisa menunggu kering untuk membersihkan cat yang menempel pada kayu. Namun hati-hati karena scrape juga dapat menimbulkan goresan pada kaca jendela.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X